[MamaKey]Bayi belajar


Tulisan ini saya tujukan buat Ibu-ibu yang memiliki bayi dan buat saya sendiri yang sedang memiliki anak usia 10 bulan. Saya ingin mengajak Ibu semua agar tidak membiarkan anak berkembang begitu saja. Kita harus punya rencana untuk anak kita. Tidak hanya rencana kapan dia bisa duduk, tengkurap, berjalan, berapa beratnya, tapi lebih dari itu.
Membaca
Flash card
Di toko-toko sudah banyak tersedia Flash Card sehingga anda dapat membelinya. Atau ingin lebih murah bisa download dari internet atau membuatnya sendiri. Jika anda download dari internet maka anda harus  punya printer bewarna, sebagaimana kita ketahui anak suka dengan warna, daripada sekedar hitam dan putih. Untuk membuat flash card sendiri, anda harus bisa menggambar 😉 Jika tidak anda bisa gunting gambar tersebut dari majalah, katalog belanja, koran dsb, setelah digunting anda tempelkan pada sebuah kertas dan tulis hurufnya besar-besar dengan spidol atau crayon warna warni. Kertas-kertas tersebut bisa dijadikan satu buku, ataupun biarkan saja terpisah sehingga mudah mengacaknya.
Dengan membuat flash card sendiri akan lebih mudah disesuaikan dengan kebutuhan dan lebih efektif. Misalnya kita ingin mengajarkan kata Mobil maka, kita dapat membuat tiga gambar mobil berbeda. Dengan ini bayi paham, bahwa kata mobil memiliki variasi beragam. Selain itu kita dapat mengenalkan bayi dengan benda-benda yang sering dia lihat, misalkan, kita tempel gambar Ibu, Bapak, Sepeda kakak. Hal ini jauh lebih cepat diingat.
Ketika mengajarkan membaca, anda harus sangat sabar dan tidak boleh memaksa atau menforsir bayi dengan huruf sebanyak-banyaknya. Gunakanlah intonasi atau suara-suara yang berkaitan dengan gambar dan huruf. Misalnya gambar atau huruf ayam, maka tirukanlah suara ayam. Ketika bayi sudah hafal antara gambar dan kata, maka anda dapat mengganti cukup kata saja.
Buku Gambar
Anda juga bisa menggunakan buku bergambar untuk mengajari bayi gemar membaca.
Benda sekitar
Ketika anda berjalan, naik mobil dll, anda bisa menunjukkan sebuah objek tulisan atau angka dan cara membacanya.
Bernyanyi
Sambil menunjukkan gambar anda bisa bernyanyi, cara ini membuat bayi senang.

Mengenal bentuk dan warna
Sama dengan membaca, anda bisa menggunakan flash card. Misalnya kotak warna biru, lingkaran merah dst. Anda juga bisa menunjukkan benda disekeliling sambil mengatakan bentuknya. Atau anda bisa membuat permainan mengambil benda atau guntingan bentuk atau warna kemudian bayi tersebut memberikan kepada anda dengan merangkak atau berjalan.

Kemampuan mengingat
Hal ini bisa anda lakukan untuk bayi 1,5 tahun keatas. Misalkan anda membuat 10 potong kotak yang anda gambar atau tempel tentang gambar yang menarik. Setiap gambar anda pasang di dua kotak. Balik kotak tersebut dan susun secara acak. Biarkan bayi anda membuka gambar satu persatu dan mencari pasangan gambar tersebut.

Kemampuan mengurutkan
Mungkin kalau anda adalah programmer, maka anda akan inget tower hanoi he he. Yup, dengan tower hanoi ini kita bisa mengajarkan bayi kita bagaimana mengurutkan benda dari besar ke kecil.
Jika tidak punya tower hanoi, bisa gunakan gelas plastik dengan ukuran berbeda atau membuat tiga kubus warna warni dengan ukuran berbeda. Mintalah dia mengurutkannya. Cara lainnya adalah menggunakan Lego. Biarkanlah bayi anda memasang sebuah lego hingga tinggi dan hitunglah seberapa tinggi dapat dia pasang.

Kemampuan Matematika
Belajar matematika sepertinya susah, tapi apa salahnya dicoba ? Kita bisa memulai dengan cara-cara sederhana. Misalnya menghitung biskuit yang akan dimakan atau tersisa, menghitung barang belanjaan yang dibeli, menghitung barang-barang yang terlihat disekitar kita, menghitung anak tangga sambil berjalan bersama bayi di tangga, menghitung berapa kali bola terlempar(sambil belajar motorik) dll. Kitapun juga bisa membuat permainan sederhana. Seperti menuliskan angka di bekas minuman mineral, kemudian kita minta bayi kita untuk memasukkan kelereng atau benda kecil lainnya sesuai dengan angka yang kita pasang. Cara lain yang dapat dipakai adalah dengan bernyanyi, seperti satu ditambah satu, atau ayam berkotek untuk belajar pengurangan.
Untuk belajar matematika, kita juga perlu mengenalkan angka. Pengenalan angka ini bisa menggunakan flashcard bergambar atau dengan flash card dengan dot.

Dari semua kemampuan diatas dapat dipelajari dengan menggunakan komputer. Anda dapat membeli berbagai DVD atau CD berkaitan pembelajaran bayi. Namun demikian anda juga bisa membuatnya sendiri dengan cara membuat slide sendiri. Untuk gambar-gambarnya bisa didownload dari internet. Tidak lupa anda bisa memberikan musik di setiap slide. Anda pangku bayi di depan komputer sambil memainkan slide demi slide. Meskipun demikian cara ini ini terkadang agak membosankan bagi bayi. Sehingga cara ini tidak bisa berlangsung cukup lama. Sebaiknya gunakan pula cara diatas, terutama penggunaan permainan. Bagaimanapun masa bayi adalah masa bermain, bukan belajar secara serius. Dan perlu diingat lagi jangan pernah mematok target tertentu atau membandingkan bayi anda dengan yang lain. Namun demikian, lebih baik anda membuat jadwal setiap harinya tentang apa yang ingin anda ajarkan dan dengan metode apa. Waktu yang ditujukan pun tidak terlalu lama, terutama penggunaan flash card dan komputer. Karena penggunaan kedua metode tersebut menuntut bayi memiliki konsentrasi tinggi. Cukup 10 menit atau tergantung tingkat kebosanan bayi.

  1. gini nih kalo ibunya calon profesor…
    sabar ya Key…
    hehehehe

    • Om Jaya : Key cukup sabar untuk belajar dari Ibunya. Key senang belajar sambil bermain. timbang punya Mama yg kerjaannya Fesbukan, ato nggosip ama tetangga he he

    • PLanet Reath
    • Oktober 4th, 2010

    gini nich kalo punya ibu penggila teknologi :p

    Salam kenal 🙂

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s