[Kehamilan] Berbagai posisi saat melahirkan


Dulu saya memilih untuk melahirkan Key di Indonesia, mengingat saat itu adalah pertama kali saya menjadi seorang ibu. Namun kali ini saya memilih melahirkan di Irlandia karena ini pengalaman kedua sekaligus saya harus berpacu waktu untuk menyelesaikan S3 saya. Untuk itulah saya mengikuti kelas kehamilan di rumah sakit. Sebenarnya kelas ini optional alias bukan keharusan, tetapi mengingat ini adalah pengalaman saya yang pertama melahirkan disini jadi lebih baik saya ikuti saja, toh gratis.

Di kelas ini disediakan tur keliling rumah sakit, terutama wilayah bersalin. Dikenalin alat apa saja yang tersedia, letak ruangan dan lain-lain. Tak hanya itu, ada juga pengarahan peralatan apa aja yang perlu dibawa saat melahirkan.

Saat di kelas juga diajarkan cara bernafas saat terjadi tanda-tanda melahirkan dan yang paling penting bagi saya saat itu adalah posisi saat melahirkan. Dulu saya hanya berpikir posisi melahirkan itu hanya berbaring di kasur. Eh, ternyata cara itu tidak dianjurkan di sini karena bisa mengurangi kekuatan mengejan. Posisi melahirkan ternyata macam-macam. Mulai dari posisi berdiri, duduk di kursi, memeluk bola dll. seperti yang terliha di gambar berikut :

Gambar

Gambar

Gambar diambil dari babyexpert

Menurut mereka mengejan akan lebih mudah dengan cara begini karena dibantu gaya gravitasi🙂 Jadi ketika melahirkan kita dibolehkan bawa bola, gym mat dll untuk membantu proses persalinan.

Gambar

Saya pun mulai berlatih senam pillates dan kontraksi dengan bola. Mohon doanya yaa supaya persalinan saya lancar. Amiiin

  1. aamiiin….!
    menarik ya, RSnya mendukung gaya lahiran yg bervariasi🙂
    saya juga baru ikut kelas kehamilan di sini (jepang), alhamdulillah ada “modal” bahasa jepang mskipun pas-pasan… jadi masih bisa mengkomunikasikan ttg meng-adzani bayi saat lahir, ttg IMD, ttg keinginan agar dokter & stafnya perempuan, dll… disini lebih banyak dokter obgyn laki2 drpd perempuan mbak.. *jadi cerita😀

    • Alhamdulillah disini banyak dokter prempuannya, bahkan ada satu yang muslimah🙂
      smg lancar jg persalinannya

  2. Semoga diberi kelancaran dan kesehatan kepada ibu dan bayinya🙂

  3. Semoga lancar dan dimudahkan Allah,ibu dan bayi sehat🙂

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

