Berseminar di Depan Komputer


Anda seorang ibu yang punya bayi, namun ingin tetap menuntut ilmu sambil menyusui anak ? Maka Webinar-lah salah satu jawabannya. Webinar adalah gabungan dari kata web dan seminar. Tidak seperti Webcast yang hanya menampilkan video atau presentasi tanpa interaksi, webinar benar-benar didesain mirip seminar, dimana ada pembicara yang dapat kita lihat wajahnya dan dengar suaranya di web. Kitapun juga dapat berdiskusi dengan pembicara dan peserta lain lewat tulisan maupun lisan.
Banyak sekali keuntungan yang kita dapatkan dari webinar ini. Pembicara dan peserta dapat berada dimana saja yang terpenting terhubung dengan internet. Tidak perlu berpakaian rapi dan bisa mengerjakan tugas lain bersamaan seperti momong anak, memasak dan lain-lain. Webinar cukup murah, baik di sisi penyelenggara maupun peserta. Penyelenggara tidak perlu sewa tempat, kursi, memasang spanduk dan persiapan fisik lainnya sehingga biaya dapat ditekan hanya untuk biaya hosting webinar, bahkan biaya bisa nol jika kita menggunakan server webinar gratis. Dari segi biaya, peserta tidak perlu uang transport menuju lokasi webinar bahkan banyak juga webinar yang biaya pendaftarannya gratis. Bagi kita yang tidak punya waktu untuk mengikuti webinar, biasanya webinar juga menyediakan rekaman saat webinar berlangsung.
Apa saja yang perlu kita siapkan untuk mengikuti webinar ? Yang paling utama adalah kita punya sambungan internet yang baik. Untuk mengikuti webinar kita harus mendaftarkan diri sebelum webinar diadakan. Setelah mendaftar, kita akan mendapat email konfirmasi yang berisi link menuju webinar dan kode sandi untuk masuk ke webinar tersebut. Microphone juga perlu kita sediakan jika interaksi lisan yang digunakan dalam webinar. Apakah ada software khusus yang harus diinstall ? Bisa ya bisa juga tidak. Ada webinar yang dapat kita ikuti hanya cukup dengan browser(FireFox, IE, Chrome dan lain-lain), namun ada pula webinar yang mengharuskan kita menginstal software tambahan. Biasanya software ini dapat kita download dari server webinar itu sendiri. Jika kita menjadi pembicara maka yang harus dipersiapkan adalah bahan presentasi, microphone dan webcam.
Meskipun webinar ini diselenggarakan online, fasilitas yang disediakanpun cukup lengkap. Mulai dari slide presentasi, video pembicara, audio pembicara, whiteboard untuk mencatat, tempat chating, poling sampai sharing desktop. Sharing desktop ini berfungsi untuk memperlihatkan tampilan komputer pembicara ke peserta. Fasilitas ini sangat berguna untuk tutorial penggunaan software komputer atau aktivitas lain yang memerlukan tampilan selain slide. Bagaimana tertarik mengadakan webinar? Yuk, kita berbagi dan menuntut ilmu lewat webinar.

Tulisan ini telah dimuat di Majalah Ummi

  1. infonya bagus mbak ^^

  2. Informasi yang menarik ….

    Blog yang cantik …..

    http://www.pantonanews.com/beranda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s