Laptop dan Laptop


Sepertinya memiliki sudah menjadi kebutuhan mirip hape. Apalagi harga laptop sekarang murah dan orang sekarang cenderung memiliki mobilitas yang tinggi.

Berikut adalah bbrp laptop yang saya jumpai saat saya sedang berada di National Science Council, Taiwan. Laptop-laptop yang menarik perhatian saya tersebut adalah …

3laptop.jpg

Awalnya saya akan menggunakan laptop saya, namun gara2 saya upgrade laptop dari ubuntu 7.04 ke ubuntu 7.10 menyebabkan laptop saya tidak mendeteksi LCD. Padahal saat memakai ubuntu versi 7.04 tidak ada problem. Mau merestart laptop, males. Pihak panitia meminjamkan laptop paling kiri, Asus EEE PC, kecil 7 inch dan ringan. Mungkin kurang dari 1 kg. Namun saya kesulitan karena menggunakan bahasa mandarin 😦 dan distronya belum pernah saya kenal. Akhirnya saya dipinjami Sam Moffat (developer Joomla termuda dari Aussie). Laptopnya adalah Machintosh. Wah, ini malah tidak pernah pakai lagi. Apalagi semua konfigurasi server ada di temapt saya. Ok, akhirnya dengan bantuan Sam saya membuat jaringan per 2 per dari Mac ke Acer (laptop saya). Beberapa firewall dari iptables dan IP and Allowed port dari komputer saya, dibebaskan semua. Duh, panik juga menyetting jaringan saat itu.

Selain 2 laptop tersebut, ada 1 laptop lagi yang saya temukan saat itu.

mike.jpg

Inilah laptop OLPC (One Laptop Per Child). Yang sedang memegang laptop tsb adalah Mike Fletcher dari Kanada. Dia mrp developer OLPC, seorang lulusan arsitektur yang gila pemograman Phyton. Menurut dia, OLPC itu sering kebanting πŸ˜› Namun masih baik-baik aja. Saat kami duduk di satu meja yang sama, duh yang dibuka console melulu dengan phytonnya. Padahal itu komputer buat anak kecil. Jadi 😳 … kikuk. Sempat mencoba juga, bagaimana meng-operasikan OLPC. Seru juga πŸ˜€ Meski tampilan GUInya menurut saya masih kurang bagus. Namun demi memajukan edukasi anak-anak bagi negara2 miskin, laptop tsb sudah cukup membantu.

Ngomong2 tentang edukasi murah, disana juga bertemu dengan George Orwell yang merupakan developer FreeDuc dari Perancis. Beliau sangat antusias untuk membangun alat-alat pendidikan murah. Sayang saya tidak terlalu memperhatikan Laptopnya. Jadi saya tidak dapat bercerita laptop beliau.

Nah yang paling bawah ini adalah laptop iin tersayang. Yang sudah dengan setia menemani iindalam berbagai hal. Alhamdulillah laptop ini dapat berjalan dengan baik sampai sekarang.

acer.jpg
  1. mbak….
    ikut donk klo jalan2 ketempat gituan,
    kan lumayan bisa nebeng foto2 bareng orang terkenal πŸ˜€

    iin : drpd foto mrk lebih baik foto sama iin πŸ˜›
    emang iin siapa πŸ™„

  2. weh.. kelupaan,
    tuh boneka yang diatas laptop mbak melas banget yah…
    kasian liatnya… yang laen aja pada ceria πŸ˜€

  3. sekalian hatrick aja ah,
    jarang2 bisa hatrick diblog mbak iin πŸ˜€
    tuh foto kedua dari atas,
    orang yang dibelakang kaya’nya gak pernah difoto yah mbak?
    sampe kaget gitu waktu mo dijepret , hehe πŸ˜€

    iin : dia kaget pas in foto pas lagi makan

  4. Sepertinya laptop memang semakin membumi. Asus EEE PC dulu dirumorkan berharga 2 jutaan. Saya sudah mau pre-order waktu itu. Tapi sekarang malah membengkak dua kali lipat jadi 4 jutaan. Daripada 4 juta buat laptop kecil yang susah buat ngetik, mending ditambahi dikit 2 atau 3 juta lagi dapat laptop beneran. :mrgreen:

