Bahan X sama dengan Bahan Y ?


Tinggal di negeri membuat saya kreatif bereksperiment pada sebuah masakan jika tidak menemukannya bahannya disini. Atau terkadang saya memang iseng mengganti bahan tersebut. Berikut adalah bahan-bahan dan subsitusinya :

  • Pandan saya ganti vanili jika membuat kue
  • Sebenarnya mencari saus tiram agak mudah disini, namun kebetulan saya lagi punya banyak terasi dan petis, saya isenk meganti saos tiram dengan terasi atau petis dalam masakan berkuah.
  • Tepung tapioka yang saya temukan disini bentuknya butiran, seperti butiran bubur mutiara yang masih mentah. Oleh karena itu bahan tersebut biasanya saya ganti tepung jagung untuk membuat empek-empek, bakso dll.
  • Corned beef mudah ditemukan disini namun saya khawatir kehalalannya. Kita juga bisa pakai minced beef atau daging sapi halus fresh (bukan kalengan). Tapi saya agak malas beli minced beef dalam jumlah banyak, mengingat kulkas saya kecil. Untuk itulah, kalau membuat perkedel daya ganti pake tuna chunk kaleng. Satu kaleng kecil dengan harga 70 sen saya bisa buat 20 perkedel ukuran sedang 🙂
  • Suatu hari saya tidak menemukan santan untuk membuat gulai kambing di rumah. Akhirnya saya dapat ide untuk menggantinya dengan susu. Ternyata kuah dengan susu lebih segar ketimbang memakai santan. Ditambah lagi harga susu cair disini lebih murah daripada harag santan.
  • Harga cabe disini sangat mahal, beberapa biji aja seharga 1 EUR, belum lagi cabe bagi saya terlalu pedas untuk Key. Solusinya saya tambahkan merica agak banyak jika ingin masakan agak pedas. -> merica yang banyak.
  • Selai kacang bisa diubah menjadi bumbu pecel atau bumbu batagor dengan menambah sedikit cabe dan kecap
  • Saya juga pernah mengganti coklat dengan gula jawa saat membuat muffin karena kebetulan hanya ada gula jawa di rumah.
  • Asam jawa diganti tomat atau jeruk lemon

hhhmm apa lagi ya ? meskipun begitu bahan makanan aslinya lebih bagus dipakai daripada subsitusinya 🙂

Ketika status subsitusi bahan makanan ini saya posting di facebook, Mbak Moi Kusman , Mbak Maria, Budhe Eni, Pak Iggy, Pak Didiet membuat status saya menjadi rame 😀
berikut adalah ide subitusi dari mereka (saya edit yang betul2 subsitusi)

  • Vetsin diganti gula garam (Budhe Eni)
  • Petis diganti terasi campur kecap manis (Mbak Maria)
  • Essens mocca diganti larutan kopi (Mbak Maria)
  • krim cheese diganti keju cheedar dan susu kental manis (Mbak Maria)
  • Rhum diganti dengan larutan gula + vanili (Mbak Maria)

Ide-ide diatas saya tidak bertanggung jawab jika anda sakit perut atau keracunan he he 😆

  1. Wah….yg pernah sy coba sih ngganti tempe bosok dgn trasi hehe

  2. Matur nuwun sudah diposting, Nur.

  3. salam kenal…

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

