Archive for the ‘ Ibu ’ Category

Memasak nasi kuning, kare, opor, ayam goreng, soto dalam satu panci #foodhack

Sesibuk apapun saya mencoba memasak untuk keluarga. Memasak saat pagi hari bukanlah hal yang mudah bagi saya, mungkin juga buat ibu-ibu di seluruh dunia apalagi jika mereka harus berangkat kerja dan antar anak sekolah seperti saya. Untuk mengatasinya saya mencoba memasak saat weekend untuk masakan selama seminggu.

Memasak berbagai masakan dalam singkat juga tidak mudah, apalagi saya punya duo balita yang masih mempunyai ketergantungan tinggi. Oleh karena itu, saya berusaha mencari cara bagaimana membuat masakan banyak dan cepat. Salah satu caranya adalah memasak semua masakan tersebut dalam SATU panci ! Kok bisa ? Pada postingan kali ini saya akan berikan tips masak nasi kuning, kare, opor, ayam goreng dan soto dalam satu panci. Prinsip saya dalam memasak mirip konsep Object Oriented Programming he he. 1 kelas bisa menurunkan sifat2nya pada kelas anak 😆 Ok, berikut adalah bumbu utama untuk semua 5 masakan tersebut:

Bumbu halus:

  1. bawang merah
  2. bawang  putih
  3. jahe
  4. kemiri
  5. merica
  6. ketumbar
  7. garam + gula

Tumis bumbu halus diatas hingga harum, tambahkan air, lengkuas, daun salam, serai dan daun jeruk.

Ok, kita mulai memasak 5 masakan tersebut Baca lebih lanjut

Iklan

7 bekal anak cepat dan sehat. hanya 5 menit

Urusan membawakan bekal untuk anak tiap harinya bukanlah pekerjaan yang mudah. Apalagi saya tidak suka memberi anak snack instant dan beli jajanan jadi. Banyak faktor sih kenapa saya tidak suka membeli … mulai dari barang pengawet, minyak goreng yang dipakai, pemanis buatan dan lain. Jadi hampir semua snack yang dibawa Naz dan Key adalah buatan saya sendiri. Berikut adalah bekal yang saya bawakan untuk mereka:

  1. telur matang. Ini mudah sekali ..tinggal cemplung telur di rice cooker.
  2. roti tawar isi. bisa diisi abon, selai, susu dan mentega
  3. buah seperti pisang, jeruk, semangka, anggur, apel. Untuk jeruk biasanya sudah saya kupas di rumah. Apel bisa dikupas dari rumah tapi harus diberi air garam agar warna tidak berubah.
  4. agar-agar. buatnya sore hari dan paginya tinggal dibawa
  5. tahu goreng
  6. kentang keju. kentang saya kukus sambil nanak nasi di rice cooker. setalah matang saya beri taburan keju dan saos tomat
  7. mie mayo. mie direbus, tiriskan airnya diberi mayonaise

silahkan dicoba 🙂

#Hemat Minggu ini

Ok ..mulai hari ini saya coba posting terkait belanjaan saya. Hari ini saya belanja di Giant setelah melihat iklan promo weekend dari berbagai toko. Dengan melihat kebutuhan di rumah dan iklan akhirnya saya ke Giant. Yuk lihat daftar belanja saya .. tidak saya tampilkan semua sih ..cuman barang2 yang saya anggap murah

Baca lebih lanjut

Membawa ASI di dalam pesawat

Long time no see 😀
Fyyuh dah lama nggak ngeblog karena saya sedang sibuk nulis thesis plus ngurus dua balita cantiq 🙂
Herein, saya mau sharing bagaimana bisa tetep memberikan ASI kepada anak meskipun harus meninggalkan anak untuk keperluan conference atau travelling dalam jangka waktu lebih dari 2 hari. Persiapan berikut yang wajib kita lakukan:

  1. Perlu menyimpan ASI banyak2, usahakan jauh-jauh hari sebelumnya, biar cukup
  2. Anak perlu dilatih minum ASI dari alat (botol, sendok, sedotan )tanpa menyusui langsung dari payudara

Selain persiapan menyimpan ASI sebelum meninggalkan bayi, kita perlu juga mengetahui persiapan menyimpan ASI selama perjalanan. Bagi saya, ASI sayang kalau dibuang-buang. Selain itu, dengan keinginan menyimpan ASI, kita terpacu untuk tetep memompa ASI, yang pada akhirnya membuat ASI kita tetep mengalir lancar. Untuk kali ini saya lebih banyak berbagi bagaimana membawa ASI di pesawat, namun juga bisa diterapkan pada kendaraan lainnya:

  • Siapkan cooler box, bisa yang keras dari plastik atau yang dari lunak. Jika pakai yang keras, kita mirip penjual es keliling di bandara ha ha. Jadi saya milih yang lunak, kayak foto dibawah. Warnanya lucu2, jadi kalo dibawa nggak malu. Tapi yang lunak ini gampang bocor jika ASI kita mulai mencair. Jadi waktu itu saya masukkan kotak plastik yang ada tutupnya.
    cooler
  • Beli Ice gel banyak2. waktu itu saya butuh 3 icel gel besar untuk perjalanan dari Barcelona – Dubai – Singapura – Surabaya (20 jam)
  • Siapkan surat dokter dalam bahasa Inggris yang menerangkan kalau kita adalah ibu menyusui.
  • kalau perlu print website www.tsa.gov yang menerangkan bolehnya membawa ASI dalam kabin meski jumlahnya lebih dari 100ml
  • siapkan pompa ASI atau wadah jika anda pakai tangan untuk memerah ASI
  • siapkan kantong plastik ASI
  • siapkan breast pad biar ASI kita tidak membuat baju kita basah

icecooler ASI Baca lebih lanjut

Tiga #homeschooling

image

Dua #homeschooling

image

#Review Buku Bahasa Inggris Anak

image

Buku ini saya beli 2 tahun lalu untuk Key. Saat itu, saya tidak memeriksa isi bukunya.Yang penting bilingual Indonesia-Inggris. Saya beli beberapa buku dengan judul berbeda. Baru kali saya coba membandingkan isi Indonesia dan Inggris nya. Baca lebih lanjut