Membuat Template Joomla Sederhana dan Cepat


Membuat Template Joomla sebenarnya cukup singkat dan sederhana. Cukup 2 file aja sudah cukup, yaitu index.php dan templateDetails.xml.

Sebagai contoh saya buat file index.php model spt ini :

untuk templateDetails.xml saya buat spt ini :

Pada file templateDetails.xml diatas saya menuliskan<filename>css/aini.css</filename>, baris tsb dapat anda hapus jika anda tidak menggunakan CSS pada template. Namun lebih baik buatlah CSS biar template anda terstruktur dan cantik 😀

Jika template anda sudah jadi maka hasilnya akan berkerangka seperti ini :

Nah jika semua sudah selesai, silahkan buat zip filenya. Untuk contoh diatas anda perlu buat

  • file index.php
  • file tempaleDetails.xml
  • folder css :
    • aini.css

Jadikan dalam 1 zip files. Kemudia coba install ke Joomla site anda 🙂

Terakhir buat template tsb sbg default :

Semoga berguna 🙂

*sedangngodingdgnkecepatantinggiuntungbelumnabrak*

  1. nice. 🙂

  2. Waduh, kok pakai ngebut segala. Nanti disemprit bu pulisi lho.

    • mas_arno
    • Juli 23rd, 2008

    semoga yang dimaksud loved students itu termasuk saya… heheh.

    Welcome back…. Ibu / Adik Aini
    Terimaksih … sya seneng sekali Master enggeneering ini udah kembali dan memberikan Ilmunya lagi kepada dunia…..

    Gimana udah balik Indonesia atau langsung lanjut S3 di Sana ……………

  3. Thanx bu for the tutorial…

    😀

  4. Artikel yang bagus… 🙂

  5. ooo gini kalau mau buat template sendiri

    setiap template yg akan di masukkin ke joomla memerluka 2 file itu yah

    hmmm….masih bingung ..tp di coba deh 😉

    thank’s mbak 😉

  6. Assalamualaikum. Bu tutorial yang didapet bagus banget. Tapi software yang disaranin gak bisa dipake dikompi saya Bu. Ada yang lebih baik lagi ndak??
    Ato mungkin kompi ane yang gak bisa diajak kompromi ya? Ada usul lain ndak Bu, dimana bisa nyari joomlanya?
    Thank’s before.

  7. Assalamu’alaikum

    Piye kabare? mampir sini ya. Maap komen disini.. hehe

    BTW, kalo tdk ada aral melintang, nanti saya minta bantuan pindahkan file joomlanya formmit ke server baru. Trims.

    Wassalam
    Arie DS

  8. ass
    bu bagaimana cara buat template dengan dengan dreamweaver kemudian digunakan ke joomla

  9. Assalamualaikum
    Mba’ Aini, mohon bantuannya seputar joomla mengenai php.ini.
    Saya sedang coba2 bikin gallery expose 4, tp kok ga bisa login ya?
    Waktu tanya di id-joomla katanya GD di aktifkan dulu caranya buka php.ini, tapi masalahnya sekarang saya ga tau letak php.ini itu di mana?
    Di cpanel sudah tak ubek-ubek tapi masih ga nemu2.

    Mohon bantuannya ya Mbak?
    terima kasih sebelumnya
    Wassalam wr wb…

  10. mba skalian bahas hack buat IE dong..

    suka bermasalah tampilannya, apalgi di IE6

  11. Simple but sure….

  12. Ibu/Mbak bole donk kirimkan saya ke email rizaldapn@gmail.com scriptnya(dua-duanya),soalnya aq pemula mau belajar.thanks brat sebelumnya.

    Rizald

    • tunjung
    • Desember 7th, 2008

    Nice job Aini,eh blom ada waktu utk porting Joomla versi2 berikutnya ya?hehe,maap,bkn bmaksud merepotkan,tp anak TL kan emang kerjaannya bkn disitu.Barter jasa deh klo anti ada soalan lingkungan dan sejenisnya =)

    iin : masih belu ada waktu 😀

  13. wah ….artikel ini sangat berguna ..

    maju terus wanita indonesia

    Infomatika UIN Jakarta

    • Trikora
    • Maret 8th, 2009

    Lha …bu…. sedang belajar aja udah begini… palagi kalo udah selesai ….. walahualam… mohon izin untuk print langsung ke pdf adek-adek mhs/i saya. terima kasih semoga cepat jadi profesor ya bu …..

  14. wah ilmu nya sangat mudah diterapkan LANJUTKAN

  15. makasih banyak atas tutorialnya. sangat menbantu sekali

  16. codding kecepatan tinggi ….dahsyat

  17. akhwat yang cerdas.

  18. nice teteh . . ^^ . . keep the good job .

  19. nice blog…. boleh lah aku ikut belajar….

    • bagus
    • Juli 8th, 2010

    trims, artikel ini sangat berguna

    • noeh
    • Juli 12th, 2010

    semoga ada hikmah..lanjutkan jeng

    • yudi eko
    • Januari 2nd, 2011

    assalamulaikum

    buk saya orang awam bahasa pemrograman..basic saya desain

    Mau tanya buk..apakah ada tutorial pembuatan CSS (lewat GIMP+cssdev) untuk script di atas?

    trimakasih buk..

    • pH0
    • Maret 26th, 2011

    ini dia artikel yang Saya cari2…
    terima kasih ya sis.. ^,^

  20. thk’s

  21. terimakasih atas informasinya, sekalian juga mampir ke http://cyberbusinessinstitute.com buat yang mau tau lagi tentang dunia pemograman 🙂

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

