Juara ? Cover Girl ?


Belakangan ini saya bingung sendiri, ada beberapa blog yang mengatakan saya juara Google Summer of Code(GSoC). Hhhmm… mungkin semua ini berasal dari postingan Cak Joss di Kaskus, yang tidak lain adalah teman seperjuangan saya sendiri dalam mengurus training komputer di Taiwan untuk para TKI dan TKW yang diadakan di bawah lembaga FORMMIT dan MTYT.

Sebenarnya di GSoC tidak ada juara-juaraan, namun sistem perangkingan setiap organisasi. Kebetulan saja saya mendapatkan rangking empat pada awal proposal dan alhamdulillah rangking dua di akhir final.

Bagaimana bisa terpilih sebagai student di GSoC 2007 ? Tentu saja harus melamar proposal ke Google. Setelah proposal disetujui, kita harus melakukan pemrograman dimana akan dievaluasi dua kali, Midterm dan Final. Jika berhasil melewati semua tahap tersebut baru kita mendapat hadiah/gaji utuh 4500USD. Pada saat itu saya melakukan koding di daerah framework, plugin dan component.

Mengingat kesibukan thesis yang harus saya selesaikan,untuk tahun ini saya tidak lagi melamar sebagai student namun sebagai mentor Joomla GSoC 2008.

Mungkin ada juga yang bertanya-tanya mengapa kok saya sampai ada di halaman utama joomla.

(Foto asli dari Mbak Yuhana sebelum diedit oleh Joomla, Terima kasih mbak)

Awalnya saya juga tidak mengira fotonya dipasang sebesar itu. Saya kira seperti GHOP ukuran foto 3X4 saja. Ketika halaman tsb dipublish saya kaget juga. Kebetulan saja saya diminta untuk menuliskan kesan dan pesan saya di GSOC oleh Joomla Communication Team. Kenapa kok saya bukan student yang lain ? Wallahu ‘alam saya juga tidak tahu. Mungkin karena Enno Klasing sebagai GSoC Student 2007 rangking satu di Joomla sudah pensiun dari Joomla Dev WG sejak kesibukan di perkuliahannya meningkat beberapa waktu lalu. Jadi keberuntungan saja naik pangkat🙂 Jujur, saya tidak mengira kalau keberadaan saya di halaman tersebut agak menghebohkan di Indonesia dan dunia IT wanita dan Islam.

Untuk lebih jelasnya silahkan membaca di wawancara singkat saya dengan sikumbang administrator dari id-joomla tentang kegiatan saya di Joomla sebagai Joomla Developer Team member.

Tidak lupa saya ucapkan terima kasih kepada id-joomla, seluruh orang Indonesia yang sudah mendukung saya dan seluruh umat Islam di dunia yang telah memberikan semangat yang luar biasa bagi saya. Tanpa dukungan itu semua saya tidak akan pernah berani melangkah sampai detik ini.

Bagi yang ingin melamar sebagai GSoC student2008 , ayo buruan sebelum tanggal 31 Maret 2008 !!

    • Bawe
    • Maret 27th, 2008

    Ah, Iin merendah nih. Makan-makannya kapan?😉

    iin : loh sudah kmr waktu pulang ke Indonesia ….

    • Jakka
    • Maret 27th, 2008

    Ah, andaikan saja dulu ada GSoC di Pucang Anom…😉

    iin : he he iya .. Xpertize gmn yak ?

    • HP
    • Maret 27th, 2008

    Yah, gak peduli in. Meskipun kamu berdalih dengan dalih apapun😀, bagiku kamu adalah Juara.

    Selamat ya Bu….😀

    iin : terima kasih … Alhamdulilllah

  1. Ass. Selamat Ya bu…Congratulation…btw gmn cara bikin proposal ke google 2008? Afwan nanya..

    iin : wass
    contoh proposal –> http://drupal.org/node/59037

    langkah2 –> http://groups.google.com/group/google-summer-of-code-announce/web/guide-to-the-gsoc-web-app-for-student-applicants

  2. haduuu… manisnyah….😀
    bu iin di taiwan tambah manis :”>

    iin : yang manis yang “men-foto” atau yang difoto yaaa ?

