Seputar NS2


Melihat banyaknya pertanyaan seputar NS2. Saya coba rangkum disini, mungkin ada yang membutuhkan.

Apakah yang harus diisi Phy/wirelessPhy dan apakah satuannya :

Ini saya ambilkan dari source code NS2 langsung :

double Pt_; // transmitted signal power (W)
double Pt_consume_; // power consumption for transmission (W)
double Pr_consume_; // power consumption for reception (W)
double P_idle_; // idle power consumption (W)
double last_send_time_; // the last time the node sends somthing.
double channel_idle_time_; // channel idle time.
double update_energy_time_; // the last time we update energy.
double freq_; // frequency
double lambda_; // wavelength (m)
double L_; // system loss factor
double RXThresh_; // receive power threshold (W)
double CSThresh_; // carrier sense threshold (W)
double CPThresh_; // capture threshold (db)

Cara menggunakan pada skrip TCL :

Phy/wirelessPhy set Pt_ 0.031622777

Nilai-nilai tersebut tergantung interface wireless / wired yang digunakan

Contoh skrip untuk ADSL

Bisa dilihat disini ns-allinone-2.30/ns-2.30/tcl/ex/wireless-scripts/mtp.tcl

Contoh skrip untuk VDSL

Maaf, belum menemukan šŸ™‚

Contoh skrip untuk RTP

Bisa dipelajari disini ns-allinone-2.30/ns-2.30/tcl/rtp

Maaf kalau kurang memuaskan, tidak semua hal yang berbau jaringan dalam NS2 saya pahami semua, Karena NS2 mempunyai wilayah jaringan yang sangat luas dengan aplikasi yang beragam.

Untuk bulan Juli ini saya menuliskan tutorial NS2 di Infolinux kembali dengan menekankan msalah trafik pada web. Mungkin lain waktu saya ingin menulis yang lain (bukan NS2)

  1. Iya, aku kemarin gak sengaja aku dah baca tulisan kamu In. Jadinya satu halaman. Tapi menurut ku tulisan kamu …..

  2. oooooooooo…..

    • andi nugroho
    • April 4th, 2008

    Maaf mbak,,(atau bu..)kalo ga salah ibu yang mentor wanita pertama di Google summer code 2008 itu kan yah??(Wah kereeeen..) šŸ™‚
    iin : bukan …

    Saya mau tanya (atau minta petunjuk) kalo saya mau buat multicast routing di jaringan Wireless dalam simulasi NS2 kira2 gimana ya bu??saya kebetulan lagi kerjain TA berkaitan dengan hal tersebut…mohon bimbingan…
    Andi nugroho–elektro ITS 2004..

    iin : sejauh mana anda mengenal ns2 , yang terpenting belajar tcl scriptnya dulu
    seprtinya dosen2 Elektro ITS lebih bagus ttg wireless

    • ozenk
    • Desember 5th, 2008

    kira kira untuk komunikasi ad hoc seperti Vehicular adhoc Network (VANET) lebih baik menggunakan NS2, VAnetMobisim, ataukah JIST/SWANS….
    kemaren udah nyoba install JIST/SWANS tapi ga bisa bisa…..

    iin : maaf belum pernah coba

    • Reza FM
    • Oktober 12th, 2009

    assalamu’alaikum mba nur aini,
    mhn maaf saya mo nanya seputar ns2. saya sedang melakukan running ns2 menggunakan um-olsr. ada beberapa modifikasi yg telah dibuat. yang membuat saya agak bingung(belum ktemu solusinya). kenapa dalam running scenario menggunakan xxx.tcl selalu ada error message “floating point exception”. saya menggunakan fedora 11 tapi anehnya ketika saya coba di komp yg lain gunakan ubuntu malah tidak ada mslh. apa mba nur aini tahu kira2 apa penyebabnya?
    syukron

  3. maaf bu, saya lagi butuh script file tcl untuk simulasi routing aodv pada jaringan vanet dalam NS2. terima kasih

    • yahya
    • Maret 21st, 2012

    maaf buk mau tanya..saya lagi ngerjain TA mash tntang ns2.. yang saya tanyakan kalo seuah routing yang dilewati banyak data,kemudian banyak paket yang drop, bagaimana caranya agar router yang dilewati itu di alih kan ke router yang lain.. agar tidak terjadi drop..

  4. ditunggu tutorialnya yg laen bu, trims

  1. Juni 30th, 2007

Tinggalkan Balasan

