[FoodHack] Empek-empek Adaan


Melihat sisa fillet ikan yang tinggal sepotong jadi kepikiran bikin empek-empek. Kali ini saya membuat empek-empek adaan. Ntah dari semua empek-empek saya cuman suka empek-empek adaan. Mungkin karena jenis empek-empek tidak terlalu amis dan ada rasa gurih saat dimakan.
Bahan Empek-empek

  • Fillet ikan (biasanya kalo di Indonesia tengiri tapi karena disini g ada saya ganti ikan basa)
  • 4 sdm Santan
  • 150 gr Tepung tapioka (karena disini g ada saya ganti tepung maizena atau corn starch)
  • 1/2 Bawang Bombay
  • 1 sdt Merica
  • irisan halus Daun bawang ( karena hari ini saya kehabisan daun bawang, saya ganti pake daun parsley, jadilah rasanya jadi agak Italia )
  • Garam

Cara membuat Empek-empek :

  • Haluskan fillet ikan dan bawang bombay dengan blender
  • Masukkan santan, blender lagi
  • Masukkan tepung tapioka, merica, garam ke dalam blender. Campur hingga rata
  • Pindahkan adonan dari blender ke tempat lebih lebar. Beri daun bawang.
  • Bentuk bulat-bulat dengan dua sendok. Lalu goreng hingga kecoklatan.

Bahan Cuka :

  • Air
  • asam jawa
  • gula jawa
  • irisan cabe rawit
  • bawang putih haluskan

cara membuat cuka :

  • rebus air
  • masukkan asam jawa, gula, cabe rawit, bawang putih

Empek-empek adaan dan cuka siap dimakan🙂 Sebenarnya empek-empek cocok buat camilan. namun karena saya malas masak lagi, saya santap dengan tortilla wrap. Jadi tortilla wrap saya panggang bentar, saya tata dalam piring yang ada cuka dan empek-empeknya🙂. maknyuuusss

Sepertinya minggu depan pengin buat Tekwan dan Mie Celor ..huaawaaa

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