  3. selamat-selamat
    dan tetap semangat

    jadi ingat slogannya mbak iin
    “cooking better than coding”

    kalau hasil codingnya aja kelas internasional, bisa dibayangkan tuh hasil cookingnya🙂

  4. @ galih : galih bajul mode : on … wkekeke, piss :)>-

    @indrakharisma : bener tuh slogannya mbak iin … “cooking better than coding”
    masakannya uenak banget… kalah deh kodingnya🙂

    *dari junior yang sering ketiban rezeki masakan

    iin : terima kasih adikkuuu … jadi semangat memasak niiiih

    • Lintang
    • Maret 28th, 2008

    iin dr dulu emang hebat. selamat ya in, smg ini adlh awal utk prestasi2 selanjutnya, amin. salut banget deh😉

    iin : terima kasih Lintang😉 Lintang juga !!!

  5. Selamat buat Iin.
    @Jakka: Anda dimana sekarang pak? Anaknya sudah berapa?🙂 Di pucang dulu internet aja nggak ada :p

    iin : terima kasih Dimas
    gpp g ada Internet kmr iin pas pulang ke Indonesia commiitnya pakai email lewat warnet

  6. Selamat selamat selamat…… makan makan makan….😀

    iin : hehe ketinggalan …
    makan2nya dah setahun yang lalu di NTUST

  7. yg saya tau, itu tetep keren dah Mba’…😀

    klo diitung2, dg nempelnya foto Mba’ di halaman joomlah, dah berapa pahala yg ngalir tuh. (karena wanita jilbaber tuh enak, by default kemana2 bakal bersyiar dg jilbabnya😛 )

    iin : yup terima kasih .. Amiiin
    semoga bisa begitu ….

  8. mbak aini, slm kenal ya..
    ternyata progie2 cewe indonesia juga bisa “bertanding: yach.. pa lagi muslimah gitu lho😛

    Go..go.. mbak aini… cemangatttt.. ^__*

    Salam,
    dhetea.

    iin : salam kenal juga
    Dhetea juga semangat !!

  9. Ehm…
    Emang bener koq tambah manis…
    Koq keliatan sedikit gemuk dibanding terakhir kita ketemu… (2006, seingatku)
    Sebelum dikau ke Taiwan, sebelum aku jadi petualang karena terpaksa…

    iin : iya gemuk dikit

  10. Selamat dan sukses ya mbak… ajarin kita dong..! salam kenal dari cianjur mbak..!

    iin : terima kasih … Nanti blog ini juga ada berbagai turorial, yuk sharing bareng

    • Kiki Ahmadi
    • Maret 29th, 2008

    WAAHHH!!!1

    BU IIN KEREN BANGET!!!

    : )

    Backgroudnya gambar pinguin lagi…

    : )

    iin : he he .. vivat penguin deh

  11. Tambah Mantap gini Bu. Kapan ya pulang ke ITS ? Wah gak ketemu lagi dong.😕

    iin : doakan secepatnya amiiin ….

  12. Pertama : Merinding
    Kedua : Kagum
    Ketiga : Salut
    Ke-empat : Pengen lihat orangnya dari dekat?? bener gak sih ini pemenangnya??
    Kelima : Boleh mesen baju Joomla.org mbak.. dah lama kesengsem sama bajunya.. Pleeeeasee….

    iin : wah , saya sendiri tidak punya, yang punya malah baju google
    bisa pesen ke http://shop.joomla.org lsg

  13. mbak,ada forum kecil2an buat anak2 alumni smanti bersilaturahmi..alamatnya di http://www.smariagitma.netfreehost.com; saya minta ijin ngepost beritanya di sana ya mbak di bagian alumni yg mengharumkan nama sekolah…semoga smantiers laen jd terpacu untuk berprestasi jg..nantikan kabar terbaru dr smanti dan alumni di sekitar forum tsb..sapa tw jg mw bantu ngasuh rubrik tutorial yg bs jd saya buka lha wong ada official mentor Joomla! dsini..Hehehehehe..

    salam sehat selalu,

    fahmi ’06

    iin : great ! bs ketemu adik kelas disini
    monggo kalo mo dipost

  14. selamat ya mbak… nice to know you, kesan pertama lihat blog mbak iin, tertarik pada bannernya ada gambar eclipse dengan beberapa workspace php file, trus setelah baca-baca kontentnya merinding tuh lihat prestasi mbak yang sedemikian dan juga kagum, semangat terus mbak…. o ya mbak salam kenal juga dari cak kholil, sama-sama arek pasuruan, tp aku arek pandaan, he..he..

