[Java] Efektif – toString


Mulai hari saya mencoba menuliskan bagaimana supaya pemrograman Java menjadi lebih efektif berdasarkan pengalaman pribadi dan belajar dari berbagai sumber.
Override toString
toString mungkin merupakan perintah yang sering kita gunakan untuk melihat isi suatu object. Secara default, java.lang.object telah mendefinisikan toString pada setiap object dengan isi nama class yang diikuti dengan lambang @ (at) dan nilai hexadesimal dari hash code. Tentunya hal ini mempersulit user untuk mengetahui isinya. Misal object mahasiswa dengan NRP 5100100028, jika direpresentasikan dengan mahasiswa@12ab akan sulit dicerna. Akan lebih baik jika toString dieksekusi keluar Nur Aini Rakhmawati 5100100028. Contoh :
@Override
public String toString() {
return this.Nama+" "+this.NRP;
}

Sepertinya simple, namun efek ketika kita melakukan perubahan pada toString ini akan bermanfaat bagi user yang ingin memakai class kita.

    • Adi
    • Oktober 22nd, 2010

    Betul, buku Effective Java karangan Joshua Bloch pun menganjurkan hal ini.

  1. Tulisan @Override itu tidak harus di dalam komentar ya?

  2. Tentu saja hal ini penting untuk membuat versi toString dari masing-masing objek yang spesifik, namun seringkali juga toString ini hanya berguna untuk proses debugging saja, karena kalau setiap objek kita harus melakukan override, itu akan sangat membuang waktu.

    #ariffromdhoni:
    @Override itu bukan komentar, tetapi annotation, mulai diperkenalkan pada Java versi 5 kalau nggak salah. Digunakan secara aktif pada Java 6, dan EJB 3 untuk menggantikan fungsi XML configuration.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s