[MamaKey] No WeekEnd Konsumtif


Setiap Jumat saya selalu berpikir acara bermain apa ya ? Biasanya hari Senin-Jumat, saya biasanya mendownload berbagai video anak, terkadang membuat slide sendiri. Kemudian saya cari referensi berbagai permainan untuk anak. Pada prinsipnya saya tidak ingin membelikan Key mainan baru. Selain karena alasan finansial, ada dua alasan lain yaitu pertama, disini saya hanya sementara jadi malas membeli mainan banyak-banyak, kedua saya tidak ingin menciptakan sifat konsumtif pada anak saya. Selain tidak membelikan mainan baru, saya usahakan mengurangi pergi ke tempat permainan yang harus merogoh kocek. Sebagai informasi disini permainan odong-odong sekali main 2 EUR untuk 3 menit. Mahaaalnyaaaa !  Kalau di Indonesia masih murah , 2000 bisa main sepuasnya. Jadi untuk urusan main beginian saya cukupkan sekali sebulan aja ๐Ÿ˜€ Namun saya sudah berjanji pada diri sendiri, jika sampai di Indonesia saya juga tidak akan memanjakan Key untuk selalu ke tempat-tempat permainan seperti itu setiap weekendnya.
Bagi saya, sebagai ibu kudu kreatif menciptakan permainan sendiri, meski hanya dari barang bekas atau dari barang-barang yang ada di rumah. Memang sulit menciptakan mainan baru. Saya terkadang stress ketika saya sudah punya ide bikin permainan A eh Key tidak tertarik atau dia tidak nyambung maksud permainan itu. Jadilah Emaknya yang main dewe. Saya mengakui menciptakan permainan usia 1-3th ini agak sulit, jadi kita harus berpikir dari sudut pandang anak. Selain itu sebagai ibu kita juga harus ceria dan sering memberikan apresiasi ketika bermain. Kalau ibunya lesu dan tidak bergairah, permainan pun terasa hambar. Biasanya ini terjadi karena kita jenuh atau merasa tidak bisa terlibat dalam permainan.  Pokoknya menjadi ibu kita harus semangat, anak berlari kita ikut berlari … anak lompat kita ikut lompat … . Salam semangat !

Iklan
    • suaracahaya
    • September 11th, 2012

    Mbak Aini.. di Jepang sini ada temannya teman saya yg punya 1 putra berumur 3 tahun dan 1 putri berumur kurleb 1 tahun. Saya suka baca blog beliau, subhanallah kreatif sekali mencari bahan permainan untuk anak-anaknya…
    Mungkin Mbak bisa mendapat inspirasi dari blognya Mbak Pici: http://ruang-maya-ku.blogspot.jp/
    ๐Ÿ™‚

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s