Sebelum jam 8 Teng Teng


Waaaa hari ini saya bangun telat, lupa setting alarm HP 😥 Jam 6.12 baru bangun wataw ! Kenapa ? telat sholat shubuh ? Ndaklah disini subuhnya jam 6.45. Tapi, bagi saya pagi adalah waktu dimana saya harus menyelesaikan tugas-tugas sbb :

  1. Menyuap Key untuk sarapan pagi (Jam 5.30 Key selalu laper 😛 )
  2. Mencuci baju (untung ada mesin cuci)
  3. Mensetrika baju
  4. Memasak dan mencuci piring dll
  5. Menyapu dan mengepel
  6. Memandikan Key
  7. mempersiapkan diri sendiri juga (mandi dan sarapan he he)

Semua ini harus dilakukan sebelum jam 8 teng ! Kenapa ? Pertama, semua peralatan disini berkaitan dengan listrik seperti kompor listrik, microwave, seterilisasi botol susu dll daaaaaan setelah jam 8 harga listrik naik dua kali lipat. Berbeda dengan di Indonesia haraga listrik lebih mahal antara jam 17-22. Disini jam 8 pagi sampai jam 23, harganya 2 kali lipat. Selain karena harga listrik mahal, saya juga harus segera mengantar Key ke sekolah dan saya pun harus berangkat riset. Semua itu harus dilakukan tanpa pembantu! hampir semua orang disini tidak memliki pembantu di rumahnya. Menyewa orang untuk mengasuh bayi atau anakpun cukup mahal sekitar 10 EUR per jam! Fuuih. Alhamdulillah saya sudah terbiasa multitasking, sambil nyuap sambil masak. Atau sambil masak sambil nyapu dan ngepel. Ho ho semangaaaat !

  1. Single parent-kah di negeri orang? Wow.

    Semoga barakah, bu.

  2. Berat menjadi single parent. Tapi anaknya dititipkan kan ya selama bekerja?

  3. BTW, ada pertanyaan yang mengganjal, itu cara perhitungan listrik bagaimana ya?

    Kalau di Indonesia kan meterannya satu, dan dilihat per bulan berapa pemakaiannya. Dan terkadang terdapat masalah petugas tidak melihat meteran tetapi mengira berapa pemakaiannya. Dari sini sendiri sudah ada kemungkinan jumlah pemakaian bulanan tidak valid.

    Lalu bagaimana cara perhitungan listrik dengan harga berbeda untuk jam yang berbeda? Apakah menggunakan meteran terpusat?

    • saya jg belum paham, maklum baru pindah rumah. nah landlord (aka punya rumah) maunya saya punya rekening listrik sendiri. kalo dulu saya biasanya pakai nama lanlord. tunggu setahun lg, nanti saya ceritakan he he.
      ohiya listrik disini dipegang swasta, jd kita bisa pindah2 provider gitu

  4. Assalamu’alaikum…
    maaf bu.. mo tnya, klu transfer kuliah D3 k S1 di ITS bsa ga ya??
    mohon infonya… mkasih.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

