Antara bawang merah, putih dan bombay


Bawang apa yang mahal di Indonesia. Bawang bombay ya ? Saya belum yakin betul sih, karena tidak pernah beli bawang Bombay sekilo di Indonesia. Biasanya belinya per buah. Satu buah saya bisa dapat dengan harga 1500-2500 rupiah. Saya lebih memilih memakai bawang putih dan bawang merah ketimbang bawang bombay kecuali membuat masakan yang mengharuskan memakai bawang bombay, seperti mujaer asam manis.
Kalau di Galway, saya lebih milih pake bawang bombay. Why ? Alasan klasik sih, lebih murah he he šŸ˜† Coba bandingkan saja dengan 1 EUR saya bisa mendapatkan satu kilo bawang bombay(berisi kurang lebih 10Ā  bombay). Sedangkan harga bawang putih 3 buah (yang terdiri 7-8 siung perbuah) harganya 1-2 EUR. Bagaimana dengan bawang merah ? Bawang merah atau disini biasanya disebut Shallot 10 buah harganya 2 EUR. Tapi perlu diketahu bawang merah disini 4x lebih besar dr bawang merah di Indonesia. Jadi cukup pakai satu untuk memasak dalam porsi sedang.
Karena itulah saya lebih memilih memakai bawang bombay untuk masakan tumisan ketimbang bawang merah dan bawang putih. Cukup pakai separuh bawang bombay dah terasa šŸ™‚ Pakai bawang putih dan bawang merah kalau masak sop, lodeh dan lainnya yang tidak bisa digantikan dengan si bombay ini.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