    PS: Ih, boneka yang di atas acer lutu…..

    iin : di Taiwan hrganya 10rb NT (1 NT= Rp 280)

  5. >nDra
    Hendra, itu mbak iin bukannya jalan-jalan tapi jadi invited speaker di ICOS sebagai wakil dari Google(pemenang google summer code 2007) dan Joomla (developer joomla). Diam-diam dah main2 di tingkat international nih. Kalau Hendra pengen ikut tanya mbak iin tuh gimana caranya. Foto sama mbak iin khan sama aja :D. Salut to my sister, kejar terus ya mimpi-mimpi yang lain, jangan takut gagal lagi.

    iin : waduh , si mbak
    kalo gituan g perlu diceritakan
    ceritakan yang gagal-gagal aja
    spt yang kmr “impian yang tertunda”

  6. Kalau di sini, yang pakai laptop itu pelawak. πŸ˜€

  7. Wah baru tahu Iin menang di Google Summer Code 2007. Semakin mantap aja… Saya sudah gak level he3…

    iin : udah Adi … kita buat desain NTUST-ISA aja yuk

  8. Menceritakan yang gagal saja bikin orang patah semangat kalau membaca blognya Ibu, menceritakan yang sukses saja bikin para kaum Adam lari dari ibu. πŸ˜€

    Yang pertengahan saja.

  9. @ Ali S Kholimi : STuuujuuuu…. πŸ˜€

    @ Bu Iini : Semngaaat bu… tunjukkan bahwa seorang muslimah bisa menghasilkan karya yang besar… Semoga yang baca cerita2 disini (terutama mislimah) terus berusaha “memeluk” mimpi-mimpinya.. (Andrea Hirata bangeeetsss…)

    Semangaaaat… πŸ˜€

  10. wah… laptop-nya udah mirip punya saya
    berarti prestasinya harus dimiripin juga nih…
    (ngarep mode = ON)
    oke deh, kaya’nya harus serius buat go international kaya’ mbak iin… πŸ˜›

    -lagi pusyiiing belajar buat UAS jumat-

  11. he he he tujuan saya komen diatas ini agar para muslimah bersemangat, bahwa muslimah bisa juga berprestasi di tingkat international tanpa harus meninggalkan atribut kemuslimahannya.

    Tidak ada maksud membuat kaum adam lari πŸ™‚ Kenapa mesti lari ? Lari darimana? πŸ™‚ Bagi saya, jika seorang muslim ingin berjalan bersama dengan seorang muslimah atau sebaliknya, terimalah dia apa adanya, termasuk segala kelebihan dan kekurangannya dan jangan jadikan itu jurang dalam mengarungi bahtera kehidupan. (wah kok jadi ngomong gini sih πŸ˜› emang apa hubungannya ya… lari mode ON)

  12. baca komen bu yuhana sebelumnya :
    >nDra
    Hendra, itu mbak iin bukannya jalan-jalan tapi jadi invited speaker di ICOS sebagai wakil dari Google(pemenang google summer code 2007) dan Joomla (developer joomla). Diam-diam dah main2 di tingkat international nih. Kalau Hendra pengen ikut tanya mbak iin tuh gimana caranya. Foto sama mbak iin khan sama aja :D. Salut to my sister, kejar terus ya mimpi-mimpi yang lain, jangan takut gagal lagi.

    oh begitu yah bu ceritanya… ntar klo ketemu boleh minta tanda tangan n fotonya yah mbak πŸ™‚ (jarang2 foto bareng orang terkenal).

    oh iya… sampe lupa janji ke mbak, oke deh… insyaAllah dalam minggu ini desain NTUST-ISA tak ubek2 πŸ˜€

  13. @ Bu Yuhana n Bu Iin

    Saya cuma mengkritisi pernyataan Bu Iin yang ingin melihatkan yang jelek2 saja. Namun, hal tersebut nanti berdampak menjadi pernyataan yang seolah-olah saya mendukung yang dimunculkan yang bagus-bagus saja.

