Summer of Code yang aneh


Pulaaang .. Mudik … ke Indonesia

Alhamdulillah bisa bertemu keluarga, tetangga, temen dll.

Puasa setahun tidak bertemu Bapak dan Ibu, terasa sekali.

Tapi bagaimana dengan GSoC-ku ?

Tidak bisa dibayangankan, dari taiwan yang bisa konek internet 24 jam

Gampang commit program,

Bagaimana di Indonesia ?

Pada awalnya saya mo berlangganan ISP tapi hanya 1 bulan di Indonesia. Akhirnya dah pakai dial-up aja. Lha kok ternyata modem laptop tidak dikenali di ubuntu😥 . Ya udah mrogramnya di Linux nanti commitnya di Windows XP. Eh tidak dikenali juga. Kemana nih CD bawaan Laptop ? Waduh setelah saya pergi koleksi CD saya tidak diketahui letaknya. Udah bongkar sana-sini tidak ketemu. Ya udah dech terpaksa ke Warnet. Kalau ke warnet berarti cara commitnya bagaimana ? Khan tidak ada SVN Client …. Hanya ada browser dan program chat doank😦

Ya udah skr ke Warnet. Naik sepeda motor. Loh iya SIM dah abis tahun ini😦 Telp Mas pumpung libur. Alhamdulillah Mas mo anterin ke warnet.

Saat di warnet saya menceritakan kalau tidak bisa commit program ke Mat (mentor) dan Wilco (leader). Akhirnya solusinya rada-rada aneh sich, kirim program via email. Nanti mereka yang akan melakukan commit untuk saya. Berarti saya harus mengoding di notebook terus melakukan export code dalam sebuah paket. Waaahh, easyecplisenya error😥 padahal waktu di Taiwan tidak masalah. Setiap kali menyimpan file keluar exception macem-macem. Ini nih pasti ada hubungannya sama internet. Diotak-atik akhirnya ketemu 🙂 Setting debug lewat browser dimatikan. Easyecpliseku jalan lagi.

Bagaimana hari-hari berikutnya ? Siapa yang bisa mengantar ke warnet. Naik angkot ? Hhhmm jalannya dari rumah jauh menuju angkot. Tapi dari angkot ke warnet 5 menitan. Akhirnya Mas Toni memberikan solusi, pinjem aja sepedanya selama di Indonesia. Ya udah terpaksa pakai sepeda pancal. Ini sepedanya :

Di tengah perjalanan pulang mengambil sepeda dari rumah Mas Toni, hujan deras. Padahal flu belum sembuh. Bapak sempet khawatir.

Bersepeda di Malang, bukanlah hal yang mudah.Jalannya naik dan turun. Menggos-menggos dech. Tapi lumayan daripada jalan kaki baru naik angkot. Irit dan sehat. Namun tidak ada trotoar khusus spt di taiwan, agak rawan …

Yang paling saya ingat adalah saat rantai sepeda lepas pas di tanjakan di siang hari saat matahari terik bersinar. Waduh, sedih rasanya dalam hati.

Betapa susahnya GSoC di Indonesia. Tidak sekedar masalah commit program namun jika ada error cuman bisa dicatat, terus menunggu jika sudah di warnet untuk digoogling. Atau terkadang terpaksa mencari ide sendiri tidak bergantung lagi dengan namanya internet.

Hanya satu kata SEMANGAT !!! Itu yang membuat saya bisa bertahan, meskipun mengalami EXTRAORDINARY SUMMER OF CODE. Alhamdulillah akhirnya selesai juga ngodingnya, sampai-sampai nge-blog begini.

  1. Angkot-nya line apa bu? GA? AG? Dulu punya kenangan manis dengan angkot Gadang-Arjosari ini🙂

    iin :bisa GA, AG, ADL, AJG , AT macem2
    kenangan apa ya

  2. easyecplise apa easyeclipse? kok terbaca agak aneh.

    ngomong-ngomong, akhirnya bisa ngerasain pake baju yang disetrika, dong… hihihi. inget posting Jangan bawa baju lusuh!

    iin : he he iya salah ketik

  3. Kenapa nggak ke kampus aja😛

    Goodluck GSoC nya!

    iin : ada lumpur lapindo

  4. wah ngajar nih di ITS..🙂

  5. malang ? termasuk daerah sejuk tu ya…?!

  6. Minjem HP 3G, pake telkomsel Flash, itu sih kalau di samperin sinyal 3G nya :p. Mahal banget sih, Rp. 10000 per jam :p. Tapi 1 Mbps booooo. :p ;)) he he he. Semangaaaat.

    Lha untungnya koq sepedaan di malang, lha misal di Basuki Rahmat Surabaya jam 12 tengg :))

    iin : trims Ronni, g punya HP 3G miskin nih

    • vita
    • Agustus 19th, 2007

    i’in mudik ya?? selamat mudik & tetap semangat ya!! kok g ke kampus ae??

    iin : lapindo lapindo😥

  7. 😀 Lucu, walaupun ga ngerti, tapi perjuangannya berdarah-darah *kata2nya didramatisir ya..*

    Biar ga cape2 bawa sepeda atau panas2 disiang bolong.. Mending nikah aja bu.. kan ada yang nganterin, atau kalo ga bisa nganterin minimal sepedanya suami ibu yang ngurusin…. 😀 gimana usulnya..?

    *kabuuuuuurrrr…………*
    Jangan marah ya…

    iin : owh, jd suami itu fungsinya jadi tukang ojek ?

  1. Agustus 17th, 2007

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s