[MamaKey] Mengajarkan anak dengan suara


Akhir-akhir ini saya menemukan cara yang saya anggap paling baik dalam mendidik Key untuk mencuci tangan dan memotong kukunya. Awalnya agak kesulitan membujuknya untuk melakukan kedua kegiatan tersebut. Dulu saya memotong kuku Key hanya saat dia tertidur. Namun ternyata cara itu kadang membuatnya terbangun. Nah, sekarang saya mencoba menbunyikan suara aneh-aneh untuk kedua kegiatan tersebut.
Tik tik
Key sekarang sudah paham jika saya bilang “Ayo nak .. Tik Tik” Dengan spontan dia berikan jari-jarinya ke saya untuk dipotong kukunya. Saat saya memotong kukunya, saya akan mengatakan Tik setiap ada bagian kuku yang terpotong. Ternyata cara ini cukup efektifšŸ˜› Key mau diptong kukunya meski urutan jari yang dipotong kukunya terserah dia.
Isik-isik
Mencuci tangan sebelum tidur dan sebelum makan adalah salah satu cara mencegah penyakit. Biasanya Key saya ajak ke kamar mandi kemudian saya beri sabun tangganya. Setelah itu saya akan mengatakan “Isik isik isik isik” dan Keypun mulai menggosokan kedua telapak tanganya sendiri. Key akan berhenti ketika saya berhenti mengatakan isik-isik diapun juga akan berhenti. kadang dia mau saya ngoceh isik-isik terus.. akhirnya saya yang kecapekanšŸ˜€
Nah itu dia cara saya mengajak Key potong kuku dan cuci tangan. Bagaimana dengan anda ?

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

