Archive for the ‘ muslimah ’ Category

Berjilbab, malah laris

“Aini, kalau di Taiwan tuh kamu harus lepas jilbab kamu ! Disana tidak ada yang pake … Ingat ya !”

Saya hanya tersenyum.

“Eh, ini bener. Saya sering ke Taiwan. ….”

Begitulah kata seorang teman ke saya. Dasar saya memang tidak seberapa peduli. Kalau tidak dicoba mana tahu, boleh atau tidak ? 😛

Akhirnya saya pun berangkat dengan memakai pakaian muslimah 😀 ……….

Baca lebih lanjut

Burqini Vs Bikini

A : Mo beli burqini tidak ?

T : Apa tuh Burqini ?

A : Pakaian renang buat muslimah. Burqini berasal dari kata Burqa dan Bikini

T : Haaah ada ya ?

A : Burqini tuh dibuat oleh desainer dari Aussie, Aheeda Zanetti coba aja liat di sitenya

T : Wah, enak ya skr muslimah bisa berenang 😀

A : Tapi burqini, masih dalam perdebatan nih.

T : Lho kenapa ?

A : Masalahnya apakah pakaian muslimah seperti itu ?

T : Iya sich, emang g seberapa ketat, tp agak membentuk juga. Tapi gpp dipake aja. Asal di kolam renang khusus muslimah

A : Iya juga, dulu masih inget di malang ada kolam renang khusus muslimah

T : Di surabaya juga ada

A : Btw, tapi di site itu buat Lifeguard lho. mana ada pantai khsusus muslimah ?

T : he he gak ada ya …

Baca lebih lanjut

KETIKA SAAT ‘ITU’ HAMPIR USAI

“Aduh, sudah selesai atau belum ya ?”, lirih Ina.

“Nanti kalo’ aku sholat ternyata keluar lagi ! Harus keramas lagi ! Tapi kuhitung-hitung ini udah seminggu dan masih sedikit keluar coklat. Heeem boleh sholat nggak ya ?”.

Mungkin persoalan Ina sering juga dialami oleh kita juga sebagai wanita. Dimana setiap bulannya kita selalu menghadapi persoalan ini. Tapi terkadang kita sering bingung menghadapinya. Hal ini disebabkan karena proses alamiah yang ada di dalam tubuh kita sehingga kita tidak dapat memastikan kapan masa haidh akan segera usai. Padahal ada sebagian dari kita yang ingin segera memastikan kapan masa haidh usai. Karena mereka beranggapan masa haidh merupakan masa kefuturan yang menyebabkan mereka berkurang aktivitas ruhiyahnya seperti sholat dan tilawah. Namun ada pula yang senang karena terlepas dari beban ritual sehingga kadang mereka memperlambat diri untuk bersuci.

Masa haidh pada umumnya terjadi selama seminggu yaitu enam sampai tujuh hari. Namun ada juga yang kurang bahkan lebih dari masa itu. Rasulullah pernah bersabda ,

” Jalanilah masa haidmu selama enam atau tujuh hari kemudian mandilah. Jika kamu mendapati dirimu berada dalam keadaan bersih, maka sholatlah dua puluh tiga atau dua puluh empat hari dan puasalah begitulah yang boleh kamu lakukan. Di samping itu, lakukanlah sebagaimana dilakukan oleh wanita-wanita yang menjalani masa haid pada setiap bulannya. Juga sebagimana mereka bersuci pada hari penghabisan dari masa haidnya” (HR.Tirmidzi).

Baca lebih lanjut

Hijau boleh pakai jilbab, biru gak boleh

Anda pegawai negri ? Anda ingin berpergian ke luar negeri ? Anda muslimah ? Maka anda harus melepas kerudung anda untuk berfoto pada paspor.

Saya tidak tahu apakah itu peraturan yang dibuat untuk membuat paspor biru (paspor PNS). Kebetulan semua teman saya yang melanjutkan sekolah ke luar negeri yang menggunakan paspor biru harus melepas semua kerudung. Sedangkan saya memakai memakai paspor hijau. Hal ini saya lakukan bukan karena saya ingin tetap memakai kerudung namun karena kebetulan saja Taiwan tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Indonesia, jadi tidak memakai paspor biru. Padahal sebelum berangkat saya disuruh membuka oleh seseorang yang sering ke Taiwan. Katanya gak lazim pakai gituan di sana. Saya hanya tersenyum dan berdoa semoga tidak ada pelarangan jilbab seperti di Perancis.

Baca lebih lanjut