    iin : salam kenal juga😉
    sptnya ilmu php cak kholil juga keren nih

  15. Terus berjuang adikku, mbak salut punya sahabat dan adik yang cantik lahir dan batin. Btw kapan nih mencari “teman sejati”. Khan udah siap segalanya, insya allah sudah kena hukum wajib😀

    iin : doakan saja😉

  16. Gada banyak kata yg bisa terucap!
    Iin tuh makhluk yg unik.
    Sangaaaarrr!!! ;p
    Selamat2 ya non…
    Semoga sukses selalu
    Jangan lupakan almamater ya?!

    iin : Titin juga unik !!!
    Terima kasih

    • arif firmansyah
    • April 4th, 2008

    Assalamu’alaikum
    Salam kenal dan ukhuwah selalu ukhti….
    serta saya ucapkan selamat karena ukhti sebagai perempuan pertama Indonesia terlebih lagi seorang muslimah yang mampu mengukir prestasi internasional untuk membanggakan Indonesia lebih-lebih dinul Islam, meraih juara dalam kontes GSoC, Allahu Akbar…3x

    iin : wa’alikum salam
    Terima kasih tapi saya tidak juara

    • bizesha
    • April 4th, 2008

    kerennn
    selamat ya mbak

    iin : terima kasih

  17. barakallah ya kak Iin😀

    semoga sukses selalu

    iin : terima kasih

  18. Ditunggu tampilnya di joomla 1.6 …
    semoga klepon bisa tampil disana juga , mendampingi rum dan cola

    iin : terima kasih
    great idea

  19. Top markotob dah…

    cover girl tingkat international😀

  20. Waks!!! arek Bhawikarsu Maneh!!!

    kalo ndak salah ada bbrp alumni SMA3 Malang di Taiwan…

  21. Alhamdulillah🙂
    Hebat euy, angkatan pira tho mbak?

    iin : angkatan dimana ? kuliah S1 saat tahun 2000

    • henri
    • April 7th, 2008

    Alhamdulillah…..

    saya salut banget sama Ibuk, walaupun belum pernah di ajari…
    apalagi nanti kalau di ajari….

    Saya nemu blog ini dari Tutorial yang ibu buat, kayaknya pakai linux (lihat dari template).

    saya angkatan 2007, cepat kembali buk ya….

    iin : semoga. doakan segera selesai

    • za
    • April 7th, 2008

    Iin, selamat ya untuk prestasinya. Sukses selalu. Salam.

    iin : terima kasih Zaki …
    Zaki juga semangat dgn risetnya
    kapan2 kerjasama🙂

    • aris nurbawani
    • April 11th, 2008

    Tak bisa berkata apa-apa kecuali : “selamat …salut …mantab”

    iin : terima kasih

    • Vita
    • April 15th, 2008

    Gratulieren I’in.. aku baru tau baca dari website its. Selamat terus berkarya🙂

  22. jempol…akhirnya kita bisa sedikit menegakkan kepala

  23. subhanallah..ALLAHU AKBAR….
    mb iin-hehe..sok kenal- selamat ya mbak….
    salam kenal…
    wua…keren banget mbak…segala sesuatu tu ada hikmahNya ya..ada jalurNya sendiri-sendiri…di tengah keputusasaanku dan perasaan salah jurusan -T.Informatika ITS sekarang-, ada comment nongol di blogku, dr mas kholil….klik-klik-klik dan akhirnya nyampe di sini…
    subhanallah…ternyata seorang cewek bisa juga jago koding…wua…salut mbak…muslimah lagi….Dosen SI ITS lagi- wa…kita tetangga-an mbak-…dan lagi yang semakin membuatku shock-terkaget-kaget haru-…mbak iin bhawikarsuer toh? wua…….sama mbak..makin kagum ajah….i…seneng bgt deh…sy sengkatan sama fahmi…
    pokoknya keren bgt dah
    thanks yach…so inspirational for me..
    walah…kok jadi curhat c?
    hehe.. :p
    semangat terus ya mbak!! ganbate ne!!

  24. subhanallah…
    salut buat m’iin…sukses terus agar slalu meng-inspirasi kami para muslimah

    salam kenal,
    uce

  25. whew..

    Smart, beautiful, rendah hati, muslimah.
    Kombinasi yang jarang. (atau aku aja yg ga gaul ya?)

    hmm, dunia ini luasssssssss sekali,
    (iya gitu? trus dimana kamu nemu manusia yang satu ini, emm suatu malam dibandung, dalam layar LCD 14″?? hehe..)

    salam kenal.. ^_^;

  1. April 12th, 2008
    Trackback from : kagum… | kholis@home

Tinggalkan Balasan

