Ayam Bumbu Ma Laoshi


Setelah beberapakali membuat tutorial IT, sekali-sekali saya membuat tutorial tentang memasak 😳 Beberapa waktu lalu saat luburan IMLEK saya dan Mbak Erna diminta oleh Ma Laoshi (seorang nenek Taiwan muslim yang baik hati) memasak masakan Indonesia. Untuk cerita lengkapnya dapat dibaca di blog Mbak Erna. Disini saya hanya memberikan resepnya ajah. Oh iya rencananya kita mau membuat ayam bumbu bali, tapi tidak ada lengkuas dan uleg-uleg, blender pun gak ada. Terpaksa kita menciptakan masakan sendiri dengan bumbu2 yang terdapat di rumah Ma Laoshi.

Bahan :
8 siung Bawang Merah
8 siung Bawang Putih
1 buah tomat merah besar
6 buah cabe besar merah (buang isinya jika tidak suka pedas)
Kecap Manis
Garam
8 potong bagian ayam

Cara membuat :

  1. potong-potong bawang merah dan bawang putih (jangan halus-halus), satu sing dipotong 4 bagian aja. Tomat juga dipotong menjadi 6 bagian. Cabe merah dipotong juga.
  2. Tumis no 1 dengan sedikit minyak
  3. Semua bahan no 2 ditumbuk dengan tumbukan herbal(jamu) sampai agak halus. Kalau bisa yang ditumbuk dulu adalah cabe beri sedikit garam supaya cepat halus.
  4. Ayam direbus setelah itu baru digoreng setengah matang
  5. Bahan-bahan no 3 yang telah dihaluskan diitumis lagi kemudian masukkan ayam dan kecap
  6. Cicipi kurang garam atau kurang manis 😀 . Tambahkan garam dan kecap seperlunya ….

Oh iya saat itu kita membuat 4 macam masakan Indonesia yaitu rawon, opor, tumis kangkung dan ayam bumbu. Rawon dan tumis kita memakai bumbu instant karena susah cari bumbu Indonesia di Taiwan. Yang asli racikan kita sendiri adalah tumis kangkung dan ayam bumbu. Diantara keempat masakan tersebut ternyata Ma Laoshi menyukai ayam bumbu katanya bumbunya kerasa banget. Padahal dalam hati kita ini masakan yang paling tidak jadi dibandingkan ketiganya. Yang membuat kami kaget, Ma Laoshi meminta kami datang lagi untuk mengajarkan cara membuat ayam bumbu.

  1. Mungkin lidahnya orang Taiwan sama lidahnya orang Indo agak beda dalam merasakan masakan… 🙂

    iin : bs dibilang makanan sini kurang berbumbu

  2. hahaha.
    eh linknya bukan ke blog yg di wp tuh, melainkan yg di fs…

    iin : link yang kedua khan ke FS 😛

  3. seumpama di TC ada lomba masak gitu sepakat gak mbak??

    iin : sepakat banget …. 😀
    dunia ini tidak hanya IT doank

    • eid
    • Maret 4th, 2007

    Wah kalo dijepang sy tahu/nemu ada yang masak enak bgetu….dan Halal….
    nikmat bgt yach ???? Tulisan Bumbunya aja pkai kanji smuaa 😦

    • rully_fs
    • April 28th, 2007

    yang penting pu yao cung ro…hehehe

    iin : dui …

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s