    Jadinya, saya terpaksa mengambil contoh ekstrem kanan dan ekstrem kiri. Dan saya menyatakan posisi saya ada di tengah.

    Jika ada kesalahpahaman saya mohon maaf.

    • mas_arno
    • Januari 18th, 2008

    Assalamualaikum…..

    Gini ni aku seneng….. Kalo Lihat Iin rajin dan tulus njawabin unek2nya komentator itu aku seneeeng banget. Artinyak ada interaksi antara penulis dan yang ditulis, ini merupakan langkah awal untuk menuju keberhasilanmu Iin.

    Moga Allah mengabulkan……

  14. OLPC aja dech. Tahan banting πŸ™‚

  15. bagi saya laptop tuh penting banget apalagi yang mobilitasnya tinggi.

    • riza
    • Januari 19th, 2008

    Mbak, saya coba install ubuntu 7.10 di laptop saya kok gagal terus? Akhirnya mesti hang n di layar ga muncul apa2. Dishutdown juga ga bs, akhire ya baterainya dilepas. Suggest me please… thx b4

  16. Setuju sama mas kholimi. ibu iin menuliskan yang jelek-jelek yang sempat saya kira masalah tesis. itu udah bikin saya mundur lagi buat nerusin sekolah lagi. Nha, kalau nulis masalah summer code kan bikin semangat yang lain. adat ketimuran yang rendah hati patut dipegang, tapi kalau niatnya agar menyemangati orang lain, kenapa tidak?

    selamat bu iin, buat google summer code winning-nya dan joomla-nya. terus berkarya. πŸ™‚

    • Kiki Ahmadi
    • Januari 19th, 2008

    Bu iin!!!
    Say nemu fotonya bu iin sama Sam MOffats

    disini..
    http://opensourcecommunity.org/2007/11/10/
    joomla!-sam-moffatt-and-nur-aini-rakhmawati-icos-taiwan

    kapan ya saya bisa kayak ibu…

    *wondering*

  17. numpang lewat….. πŸ™‚
    pada ngobrol apakah?
    πŸ˜€
    wah….master programer semua neh
    salut deh
    oya just want to know
    gimana seh caranya bisa jadi kaya andaΒ² semwa??

  18. kyaa laptop kecilnya luthu amaat XD~

  19. jeng, liat2in laptop yang bagus dong.. kalo harga nya cocok dengan kantong, ntar kalo pulang kampung nitip bawain ya :d .. laptopku dah jadul banget nih.. hiks sering bikin jantungan kalo pas ngurusin server πŸ˜› tiba monitornya mati :((, dsb dsb..
    dari data di atas, di sini 4 jt, di taiwan cuman 2.800.000, lumayan selisih banyak kan ??

    iin : in bawa, tp pake ongkos membawanya yaaaaa ?

    • narakushutdown
    • Februari 7th, 2008

    wah mentang2 linuxer bonekanya pinguin semua….

  20. Assalamu’alaikum, ehmmmm blog orang pinter nih…alhamdulillah. Salam kenal aja ya…Wassalam

    iin : wa’alaikum salam, salam kenal juga

  21. Waahh.. salam kenal ya Mbak..
    Jarang-jarang nemu blog coder cewek yang jagoan kayak gini. Bisa saya jadikan role model buat siswa-siswi saya di RPL, biar semangat.

    Selain pujian, saya imbangi juga dengan kritikan, karena penggunaan istilahnya kurang presisi (mungkin ada juga di artikel lain) :
    Machintosh –>> seharusnya Macintosh
    per 2 per –>> seharusnya peer to peer atau p2p saja.

    tetap semangat !


    iin : terima kasih …
    salam kenal juga
    he he terima kasih atas koreksinya

  22. tambah lagi :
    Phyton –> seharusnya Python

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

