Membawa Bayi Bepergian Dengan Pesawat


Membawa bayi ataupun balita bepergian bukanlah hal yang mudah apapun kendaraan yang dipakai mau darat, laut maupun udara. Terlebih lagi kalau hanya sendirian bersama bayi/balita, sungguh butuh persiapan yang lebih baik fisik maupun materi. Kali ini saya akan membahas tips perjalanan bersama bayi dengan naik pesawat atas request dari teman saya,  berdasarkan pengalaman yang saya miliki.

  1. Bayi dibawah dua tahun biasanya hanya dikenai tiket pesawat 10% karena bisa duduk dipangkuan orang tuanya. Kalau punya uang berlebih dan perjalanan kita lebih dari 4 jam, sebaiknya pesan tempat duduk sendiri untuk bayi yang bisa dipasangi car seat. Sehingga bayi bisa duduk dan tidur sendiri dan kitapun tidak kelelahan. Jika tidak punya uang berlebih dan berat bayi anda kurang dari 9kg, usahakan minta ditempatkan di bagian depan yang ada tempat tidur untuk bayi. Tempat tidur atau istilah kerennya bassinet  ini biasanya dipasang setelah take off. Untuk itu usahakan booking tiket dan check in awal. Jika ternyata tempat depan sudah penuh dan bayi kita beratnya diatas 9kg, sebaiknya bawa gendongan. Jaga-jaga jika tiba-tiba kita tertidur sehingga bayi masih aman.
  2. Usahakan menyusui bayi saat take off dan landing karena pada saat ini ada perubahan tekanan udara yang membuat telingan bayi sakit sehingga pada saat inilah mereka menangis. Biasanya diatas 2 minggu bayi sehat bisa dibawa naik pesawat. Jika tidak menyusui, bisa diberi empeng atau permen jika usianya diatas 2 tahun.
  3. Jika kita ingin ke toilet, bisa dititipkan ke pramugari sementara.
  4. Bawa mainan bayi/balita kesukaannya untuk mencegah rasa bosan mereka saat di perjalanan
  5. Bawa diaper/popok sekali pakai secukupnya. Didalam pesawat kita bisa ganti popok, karena ditoiletnya ada meja yang bisa ditarik untuk ganti popok bayi.
  6. Bawa pakaian cadangan minimal 2, 1 buat cadangan 1 buat ganti. Usahakan ganti baju bayi saat dia terlihat gerah atau saat transit. Pakaian yang fresh membuat bayi nyaman. Kalau perlu bayi dilap dengan tissue basah, diberi minyak telon, dibedaki tubuhnya. Hal ini bisa mengurangi rewelnya bayi. Kalau ada transit cukup lama, bisa juga dipijat. Susah juga memijat dalam pesawat apalagi kalau kita cuman sendiri dan kondisi toilet pesawat yang sempit.
  7. Bawa makanan untuk mereka. Biasanya untuk penerbangan internasional mereka menyediakan baby food jar dna sebaiknya anda request ini saat booking tiket. Jika tidak disediakan. usahakan bawa makanan yg praktis, tinggal seduh. Letakkan dalam kotak-kotak kecil. Jangan sungkan minta air panas ke pramugari. Kita juga bisa nitip ke kulkas pesawat termasuk ASIP. Untuk bayi diatas 1,5 th, kita bisa bawa snack. Oh iya , terkait dengan makanan cair, jika kita bawa cairan lebih dari 100ml, biasanya kita disuruh meminumnya saat pemeriksaan di bandara. hal ini untuk memastikan apakah barang yang ita bawa tsb berbahaya atau tidak.
  8. Jika bayi menangis, usahakan tetap tenang meski dipelototi orang:mrgreen: Cari sumber masalahnya. Ajak bayi jalan-jalan, bisa jadi mereka bosan
  9. Pakai tas ransel serbaguna kalau perlu yang ada organizernya, jadi kita mudah ambil-ambil barang yang dibutuhkan bayi.
  10. Kalau memungkinkan bawa stroller, sehingga bayi bisa tidur saat transit dan kitapun tidak kelelahan. Namun kalau cuman berdua dengan bayi, mungkin tidak perlu bawa ..terkadang fasilitas stroller ada di bandara-bandara tertentu. Tapi kalau pengin bawa, jangan lupa bawa tali dan gendongan. Tali ini buat ngiket stroller diatas trolly supaya tidak jatuh jika diletakkan diatas bagasi. Dan gendongan ini berfungsi untuk menggendong bayi saat dorong trolly yang ada koper dan stroller kita. Nggak mungkin toh kita dorong trolly dan stroller bersamaan😀
  11. Kalau bayi sudah bisa jalan dan super aktif , bawa hardness atau pengikat. Jadi bila kita sedang ngurus barang, paspor dll, bayi tidak lari.
  12. Usahakan bawa snack juga buat diri sendiri, terkadang bayi kita rewelnya minta ampyuuun sehingga kitapun tidak sempat menyantap makanan yang disediakan. Supaya kita punya tenaga, bawa aja makanan sebagai pengganjal perut sambil nimang-nimang bayi.
  13. Jika bayi tidak mau tidur di bassinet dan maunya dipangkuan, selain bawa gendongan bawa juga bantal kecil. Kadang capek juga menjaga kepala bayi dengan tangan. Tapi jangan khawatir, kita juga bisa bantal cadangan sama pramugari.
  14. Dikasih pil tidur ha ha … saya belum pernah coba ini. Ada temen yang ngasih obat ke bayinya biar bobok terus dalam pesawat dan tidak rewell.

Ok … itu saja tips dari saya berdasarkan pengalaman saya membawa Key hilir mudik Indonesia-Irlandia yang membutuhkan waktu 20 jam perjalanan😀

Cerita yang lain adalah pengalaman saya bawa Irelanda (adeknya Key) ke Rusia, simak disini ya

  1. Untuk kasih pil tidur,kayaknya perlu dipertimbangkan masak2 deh bu…

    • Victor Kwandindo
    • September 12th, 2013

    untuk tulisan pil tidur lebih baik di delete deh,klau dibaca oleh baby sister bisa ditiru,bisa gawat

  1. Januari 10th, 2015

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s