Karena ridho suamiku


Waktu menunjukkan 3 menit menuju pukul 20.00 waktu Galway, saat suamiku yang berjarak beribu-ribu mil disana berlibur di pulau busa. Pikiran lagi ingin refreshing dan menulis sesuatu di blog ini.
Masih ingat hari itu saat saya datang ke meja pertemuan di museum komputer, tiba-tiba ada seseorang bertanya kepadaku.

Sebenarnya saya sangat ingin tahu, kenapa engkau bisa sekolah S3 dan sejauh ini dari negaramu. Bukankah kamu adalah seorang muslimah

Ada apakah yang dengan seorang muslimah ?

Tidak,…..  setahuku Islam sangat mengekang wanita

Well, Islam tidak pernah melarang seorang muslim mencari ilmu, meskipun wanita. Yang terpenting adalah suami atau orang tua kita mengijinkan. Dan suamiku telah mengijinkanku dan dia adalah orang yang selalu mendukungku untuk mencari ilmu setinggi mungkin

Sungguh luar biasa suamimu, open minded people!

Alhamdulillah saya mempunyai suami sepertinya. Dengan keridhoan suami, saya bersemangat apapun yang terjadi. Ternyata dengan pergi ke Galway yang harus saya tempuh 20jam dengan pesawat dari Indonesia tidak sia-sia. Selain ilmu IT yang saya dapat, Alhamdulillah saya bisa mengenalkan Islam lebih luas. Paling tidak merubah pandangan tentang wanita dalam Islam. Sebagai satu-satunya mahasiswa PhD yang menggunakan busana muslimah, mereka sangat berharap saya pergi ke sekolah-sekolah di Galway untuk mendorong lebih banyak lagi wanita yang mau belajar teknologi. Tidak hanya itu mereka ingin juga mengubah persepsi orang-orang tentang kegiatan barat yang menghukum negara-negara Islam seperti Irak secara berlebihan. Menurut mereka, saya adalah simbol Islam secara tidak langsung.
Terima kasih Cinta, …..Sayang …Suamiku ….

  1. Subhanallah, ane share di twitter ya bu Aini. Good luck for your study

  2. terharu bu, merinding…

  3. very proud to be your friend🙂

    tetap semangat ya neng, semoga akan banyak wanita indonesia yang mengikuti jejakmu…

    muach! salam sayang buat key dari aunty Ria🙂

    • it’s pleasure to have you as friend as well
      jd pengin ke duri he he
      slm balik dr Key mmmmmmmmmuuuuuuuuaaaaaaaa

  4. 2 thumbs up…. it’s very powerfull…..

    • Anggy
    • Oktober 30th, 2010

    so proud of u mbaaak,,,

    pngiiin mngnalmu lagiiii…..🙂

    • abusalman
    • Oktober 31st, 2010

    maaf mbak mbak kuliah s3 di galway luar negri ya mantab sekali mbak ya,….

    tapi ada hadist yang tidak membolehkan perpergian jauh tampa adanya mahrom

    Dari Abu Sa’id Al Khudri radhiyallahu ‘anhu berkata: Berkata Rasulullahu shallallahu ‘alahi wassallam: “Tidak halal bagi seorang wanita yang beriman kepada Allah dan hari akhir untuk mengadakan safar lebih dari tiga hari kecuali bersama ayah, anak laki-laki, suami, saudara laki-laki atau mahrom lainnya.” [HR Muslim 1340]

    Dari Abdullah bin Amr bin Ash radhiyallahu ‘anhuma dari Rasulullahu Shallallahu ‘alaihi wassallam berkata: ” Janganlah seorang wanita muslimah bepergian selama dua hari kecuali bersama suaminya atau mahromnya.” [HR Ibnu Khuzaimah: 2522]

    Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu bersabsa Rasulullahi Shallallahu ‘alaihi wassallam : “Tidak halal bagi wanita yang beriman kepada Allah dan hari akhir untuk mengadakan safar sehari semalam tidak bersama mahromnya.” [HR Bukhori: 1088, Muslim 1339]

    lebih jelasnya http://forum.dudung.net/index.php?topic=8752.0

    maaf mbak ya ini hanya masukan dari saya semoga bermanfaat
    saya mengamalkan surat al-asr saling menasehati dalam kebaikan,
    kurang lebihnya saya minta maaf sebesar-besarnya

    • Not sure, karena saya sendiri sedang belajar Islam
      saya ucapkan terimakasih atas nasehatnya

      namun saya agak bingung saja
      jadi selama ini muslimah tidak boleh juga kuliah di luar kota ataupun di kota sendiri jika lebih dari 2 hari tanpa ada mahramnya. padahal di Indonesia berjuta-juta muslimah yg ngekost saat kuliah S1, ditambah lagi ada pula yang mereka mondok di pesantren. Berarti intinya muslimah hanya boleh mencari ilmu dr mahramnya. Mungkin Bapak bisa tanyakan ke para Kyai yang mendirikan pondok pesantern putri atau mereka yang mengijinkan anaknya kost yang hanya balik sebulan sekali untuk menuntut ilmu saat S1, S2, atau S3.
      maaf saya tdk mampu menjawabnya

    • Assalamu’alaykum waRohmatullahi waBarokatuh,

      Mohon maaf Akh,i sekaligus ane berterima kasih kepada antum sebelumnya..
      Begini Akhi.. Yang saya ketahui bahwa konteks semua hadits tersebut adalah bahwa perempuan itu bisa saja menjadi fitnah dan kondisi ketika hadits ini diucapkan oleh Nabi adalah kondisi dimana keadaannya perempuan menjadi objek biologis laki-laki, disamping pada saat itu, suasana tidak memberikan jaminan kemanan terhadap perempuan untuk bepergian jauh.
      Bandingkan dengan kondisi sekarang, yang apabila bepergian dengan pesawat terbang apalagi ke daerah-daerah yang sudah maju jaringan telekomunikasi dan kemanan, maka dapat dipastikan perempuan tidak akan mendapatkan hal hal yang menjadi inti hadits yang antum sebutkan itu, yaitu bahwa perempuan menjadi sumber fitnah dalam masyarakat, karena sekarang mengirim orang ke negara-negara tertentu dengan pesawat canggih, insyaAllah akan sampai ditujuan (kecuali ada sesuatu hal yang mengakibatkan tak sampai). Terlebih kalau perempuan itu dibekali kemampuan penguunaan alat komunikasi canggih, namun yang terpenting adalah saya sebagai suami memberikan izin dan kepercayaan terhadap istri saya…
      Sebagai catatan bahwa ketika memberi izin kepada istri untuk bepergianpun, saya telah berkonsultasi dengan dua orang ahli Ushul Fiqh untuk memina fatwa mengenai hadits tersebut, dan Alhamdulillah beliau berdua menjelaskan hal tersebut persis seperti yang ane ungkap di atas.
      Mohon maaf apabila tak berkenan.. Salam hangat saya untuk antum dan syukron atas nasihatnya. Ane sangat senang antum memberikan nasihat yang luar biasa ini…

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

