Komunitas Muslim Hazel Park


Menjadi seorang muslim di Galway merupakan tantangan bagiku. Tidaklah mudah pada awalnya, karena saya tidak menemukan muslim Indonesia disini. Saya datang awalnya dengan modal nekad, dan dalam keadaan hamil pula. Perkiraan awal, NUIG mirip NTUST ada dormnya, ada kantinnya. Opps semua salah. NUIG tidak ada dormnya. Semua mahasiswanya tinggal di luar. Mirip kos-kosan kalau di Indonesia. Namun pemilik kosnya tidak satu rumah dengan kita. Sewa kamar bisa tiap minggu atau tiap bulan. Pertama kali datang saya tinggal di B&B (bed and breakfast) mirip losmen, semacam rumah biasa namun kita bisa nginep trus dapat sarapan. Saya hanya tinggal seminggu saja, mahal itu alasannya. 40 EUR perhari. Kalo nge-kos 60 EUR seminggunya. Dengan tinggal di B&B, saya jadi tidak bisa masak dan tidak cepat bergaul dengan temen2 muslim.
Alhamdulillah Allah mempertemukan saya dengan Aftab, seorang teman di DERI yang kebetulan satu supervisor dengan saya. Dia seorang muslim dari pakistan. Dari Aftab, saya mengenal Sana dan akhirnya bertemu dengan Hammad. Mereka semua adalah muslim Pakistan yang berada di DERI. Kekuatan ukhuwah sangat terasa, meskipun berbeda negara. Mereka sangat membantu saya. Mulai dari mencari makanan halal, visa sampai mencarikan tempat tinggal.

Adakah muslimah disana ? Muslimah terdekat disini adalah orang-orang Malaysia yang sedang belajar ilmu kedokteran di NUIG. Namun karena tidak satu departmen dan jarak rumah serta departmen yang begitu jauh (NUIG sangat luas) saya jarang bertemu mereka. Kalau dengan para DERI-an (sebutan orang yang di DERI) hampir setiap hari bertemu. Akibatnya saya sering menjadi tercantik, ketika pergi sholat Jum’at, atau buka puasa dan sederet aktivitas Islam lainnya. Namun mereka sangat menghormati saya. Kami semua DERI-an tinggal di dekat hazel park atau dekat hazel park, karena itulah saya lebih suka menyebut komunitas muslim Hazel Park. Selain DERI-an ada beberapa teman pekerja dari Pakistan yang tinggal di Hazel Park. Mereka juga sering bergabung dalam acara-acara kami.
View Larger Map

  1. seperti inilah harusnya seorang muslim,saling tolong menolong😀

      • salasa
      • September 7th, 2010

      yup sepakat, apakan anda bisa membantu saya untuk mencarikan promotor untuk bisa masuk ke irlandia atau luar negeri?

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

