Takut kepada Guru


Hati anak perempuan kecil itu berdebar-debar. Ia menunggu sebuah pertanyaan yang harus dijawab.
“Bagaimana kalau aku tidak bisa menjawab ?” lirih hati kecilnya.

“Apakah guru harus ditakuti?”, seorang juri bertanya.
“Ehmmm ….”
Menghela nafas. Sejenak berpikir …

“Seorang guru tidak boleh ditakuti oleh muridnya. Sebagai murid kita harus segan kepada guru. Segan bukan berarti takut, segan berarti menghormati. Jika murid takut kepada guru, bagaimana mungkin murid bisa pintar. Karena setiap kali bertanya pikiran dan hati kita penuh ketakutan.”
Anak perempuan kelas 4 SD itu telah menjawabnya dengan perasaan lega.

A story to remember
Terima kasih kepada Pak Kardi, seorang guru SD yang telah membuat anak kecil menemukan kepercayaan dirinya di saat anak kecil tsb merasa minder di antara teman-temannya dan merasa tidak memiliki apa-apa.

  1. Dan anak kecil itu tidak tahu bahwa kepercayaan diri itu merupakan awal baginya untuk menuju hari esok yang cerah dimana kepandaiannya telah menjadikan lentera bagi setiap orang di sekitarnya.

    (pertamax lagi😀 )

    iin : smg … amiiin

  2. Sayang-nya masih ada saja guru SD yang kurang bisa menjadi guru di depan siswa-nya, mereka kadang sering menganggap remeh diri anak. Coba sewaktu Kita di SD berapa banyak guru yang seperti pak Kardi itu?🙂

    iin : smg Pak Urip spt itu ….

    • Biho
    • Maret 22nd, 2007

    takut di depan, malahan biasanya melecehkan di belakang🙂

  3. ho oh…
    dosen juga … kadangkala menakutkan… pas sidang tugas akhir jadi tegang n ga karuan gara2 dosennya ga kooperatip …

    jangan2 dosen satu ini juga gitu nih😛


    iin : ah masa sich …
    sapa yang bilang ?

  4. Guru Inggris SMA-ku sepertinya nggak minta untuk disegani. Beliau lebih suka kalau beliau ditakuti:mrgreen: Nggak tahu juga kenapa. Soalnya setiap kesalahan pasti mendapat hukuman yang menurutku kejam. e.g. Nggak pernah dianggap ada di dalam kelas!

    iin : pernah dihukum tdk ?

  5. Tp skr banyak kasus guru menganiaya muridnya. Klo gitu mana bisa disegani? Mau melapor takut ancaman gurunya, ga lapor mereka sering dianiaya. Duh kasian murid2nya… Kalo daftar jd guru, ada tes psikolog ga ya??

    iin : gak tahu juga

  6. gurupun bisa macam-macam karakter, bagaimana kalo gurunya dah serem, kumisan tebel dan nggak pernah senyum, walah..! murud jadi males, mending giem daripada nanya.

  7. biasanya kalo guru killer lagi sakit, murid2 bilang.. alhamdulillah

  8. dan ga jarang didikan guru yang salah bisa terbawa pada perkembangan psikologi anak.

    • madsyair
    • Maret 24th, 2007

    Tengkiu mbak iin. Dah kasih komen di blogq. Anda yang pertama. Dikasih komentar kok rasanya seneng banget. Duniaaa. Dunia…

    • eid
    • Maret 25th, 2007

    jd perlu ditanamkan pemahaman dari awal sekolah, beda Segan dgn Takut (krn anak kecil baru kenal rasa takut)…sudah dijalankan blm ya????

  9. Tetapi ironisnya banyak guru yang sepertinya ingin menjadi guru yang ditakuti…
    Banyak perilaku guru yang lebih mengundang rasa takut siswa daripada rasa sungkan dan simpati…
    Apalagi yang dulunya dikenal dengan guru BK atau BP …wuih…galak sekali tuch

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s