Fiqh Ibu Hamil


5 bulan🙂

Alhamdulillah bentar lagi ramadhan niih. Sebelum pergi ke belahan dunia dengan minoritas Muslim sepertinya harus gali2 ilmu berkaitan dengan Puasa dan kehamilan. Tak lupa konsultasi dengan Dokter, kira-kira Me ‘n my baby are strong enough😀 for fasting. Bismillah.  Takutnya dokter disana melarang puasa karena tidak mengerti makna puasa bagi seorang muslim. Masih inget dulu waktu saya masih belum hamil (tentu saja belum nikah😳 ) di Taiwan, temen-temen saya merasa kasihan melihat saya nggak makan saat puasa.

Hasil dari googling

  1. Puasa Bagi Wanita Hamil dan Menyusui
  2. Wanita Hamil dan Menyusui Qadha Puasa atau Bayar Fidyah?

Sedangkan untuk masalah sholat bagi wanita hamil bisa dilihat disini. Link tersebut menambah semangat meski makin lama dedek di perut makin berat ajaah dan suka nendang sana sini😀

    • mas_arno
    • Juli 10th, 2009

    emangnya mau brangkat kamana ?

    Bagusnya nda usah puasa melainkan bayar fidyah…… untuk kepentingan Ibu dan bayi….. Isteriku juga saya begitukan……

    • qosdie
    • Juli 11th, 2009

    Pengaruh Ibadah dalam Perkembangan Intelejtual janin>
    Kenapa putra-putrinta ulama’ rahjud, rata-rata pinter dan rajin beribadah? ternyata mereka (para orangtua) interakti dengan tuhanya tidak pernah berhenti. Lilma waktu sholawat wajib, duha, rawatib, witir dua rekaat wudu’, belum lagi sunnah laiany.
    Puasa, baca qur’an dan lain sebagaianya, tentnya ini pengarunya besar terhadap perkembangan intelektual dan spritual anak dalam kandungan. Apalagi sang orang tua menjaga istirinya jangan sampai makan dan minum barang haram, sudah barang tentu menjadi generasi unggulan ditenggah-tenggah umat yang sekrang sedang carut marut.

  1. ibu hamil …. kenapa yah gak boleh naek pesawat ??

      • mdyhdhie
      • Juli 17th, 2009

      katanya kalo ada keterangan sehat dari dokter boleh aja asal usia kehamilan 7 bulan ke bawah, takutnya terjadi apa2 disaat take off..hentakannya itu lho,

    • wawa
    • Juli 15th, 2009

    saya salut….

    • jangan asal salut aja…. sebaiknya fidyah karena Allah telah memberikan keringanan dan alangkah “sombongnya” kita jika keringanan itu kita tidak terima malahan kita ambil yang berat. Bukankah orang sombong sangat di buenci Allah.

      Bukan bermaksud melemahkan atau gimana tapi seperti sholat jamak dan/atau qasar. Jika kita dalam perjalanan atau berada di suatu wilayah yang bukan “muqim kita” sangat dianjurkan untuk menjamak dan qasar sholat.. dst

      Sebagai bahan renungan….

  2. klo ibu hamil yach!! ga usah puasa!! kan bisa bayar fidyah!! klo memang g mampu!!

    • mardliyah
    • Juli 16th, 2009

    tes

    • mardliyah
    • Juli 16th, 2009

    puasa bg ibu hamil ya ga masalah, ada dokter bilang puasa kan hanya merubah waktu makan hanya saja yag td biasany 3x mkn jd 2x sahur ma buka, semisal siangnya puasa asal kita sahur n buka puasanya cukup nutrisi adlh ga masalah bg janin, setuju jg kalo selama kita hamil mlh lbh byk kasih teladan yg baik terutama dlm beribadah pd Allah SWT salah satunya ngejalanin puasa, ya diajak niat aja belajar sejak dalam kandungan…

  3. Semangat ya BuMil ^_^
    Saya blum pengalaman kalo masalah begini…😀
    Semoga Allah memberi kekuatan dan kelancaran pada anti dan sang janinnya🙂 ….

  4. alhamdullillah semoga datang bulN PUAsa x ini dapat membawa berka ntuk kuta semu amin. .. hee he . namaku bams bole g aku kenalan

  5. namaku bambang rettob. semoga dibulan puasa kali ini dapat membawa berka ntuk kuta semua ohya bole aku tau atik di daerah mana? salam jayapura

  6. Waduuhh…bener deh saya minder banget ama mbak iin, ilmunya selangit ! semoga dapat membimbing umat kearah yang lebih IT ya mbak biar nggak gaptek kayak saya (bukan muji, jangan gr ya?). Sekarang saya ditugaskan bikin blog untuk daerah Tapanuli selatan, oleh kantor tempat saya bekerja. Dan terus terang aja saya masih jauh dari yang diharapkan, karena saya belajarnya otodidak ya harap maklum aja mbak. Makanya saya suka sama blog mbak ini, banyak ilmunya! Mohon izin ya kalo ngambil data yang diperluin. Jazakillah ya mbak cantik…

