Biaya Hidup di Galway


Galway sebagai kota terbesar keempat di Irlandia, merupakan tempat yang cukup nyaman untuk studi. Namun biaya hidup yang dikeluarkan cukup besar, apalagi jika anda membawa keluarga. Siap-siaplah mempunyai uang paling tidak 1500 EUR(18 juta rupiah dgn kurs 1 EUR = Rp. 12.000) perbulan jika  membawa keluarga. Namun apalabila anda hanya sendiri, saya kira 600-700 EUR sudah cukup menghidupi kebutuhan anda sebulan. Apa saja rincian biaya tersebut ?
Akomodasi
Untuk mencari akomodasi bisa lewat daft.ie, ada dua jenis akomodasi : house atau apartment. Anda bisa sharing dengan orang lain atau menempatinya sendiri ( mirip seperti kos). Sewa apartment lebih murah daripada house namun privasi kurang dan anda tidak bisa menempati halaman sendiri. Jika kita sharing dengan orang lain biasanya ber-4 sampai 6 orang serumah, maka anda hanya perlu membayar 200-400 EUR perbulan. Namun jika anda membawa keluarga, sebaiknya menyewa rumah atau apartment. Untuk kebutuhan tsb, anda harus punya uang minimal 600-900 EUR perbulan. Sewa yang berharga 600 EUR itu biasanya rumah / apartement 1 kamar tidur plus dapur, ruang tamu dll . Untuk harga 700 keatas, biasanya terdiri dari 2-5 kamar tidur.
Listrik
Saya tidak bisa memastikan berapa uang yang dikeluarkan untuk membayar listrik karena itu semua tergantung bagaimana anda memakai listrik. Disini rekening listrik dibayarkan 2 bulan sekali. Pengeluaran listrik paling besar biasanya terjadi saat winter karena kita sering memasang pemanas. Untuk saya yang memakai day-night saving (harga malam setengah harga siang), summer saya biasanya menghabiskan 70 EUR per dua bulan dan winter bisa mencapai 150 EUR per dua bulan.
Sampah
Sampah juga ada iurannya dan mahal sekaleee. Minimal 100 EUR perbulan. Namun coba tanyakan ke pemilik siapa tahu ditanggung oleh pemilik rumah.
Internet
Biaya internet broadband perbulan 40 EUR untuk 25MB , jika tambah TV kabel sekitar 65 EUR. Untuk anda yang sharing dengan teman, tentu tidak berat 🙂
Kebutuhan sehari-hari
Saya biasanya menghabiskan uang 40-50 EUR perminggu untuk belanja kebutuhan sehari-hari termasuk popok dan susu anak (disini popok dan susu murah yang mahal adalah sayuran).Dengan catatan : saya hampir tidak pernah beli makan diluar. Jika beli makan diluar bisanya anda harus mengeluarkan 6-15 EUR sekali makan. Saya juga beli semua kebutuhan tersebut di ALDI karena murah, bukan barang bermerk tapi punya kualitas lebih bagus ketimbang barang  yang dibuat oleh toko-toko besar. Jika saya ingin beli barang bermerk, biasanya saya menunggu ada diskon dari toko-toko besar seperti Dunness atau tesco. Alhamdulillah setiap minggu saya makan daging sapi, ayam, kambing , ikan, telur, susu dan buah.
Bagaimana jika anda membawa keluarga lebih dari dua ? silahkan kalkulasi tambahkan 10 EUR per orang per minggunya. Ingat ya, ini hidup super irit …
Penitipan Anak
Sebenarnya mahasiswa dilarang membawa anak, namun karena Key belum masuk sekolah SD maka dia diperbolehkan hidup bersama Mamanya disini. Disini, kalau kita sekolah SD – SMu Negri gratis. Untuk biaya penitipan anak, saya menghabiskan 550 EUR perbulan untuk full day (hampir 7 juta ! ) Padahal ini dah diskon, karena Key dititipkan di Childcare Universitas. Untuk half day, anda mungkin hanya menghabiskan setengahnya. Jadi jika anda membawa anak usia sekolah, coba tanyakan ke supervisor supaya membantu dengan menganggap anda bekerja sebagai research assistant, agar visa anak bisa lolos.  Untuk biaya sekolah swasta saya tidak tahu.
Iuran TV
Kalau di Indonesia kita sudah lama tidak mendengar iuran TV, disini kita harus bayar iuran TV 160 EUR per tahun. Mahaaaaalnyaaa … Karena itulah saya tidak mau memakai TV disini. TVnya saya kembalikan ke pemilik rumah.
SPP
bagian ini hanya diperuntukan untuk yang studi di NUIG. SPP alias tuition fee di NUIG(mungkin juga di universitas lain di irlandia) cukup mahal untuk International Student. SPPnya untuk penduduk Non Eropa bisa 2-4x lebih besar dari penduduk Non Eropa. Silahkan cek disini untuk lebih jelasnya. Alhamdulillah SPP saya disamakan dengan penduduk Eropa setelah erhasil menempuh ujian. SPP disini dibayarkan pertahun bukan per semester.
Asuransi Kesehatan
Jika pendapatan kita kurang dari 1200 EUR, maka kita bisa mendapat medical card tanpa harus mendaftar asuransi.Dengan medical card, kita bisa konsultasi ke dokter gratis. Namun ini khusus untuk anda yang bekerja atau mendapat beasiswa PhD dari Irlandia. Biaya asuransi pertahun rata-rata sekitar 600 EUR tanpa keluarga. Namun jika membawa keluarga,maka akan menajdi sekitar 1000 EUR per tahun. Untuk asuransi biasanya hanya menanggung sebagian biaya kunjungan ke dokter dan hanya bersifat darurat saja. Biaya kunjungan ke Dokter adalah 60 EUR/pertemuan.
Itulah sedikit cerita saya setelah dua tahun berada di Galway. Semoga membantu anda yang ingin tinggal di Galway. Untuk anda yang tinggal di wilayah Irlandia lainnya, maaf saya tidak bisa membantu. Denger-denger di Dublin biaya hidupnya 1,5-2 kali lipat dari Galway.

  1. Internet broadband-nya: 25 MB. Bandingannya, saya hidup sebulan dengan internet 512 kbps dengan tarif sekitar 9 EUR — bumi dan langit, tapi Indonesia masuk dalam pengguna Facebook dan Twitter terbesar :mrgreen:

    • kalo dr jumlah penduduk Indonesia mmg besar ketimbang Irlandia, jd maklum kalo FB dan TW nya lebih banyak meski inetnya lemoot

    • suaracahaya
    • September 11th, 2012

    Mbak, itu iuran sampah maksudnya buat apa ya? Koq mahal sekali..
    Rasanya di Jepang sini nggak ada iuran sampah, cuma pas buang sampahnya aja mesti ngikut aturan segambreng, memisahkan ini dan itu di plastik-plastik berbeda dan membuangnya sesuai jadwal 🙂

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s