Bakso Goreng Ala Mama Key


Hari ini adalah pertama kalinya saya masak bakso goreng. Mungkin kalo kita tinggal di Indonesia, especially Malang city, lebih baik beli daripada masak sendiri. Tapi untuk di luar negeri, sepertinya membuat sendiri lebih afdhol deh dan tentunya HALAL ! Minggu lalu, sebenarnya saya sudah memasak bakso juga, tetapi saya kurang puas dengan karya saya tersebut, serasa kurang nendang. Selain itu bakso yang saya buat minggu lalu adalah bakso rebus biasa, bukan bakso goreng. Ok, tekad sudah buat hari ini harus masak bakso apapun yang terjadi ! Biar pakaian yang harus disetrika segunung semeru tingginya 😆
Awalnya saya mencari resep bakso goreng di internet, tetapi saya tidak merasa pas dengan beberapa resep tersebut. Akhirnya saya buat resep bakso goreng sendiri dengan sedikit terinspirasi dari Ina Garten, pembawa acara Barefoot Contessa di FoodNetwork. Ina ini pernah menampilkan bikin meatball alias bakso dengan dicampuri bread crump alias tepung roti atau tepung panir. Jika anda pernah nyimak blog saya sebelumnya, saya pernah menulis cara membuat tepung panir sendiri disini. Yuk kita mulai mencoba resep bakso goreng saya yang crunchy 😉

Bahan :

  • 100 gr Minced Beef alias daging sapi giling (bisa diganti ayam)
  • 50 gr tepung panir
  • merica
  • 2 siung bawang putih
  • 1 butir kuning telur
  • bawang goreng
  • garam secukupnya
  • minyak goreng
  • baking soda
  • 20 gr tepung tapioka

Cara membuat :

  • haluskan merica, bawang putih, bawang goreng, garam
  • campurkan bumbu yang dihaluskan, kuning telur, baking soda, separuh tepung panir (25 gr) dengan daging giling, haluskan ke dalam blender atau food processor
  • setelah tercampur rata, baru masukkan tepung tapioka sedikit demi sedikit
  • bentuk adonan menjadi bola-bola
  • lumuri bola daging tsb dengan sisa tepung panir dan goreng dengan minyak
  • angkat bakso jika warna berubah cokelat

porsi : 20 bakso goreng ukuran 2x kelereng

Alhamdulillah saya cukup puas dengan bakso goreng ini rasa dan kekenyalannya cukup pas. Sepertinya ini adalah bakso terenak yang pernah saya rasakan di Irlandia :D. Mirip bakso Duro Malang. Tak lupa saya buat juga bakso rebus, mie rebus plus sayuran selada sebagai pelengkap.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