    • someone
    • September 5th, 2009

    bismillah,
    Yg pernah saya dengar ttg qadha puasa bg ibu hamil ada 2 pendapatnya:
    1.membayar fidyah saja.
    2.membayar fidyah dan puasanya juga diganti.
    masing pendapat tsb disertai dgn dalil2.bukan berdasarkan logika semata.
    saya pribadi menerima pendapat yg pertama.
    salah satu cara memperhatikan keagungan nama2 Allah yg maha agung adalah dgn memperhatikan perintah2 yg diturunkanNya baik dlm al quran maupun sunnah. tidakkah kalian percaya bahwa Allah maha mengetahui. maka,Ia pasti mengetahui ttg segala hal.Dialah yg maha mengetahui lg maha pencipta lg maha bijaksana lg maha mulia.Dia tahu pasti ttg ciptaanNya,dan maha bijaksana dalam mengatur tiap tiap apapun.dan begitu mulia. dan sungguh Allah maha memperhatikan hamba2Nya.apa yg kurang maupun yg dibutuhkan. Dialah yg maha memelihara.hey! KITA semua ini termasuk peliharaan ALLAH yg maha mulia. dan Dia maha penyayang. tahu tdk? ALLAH yg maha mulia itu lebih sayang trhdp hamba2Nya daripada sayangnya seorang ibu thdp anaknya. pdhl kita sering dengar ttg istilah KASIH IBU SEPANJANG MASA. Dan sungguh saya pernah membaca hadist yg menjelaskan ttg SESEORANG ITU TDK AKAN MASUK SURGA HANYA KARENA AMALNYA SAJA. cari sendiri hadistnya di shahih bukhari muslim.afwan kepanjangan,tp hal pertama yg perlu dalam islam itu adalah ttg tauhid. apabila tauhidNya sudah benar dan sesuai maka inshaallah yg lain juga benar dan sesuai. dan sungguh islam itu tdk memberatkan . termasuk dalam hal ibadah puasa. ibadah ini adlh ibadah yg istimewa. diantaranya: puasa itu hak ALLAH yg maha menetapkan,hayo!tahu ga?.di hari akhirat nanti ada sebuah pintu yg namanya ar-rayyan,yg memasukinya adalah org2 yg berpuasa.dan bnyk lg keistimewaannya. alangkah nikmatnya ibadah disertai ilmu ya,sbg umat islam begitulah seharusnya kita. JGN SEPERTI org yg beramal tanpa ilmu(Nasoro)atau org y.g berilmu tp tanpa beramal(yahudi).
    puasa kita hrs benar2 krn ALLAH yg maha esa saja. dan sesuai apa yg telah diatur dan ditetapkanNYA.
    innamala’malalu bin niat.sungguh,keringanan membayar fidyah jelas ada dalam ayat di AL-QURAN. cari ya!.
    DAN sangat jelas bg kita,hal2 ataupun perintah yg wajib hukumnya itu selalu dijelaskan dalam AL-quran.bertawakkallah kpd ALLAH saja.

    • Virgin Natural Cosmetic
    • September 7th, 2009

    aku pengin juga nyekolahkan anakku ke sana, bisa titip kan?

  7. klo ibu hamilnya kayak yang punya blog, pasti bayinya jadi anak yang baik. Amien

    • Eva
    • Agustus 3rd, 2010

    Salam Kenal,,Assalamu’alaikum …

    Bagus banget blog ini. Saya hanya ingin berbagi cerita saja.
    Kebetulan saat ini saya sdg hamil 3 bulan anak ke-3. Dan seminggu lagi kita akn menghadapi bulan Ramadhan yang diberkahi. Dan alhamdulillah, setiap sy sedang mengandung/hamil.. sy selalu mendapatkan bulan Ramadhan. Waktu anak ke-1 & ke-2, bulan Ramadhan jatuh di saat kehamilan sy 5 & 6 bulan (trimester ke-2) trimester yang paling kuat buat ibu2 hamil (krn mual sdh tidak terlalu, badan sdh agak fit, perut jg blm terlalu besar). Jadi Alhamdulillah sy bisa menjalani puasa saat hamil yg lalu..(6 hari batal). Dan tahun ini sy ada niat juga untuk puasa, namuuun…tetap melihat kondisi sy apakah sy mampu,,, krn kehamilan saya masih trimester 1.
    kenapa sy punya niat yang kuat untuk berpuasa walaupun sdg hamil?.
    Krn Alhamdulillah, terbukti anak ke-1 dan ke-2 sy sekarang rajin puasanya tanpa disuruh. Subhanallah.. mungkin krn sdh dilatih dr kandungan.
    Untuk ibu2 hamil, sebenarnya diberikan keringanan, apabila mampu puasa sangat baik sekali. Tapii….jangan terlalu dipaksakan ya..krn Allah tidak pernah memberatkan umatnya. Semoga kita menjadi umat yang selalu di berkahi oleh Allah SWT…Amiin. Terimakasih.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s