Mengapa es itu dingin ?


Kemarin saya, Mas Toni dan Mila makan es krim bersama. Tiba-tiba keponakanku ini bertanya :

“Mengapa es itu dingin, Pa ?”

Mas Toni diem sejenak sepertinya berusaha mencari jawaban.

“Tuh tanya Tante yang udah S2, pasti punya jawaban yang bagus 😛 “

Duh, Masku terchayank tega benar kau …. Mila pun memandangku. spertinya menunggu jawaban.

“Eeehhmm es terasa dingin karena untuk membeku air menyerap suhu disekitarnya sehingga terasa dingin”

Begitu jawabanku. Mila terlihat tambah bingung

“Yeeee, jawaban begitu buat anak kecil … Duh S2 harusnya jawabnya lebih keren donk. Buat orang malah g ngerti”

Sampai sekarang saya juga tidak mengerti apa ya jawaban yang PAS buat anak sekecil Mila. Mengapa ya es itu dingin ? Maapin Tante ya … Ada yang bisa bantu saya ?mila

Iklan
  1. es terasa dingin soalnya temperaturnya lebih rendah dari mulutnya Mila [badan manusia], hehehe. coba aja liat pake termometer.

    es terasa dingin kalo kena badan, soalnya temperatur selalu nyari kesetimbangan. karena es temperaturnya lebih rendah, jadinya panas dari badan lepas buat pindah ke es. pada dasarnya semua hal di dunia selalu nyari kesetimbangan…

  2. itu tadi jawaban dua tahap.

    ngomong-ngomong, waktu air membeku jadi es, harusnya kehilangan panas, bukannya menyerap panas…

  3. kenapa es dingin, karena disentuh. kalau gak di sentuh gak terasa dingin loh. beneran… 😀

  4. Mila, coba ganti pertanyaannya ya anak manis…
    kalo Mila tanyakan ke tante tentang apakah es itu open source atau bukan,
    atau bagaimana algoritma terjadinya es,
    kemudian minta disimulasikan dengan c atau java,
    mungkin tantemu akan lebih senang menjawabnya… 🙂

    becanda lho mbak….

    • nana
    • Desember 30th, 2008

    cari jawabannya main2 disini aja mba, http://www.fisikaasyik.com atau beli buku fisika asyik karya pak Yohaness Surya, http://www.yohanessurya.com/

  5. #nana:
    Wah, kang nana ini kayaknya ahlinya kalo soal beginian 😀

  6. mungkin bisa kita jelaskan keadaan setimbang. pada dasarnya es merupakan benda cair –yang dalam keadaan normal adalah air.

    yang menyebabkan benda itu berubah adalah kalor yang terkandung di dalam zat itu. jika benda menerima kalor maka suhu akan naik. sebaliknya, jika melepaskan kalor akan menjadi dingin.

    “mengapa es itu dingin?”
    karena kulkas membuat kalor melepas, sehingga air menjadi beku –disebut es.

  7. emang es itu dingin ya..? baru tau saya…
    *lanjutin bekerja*

    • YANKIES
    • Desember 31st, 2008

    mengapa es itu dingin??
    klo menurut gw seh, jawabannya simpel ja..
    karna api itu panas,, nah klo ditanya kenapa api tu panas jawabannya ya karna es itu dingin..coba ja klo es tu panas kan bukan es namanya xixixixi

    kesimpulan :
    dunia emang harus seimbang kali yaa he he he

  8. kenapa es dingin?
    mila…dingin itu sifat dasar es. klo es emang harus dingin… inget ya..ok 😛

  9. Kenapa ya????
    kalo panas bukannya API namanya 😛
    *ngeles karena gak tau jawabannya..heheheheh*

    • Purna
    • Januari 3rd, 2009

    coba klo badannya mila suhunya -50 Celcius..pasti panas megang esnya.. :p

  10. hihihi…. nah lho…. pertanyaan sederhan tapi susah kan cari jawabannya…..???

    klo anakku malah nanya : kok awan gak jatuh?

    bantuin juga ya mbak nyari jawabannya…

    btw, kangen banget. Kapan ke Makassar lagi? ILC 2009 datang ya…. !!!

    Ama

  11. jawabannya gampang bu : “karena api itu panas” 😀

  12. awan tidak jatuh karena gaya gravitasi diatmosfir tidak kuat bahkan tidak ada, coba kita bandingkan dengan bumi yang memiliki gaya gravitasi sehingga dapat menarik benda-benda yang dekat dengan bumi, mdh2an membantu

  13. Haha, dikerjain anak kecil ni.. Ini yang menunjukkan bahwa kita di Indonesia terbiasa menggunakan bahasa yang ‘hanya dimengerti oleh kita sendiri’.
    Makanya anak-anak (generasi muda) jadi takut untuk menyelami, karena menganggap “wah, pasti susah”.

    • muis
    • Januari 13th, 2009

    kenalin aja keponakan ibu ke pak Google. Ntar biar tanya sendiri.. 😀

    • mesingiling
    • Januari 22nd, 2009

    ES DINGIN KARENA G PANAS…
    KARENA BUKAN API,,
    HEHEHEEE…

  14. “Karena es mencuri panas tiap kali kita menyentuh atau berada didekatnya. Tiap kali kita merasa dingin itu artinya es sedang mengambil panas”

    kalo jawabannya seperti itu gimana?

    i think about this question quiet serious, so i would like a feedback,
    please respond to my email. jawaban ini gimana?

  15. knp y es kok dingin,, haduh jd bingung jg ni tante,, karna takdir x y,, haaa haaa haaa,,

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s