Memasak nasi kuning, kare, opor, ayam goreng, soto dalam satu panci #foodhack


Sesibuk apapun saya mencoba memasak untuk keluarga. Memasak saat pagi hari bukanlah hal yang mudah bagi saya, mungkin juga buat ibu-ibu di seluruh dunia apalagi jika mereka harus berangkat kerja dan antar anak sekolah seperti saya. Untuk mengatasinya saya mencoba memasak saat weekend untuk masakan selama seminggu.

Memasak berbagai masakan dalam singkat juga tidak mudah, apalagi saya punya duo balita yang masih mempunyai ketergantungan tinggi. Oleh karena itu, saya berusaha mencari cara bagaimana membuat masakan banyak dan cepat. Salah satu caranya adalah memasak semua masakan tersebut dalam SATU panci ! Kok bisa ? Pada postingan kali ini saya akan berikan tips masak nasi kuning, kare, opor, ayam goreng dan soto dalam satu panci. Prinsip saya dalam memasak mirip konsep Object Oriented Programming he he. 1 kelas bisa menurunkan sifat2nya pada kelas anak 😆 Ok, berikut adalah bumbu utama untuk semua 5 masakan tersebut:

Bumbu halus:

  1. bawang merah
  2. bawang  putih
  3. jahe
  4. kemiri
  5. merica
  6. ketumbar
  7. garam + gula

Tumis bumbu halus diatas hingga harum, tambahkan air, lengkuas, daun salam, serai dan daun jeruk.

Ok, kita mulai memasak 5 masakan tersebut

AYAM GORENG

Masukkan ayam mentah ke dalam panci tadi. Jika sudah matang, angkat ayamnya saja. Bekukan di kulkas. Siap digoreng kapan saja.

SOTO AYAM

Ambil sisa air rebusan ayam tadi. Simpan dalam kulkas. Ketika hari H cairkan air rebusan tersebut dan didihkan di panci, masukkan ayam, tambahkan daun bawang, bawang goreng dan seledri. Jadilah Soto ayam 😀

OPOR AYAM

Ambil sisa air rebusan ayam tadi. Simpan dalam kulkas. Ketika hari H cairkan air rebusan tersebut dan didihkan di panci, masukkan ayam, tahu, telur rebus, bubuk kayu manis dan santan. Jadilah Opor ayam

KARE AYAM

Ambil sisa air rebusan ayam tadi. Simpan dalam kulkas. Ketika hari H cairkan air rebusan tersebut dan didihkan di panci, masukkan ayam, tahu, telur rebus, cabai yang dihaluskan dan santan. Jadilah Kare ayam

NASI KUNING

Ambil sisa air rebusan ayam tadi. Simpan dalam kulkas. Ketika hari H cairkan air rebusan tersebut. Masukan beras yang sudah dibersihkan ke rice cooker, daun pandan, serai, bubuk kunyit, santan dan air rebusan tadi.  Jadilah nasi kuning.

Ya itulah cara saya memasak. Supaya seminggu tidak terlihat memasak berwarna kuning semua, saya biasanya akan gunakan sebagian untuk 2 minggu berikutnya. Selamat mencoba 😉

  1. tips yang bermanfaat, patut dicoba, terima kasih 🙂

  2. sepertinya layak dicoba dulu, jadi tahu enak apa gak 🙂

    suwun Bu

    • lombokceplus
    • Juli 14th, 2015
  3. di kampung kami paing suka makan nasing kuning kalau pagi hari…..

    • YUI
    • Desember 23rd, 2015

    Reblogged this on A little Sha.

  4. boleh juga dipraktekin nihhh,, thanks infonya

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

