Radio Streaming di Windows


Berhubung ada pertanyaan dari teman bagaimana cara membuat server radio streaming di windows. Saya mencoba menuliskannya disini. Maunya langsung jawab aja lewat email atau chat. Namun terpikir mungkin saja berguna untuk yang lain pake blog aja dech.

Download shoutcast dulu disini

Bagaimana instalasinya ? Cukup mudah tinggal next-next aja 😀

Sekarang tinggal konfigurasinya. Konfigurasi di linux dan di windows sama aja. File konfigurasinya biasanya di c:\Program Files\SHOUTcast\sc_serv.ini. Untuk panduannya baca blog saya yang terdahulu tentang konfigurasi sc_serv.conf.

Kalau sudah jalankan SC_SERV.EXE.
Sudah jadi dech servernya. Sekarang kita coba untuk menjadi DJ radionya. Antara DJ radio dan server tidak perlu menjadi satu. Sebaiknya Server radio mempunyai spesifikasi komputer lebih tinggi.

Silahkan download tutorial menjadi DJ radio cara-menjadi-dj-radio.pdf

  1. Pertamax!!!
    Windows dilawan.. next-next-next saja 😛

  2. Kok gak mainan Linux lagi In? Ngomong-ngomong kamu yang siaran juga? Mau dengerin dong 😉

    iin : tetep main Linux, tiap hari
    cuman ini temen nanya caranya di windows
    kita harus open mind 🙂

    kalau mo dengerin tiap jum’at dan Sabtu malam
    yang siaran bukan iin saja

  3. Untuk menjalankan “sc_serv.exe”, klik saja shortcut yang ada di Start-Programs.
    Kemudian setting “sc_serv.ini” bisa langsung dibuka melalui jendela aplikasi “sc_serv.exe” (SHOUTcast Server Monitor).


    😀

    • Adil Makmur
    • Mei 26th, 2007

    Wah, mbaknya pinter
    Jarang ada orang kaya mbak ini ^_^

    • sc
    • Mei 26th, 2007

    kalo untuk yang Linux gimana? soalnya kemarin teman saya seharian utak-atik Linux buat server radio streaming belum berhasil juga. ditunggu tutorialnya..

    iin : sebelum membuat windows saya malah buat untuk Linux –> https://ai23.wordpress.com/2006/11/29/masuk-radio-karena-gajah/

  4. Gak ngerti komputer, gak jadi kasih komentar…
    Kalau komputer rusak.. Biasanya saya betulin pakai Coklat – Kue bolu – Mild dan Secangkir Kopi.

    • adi
    • Mei 28th, 2007

    mbak boleh kan tau detail cara streaming radio heheh (^_^), tapi gak ada hubungan ama linux ya heheheh boleh ya bantuannya …………

    • ibnusina
    • Juni 2nd, 2007

    mbak…minta email yahoonya…pingin nanya neh.. thanks..add aq d ibnsina554@yahoo.com

  5. wah, makasiy tutorialnya insya Allah bmanfaat.. he.. mo blajar jadi DJ niyh ;P

  6. mbak kok ga jalan yah… Install server seh dah ok, tapi masih.
    tapi saat saya dah running SHOUTCast server, trus coba buka pake IE
    http://localhost:8000
    ada tulisan Server Status: Server is currently down.
    knapa ya??? trus hubungin antara DJ radio ma server nya gmn???
    need your tutor dong…
    please contact me @: ma2d_te@yahoo.com

    iin : liat tutorial bagaimana jd DJ radio –> https://ai23.files.wordpress.com/2007/05/cara-menjadi-dj-radio.pdf

  7. Kalau Untuk Upload ke webhosting bgmana ya mbak?Thanks

    iin : saya belum pernah coba

  8. mbak, kalo udah ada radionya gimana caranya di streaming-in?
    TQ ya….

  9. Makasih bos infonya udah tak coba dan hasilnya sukses

    • icha
    • Juni 16th, 2008

    waaa..keren banget de mbak ny…….

    bleh nanya g mbak??? boleh yach…

    jadi gini..q lagi pusing bkin TA..yach tentang audio streaming geto…

    ni data audio ny..di kirim dr PC (server Windows) ke handphone via GPRS…

    mw nanya..kira2 ad cara” jitu bkin server streaming yg handal g???

    tlong ya mbak!!!! pliz..pliz….

  10. tolong dong mbak yg lebih rinci untuk tutorialnya, kami radio Komunitas dakwah islam, pengen buat radio setreaming tapi masih kesulitan, lom tau caranya tolong di jelasin via ym dunx tolong di add ya suryafmpati@yahoo.co.id

  11. Asw, salam kenal mbak,
    thx info ttng radio nya..

  12. Dah oke semua, but kok lom bisa juga ya ???
    But, nice post ^_^

  13. nice blog .. aku seorang penyiar tertarik bikin radio streaming .. kalo boleh bisa chat via YM ya di satucinta_dini@yahoo.co.id .. makasih mbak ^^

  14. aku penyiar salah satu Radio FM di Bandung (Qyu FM), tp itu dulu, sekarang udah ga. Aku lagi pengen bikin radio streaming aja.
    mw nanya neh, aku dah nyoba pake:
    – shoutcast-dnas-1-9-8-windows
    – shoutcast-dsp-1-9-0-windows
    – winamp versi 5.5.6 full emusic 7
    Udah jalan sih, tapi aku pengen di plugin “shoutcast-dnas” kan ada address tuh, gimana caranya biar ga pake “localhost”…??? dan portnya di ganti???
    udah aku coba pake “public IP” aku, tapi ga bisa. Kebetulan aku pake Speedy paket family Unlimited.
    Ket. tmbahan:
    IP laptop-ku: 192.168.1.5
    IP modem-ku: 192.168.1.1
    IP public-ku: 125.166.191.208 (setiap mati’in/nyala’in modem slalu berubah)
    DNS-ku: 222.124.204.34

    Mohon bantuannya, kalo bisa add aja YM ku: andikdjblack@yahoo.com

  15. Oya, OS aku pake Windows XP sp3

  16. mbak, kalo misanya aku pake Windows 7 bisa ga mbak?
    Oya satu lagi (hihi…bawel bgt ya gw?) aku pengen pake linux Ubuntu 9.04 (desktop version amd64) settingannya sama ya?

  17. Assalamu’alaikum..
    Wah artikelnya bagus mba.. tapi aq ngga mudeng. Saya coba buat yang ini
    http://125.163.74.18
    http://125.163.74.18:80/listen.pls
    BELUM BERHASIL
    saya pake icecast, OS nya xp
    ip tersebut adalah ip dari speddy yang saya jadikan public via modem. untuk selanjutnya diarahkan ke IP local yang telah terpasang. Jika Berkenan saya juga pengin coba pake ubuntu dong (baru belajar pake ubuntu)
    Salam ukhuwah..

    • genkz_ron
    • Januari 6th, 2010

    kalo bwt icecast gmn?!!!

    • galang
    • April 13th, 2010

    mbk serverq dah jadi tp gmn cara mencobanya

    • Himawan
    • Juli 29th, 2010

    ok lah tutorialnya…tak coba e .hehehehe…makasih

    • ricky
    • Agustus 28th, 2010

    ini tuturial kurang komplit kok diposting. emangnya ndak butuh server setreaming? wah hebat banget bisa langsung jalan. wakkakakaka. ni aku punya trik free. berminat atau pengen punya radio setreaming free alias hosting rak mbayar hubungi aku di ym arus_mahnet@yahoo.co.id

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

