Empek-empek Eropah


Hari minggu saya bertekad membuat empek-empek, meskipun dengan bahan seadanya. Kok seadanya ? Ya mana ada disini ikan tengiri, ikan belida. Terpaksa cari ikan dengan struktur yang sama. Alhamdulillah saya beli menjelang toko mau ditutup😀 Filet ikan yang biasanya any 2 for 5 (Beli 2 dengan harga 5 EUR), dapat saya beli lebih murah, any 3 for 5. Selain ikan saya kesulitan mencari tepung sagu dan tapioka. Tepung tapiokanya aneh, bentuknya butiran kayak bubur mutiara yang belum dimasak. Akhirnya saya mencoba tepung jagung karena minggu lalu saya berhasil membuat chicken meat balls alias bakso ayam (biar keren) dengan tepung jagung. Yuk, kita buat empek-empek kapal selam.
Bahan :

  1. Tepung Jagung atau jika di Indonesia tepung kanji atau tapioka
  2. Garam
  3. Ikan tengiri atau ikan belida atau ikan gabus
  4. Telur

Cara Membuat :

  1. Bersihkan ikan, buang duri dan kulitnya, kemudian haluskan
  2. Campur tepung, garam dan ikan, , tambahkan air sedikit demi sedikit. Jangan sampai adonan encer. Uleni(aduk) hingga kalis (tidak lengket di tangan).
  3. Ambil sedikit adonan dan bentuk adonan menjadi bulatan, lubangi tengahnya hingga menjadi seperti mangkuk. Masukkan sedikit kocokan telur. Ujung mangkuk (adonan) direkatkan satu sama lain sehingga kocokan telur tertutup (Ini bagian paling susah he he)
  4. Rebus air dalam panci, beri sedikit minyak supaya adonan tidak lengket. Masukkan adonan yang sudah dibentuk ke dalam panci ketika air sudah panas. Jika empek-empek sudah masak, empek-empek tersebut akan naik ke permukaan air. Siap diambil dan dimakan. Sluurrp.

Karena disini saya tidak menemukan gula jawa, akhirnya saya menggunakan bumbu sate instant sebagai pengganti cuka. hhhm … tetep yummy…

Eits tunggu belum selesai …. Kalau tadi saya membuat empek-empek kapal selam. Sekarang saya buat “empek-empek eropah”😆 Empek-empek yang satu ini saya buat karena sudah lapar jadi males bentuk adonan empek-empek. Jadi terpikirlah memanggang empek-empek. Begini caranya :

  1. tambahkan telur kocokan tadi ke dalam adonan empek-empek sebelumnya, sisakan sedikit kocokan telur untuk bahan lapisan
  2. tambahkan tepung terigu dan baking soda
  3. tambahkan merica bubuk, daun oregano kering dan daun prasley.
  4. aduk semua campur jadi satu
  5. bentuk adonan (terserah kreasi sendiri)
  6. letakan di loyang yang sudah dilapisi mentega.
  7. panggang dalam oven suhu 180 derajat selama 15 menit.
  8. ketika 5 menit baru dimasukkan, keluarkan sebentar dan oleskan sedikit telur diatas adonan tersebut supaya bewarna keemasan, kemudia masukkan lagi ke oven.

Jadilah empek-empek eropah ala Mama Key ha ha, yang orang Sumatera asli dilarang protes😉

  1. Duh kayaknya kalo tinggal diluar negeri and pengen masak masakan indonesia musti butuh extra kreatif buat gonta-ganti bahan ya🙂

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

