[Foodhack] Menyimpan sayuran di Kulkas biar awet


Di Irlandia ini saya terkadang beli frozen vegetable sebagai persiapan jika saya tidak punya waktu banyak buat belanja atau sebagai persediaan sayur sewaktu-waktu. Saya pikir ini bisa saya terapkan di Indonesia juga nanti saat pulang. Memang sih di Indonesia lebih enak karena banyak tukang sayur yang lewat di depan rumah. Disini ? Mana ada ? Cuman beli sayur kalo harus nunggu tukang sayur lewat, sungguh tidak hemat waktu terutama buat ibu semacam saya. Dengan membekukan sayur, sayur ini akan bertahan sampai 3 bulan !

Untuk membuat frozen vegetables, kita harus mengenal teknik “Blanching“. Apa itu Blanching ? Pertama kita harus mendidihkan air dalam panci, setelah mendidih masukkan sayuran yang sudah kita bersihkan dan potong-potong. Cukup 1 menit saja. Kemudian angkat sayur dan masukkan ke wadah berisi air es sebentar. Angkat sayuran dan keringkan. Itulah teknik Blanching.  Setelah melewati proses blanching, sayuran bisa dimasukkan ke plastik dan dibekukan dalam lemari es.

Sayuran yang biasanya dibekukan adalah wortel, brokoli, kembang kol, jagung, bayam, dll. Misalnya kita ingin bikin sop, bisa aja kita kumpulin wortel, brokoli, kol dalam satu plastik. Jadinya cepet, saat pagi2 mo berangkat kerja tak perlu potong-potong lagi, tinggal ambil sayuran beku tersebut. Terus tambahkan bumbu sop, tambah ayam/daging. Jadi deh😀

    • aprillia
    • Maret 2nd, 2013

    tipsnya perlu dicoba mbak,, persiapan untuk aktivitas yg semakin padat.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s