[MamaKey]Belajar Mengakui Kesalahan


Bagi seorang ibu sangat mudah bagi saya memaafkan kesalahan anak saya. Dulu ketika Key memukul saya, saya hanya berkata “jangan lakukan lagi Key, sakit …” Atau biasanya jika dia nakal dengan teman bermainnya, gurunya langsung meminta tangan Key bersentuhan dengan temannya. Seiring berjalan waktu, saya melihat Key melakukan itu hanya sebagai formalitas belaka. Tidak sungguh-sungguh mengetahui apa yang salah dan mengakuinya.
Usia 2 tahun keatas saya kira sudah cukup waktu untuknya belajar mengakui kesalahan dan minta maaf secara sungguh-sungguh. Saya mulai mengajarinya seminggu ini. Ketika dia berbuat salah, saya meminta dia untuk meminta maaf sambil memdang mata saya. Jika dia lirik kanan kiri, saya tidak mau menerima maaf dia. Saya memintanya mengulang kembali. Terkadang diapun bilang “No Mama … I won’t” ketika disuruh minta maaf. Dia merasa dirinya benar seperti saat memukul saya tiba-tiba. Karena dia sama sekali tidak mau meminta maaf meski saya berulang kali meminta, maka saya mendiamkannya selama 15 menit. Dia mencari perhatian, saya cuekin. Dan … pada akhirnya diapun minta maaf secara sungguh-sungguh. Dan acara maaf-maafan selalu diakhiri berpelukan🙂

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

