Tutorial CMS Joomla


Pada tulisan sebelumnya saya menulis tentang tutorial mambo. Sekarang saya membuat sedikit tutorial untuk pemula dalam membuat web secara cepat dengan menggunakan JOOMLA. Anda dapat menggandakan untuk hal apapun. Saran dan kritik bisa disampaikan lewat blog ini. Semoga berguna
Silahkan download disini joomla

!!! Untuk pengguna WINDOWS anda bisa baca https://ai23.wordpress.com/2007/12/01/instalasi-web-server/, disana ada cara bagaimana membuat web server di Windows.

    • ryan_oke
    • Februari 25th, 2007

    Weleh… warna dasarnya pinky! :”>

  1. waduh, sudah ditulis duluan sama bu dosen, kalah cepat saya… hehehe

    iin : berlomba dalam kebaikan he he

  2. Hmm.. tutorial yang sangat… Bu Yuhana😛 Anyway, apa beda Joomla dengan Mambo, ibu I’in yang baik?

    iin : apa hubungannya dengan Bu Yuhana ?
    beda mambo dan joomla ?
    sekilas tidak jauh berbeda
    coba cek ini : http://www.joomla.org/index.php?Itemid=44&option=com_faq&catid=7

    • Biho
    • Februari 26th, 2007

    Makasih Bu Dosen🙂

    iin : sama2

  3. Hubungannya… tutorial dengan model seperti ini (full of screenshot with text-arrowed-description) dikenalkan pertama kali kepada saya oleh Bu Yuhana. Beliau mengajarkan untuk membuat tutorial sejelas mungkin, bila perlu rekaman video dari desktop yang menjelaskan langkah-langkah dalam tutorial. Beliau mengajarkannya sewaktu saya KP. Demikian, Ibu Aini🙂

  4. Nah, kalo udah ada WordPress, kenapa juga nyari yang laen😀

    iin : wordpress komponennya tidak selengkap joomla

  5. Ayo joomla kan 1 + 1 = berapa? 🙂 makasih yah.

  6. walah filenya kok error yah kalau dibuka pakai acrobat.

    iin : coba sekali lagi pak maaf

    • Biho
    • Februari 27th, 2007

    saya juga mengalamai hal yang sama Pak Helgeduelbek🙂
    kenafa tuh Bu dosen?

    iin : saya dah coba upload baru.
    trimakasih pemberitahuannya

  7. blum tertarik make joomla

  8. Tutorial-nya menarik, sangat membantu! Saya sekarang lagi disuruh sama pak dosen buat bikin portal pake Joomla di kuliah Knowledge Management di semester ini. Joomla is open source and really a good CMS tools. Thanks a lot

  9. kalo ndak salah, joomla tuh generasi lanjut dari mambo ya?
    kalo buat wordpress sepertinya juga lagi berkembang, komponen2 nya juga mulai banyak….

    wah, tutorialnya yang pdf gak bisa di bukakkk

    • KM
    • Februari 28th, 2007

    Weh… komputere rile bermasalah iku😛 Nang kene iso ki he..he..he..

  10. barusan tak download lagi, tetep error… gak bisa Boss

    • ryan_oke
    • Maret 2nd, 2007

    File yang pertama di-upload bisa kubuka lho. Awalnya file yang kuperoleh corrupt karena koneksi di sini saat itu sungguh payah. Memang ada pesan bahwa download selesai, padahal sebenarnya belum. Kemudian kucoba download ulang. Ternyata memang download yang pertama belum selesai (kubandingkan ukuran file-nya).

    Setelah mbak in upload lagi, sepertinya file yang sekarang memang corrupt di sananya.

  11. tuh khann!! sempet kaget, email ku di yahoo salah satunya ryan10_oke….🙂

    • taschan
    • Maret 8th, 2007

    mbak iin, salam kenal. saya masih sangat pemula masalah joomla (belum paham malah).

    untuk mengaplikasikan joomla, apakah kita harus punya domain sendiri dan sewa hosting? ada tidak ya yang menyediakan tempat gratis untuk belajar joomla tersebut. maksud saya tempat hosting gratis gitu lho🙂 *maaf, pertanyaannya basic banget* mohon dibantu ya. terima kasih.

    iin : buat belajar pake aja komputer anda sendiri
    install apache dan Mysql
    coba buka pdf saya
    kalau mo hosting biar bs diakses org lain yang gratis disini byethost18.com

  12. hay, q aldy ,saya pengen supaya bisa mengerti atau bisa ngedit tentang tcl/script pada eggdrop,gitu aja maksh bye bye

  13. Tengkiu banget nih….. jarang-jarang bersedia bikin tutorial dalam bahasa indonesia tentang joomla, suwer aku dah cari…

    Thank’s banget. moga dibalas dengan kebaikan.

  14. Assalamu’alaikum
    kyknya filenya damage. Saya download pake download manager.. pas 77% gak mo jalan lagi..

  15. upss.. sori ternyata bisa

    • bulal
    • Maret 20th, 2007

    halo pa khabar? i mau nanya tampilan blog ini pake program apa sih?
    btw thax…

    iin : pake wordpress

    • sigit
    • Maret 23rd, 2007

    Bu, aq kok blm bisa buka ya?
    gimana dong plis deh..

    iin : donwload ulang ….

    • oedin
    • April 5th, 2007

    assalaamu ‘alaikum ..

    halah, …. file-nya errorejing euy … ! corrupt and can’t be repaired ..

    di open aza gax bisa, .. g’mandang bu .. ?

    thanks,
    wassalaam …

    iin : bandwitdh situ yg bermasalah
    ulang lagi dech
    filenya 1,7 MB

  16. met kenal

    test test http://bimoseptyop.blogspot.com

    • dicky2007
    • April 15th, 2007

    Alhamdulillah.. ketemu jg tutorial mambonya..
    hatur nuhun ya bu
    Salam kenal -DIKI (Bogor)-

    • dicky2007
    • April 15th, 2007

    Assalamualaikum..
    Salam Kenal –> Thanks untuk file2nya.
    Diki (Bogor)

    • Yani
    • April 16th, 2007

    assalamu’alaykum wr wb

    ibu yang baik….sekarang ini saya sedang belajar joomla
    mohon bantuannya kalo nanti banyak pertanyaan…
    ato id ym mungkin?? biar bisa diskusi langsung [^_^]v
    af1 kalo jadi merepotkan

    wassalam

    iin : wa’alaikum salam
    untuk saat ini silahkan baca2 tutorial yang ada
    bbrp sudah mengirim kesaya via email
    minta bimbingan pembuatan web ini
    maaf,kebetulan untuk saat ini saya masih belum ada waktu

  17. aaah jadi kangen sama bu iin. aku lagi blajar joomla meski webnya dah mengudara tapi ada yang sedikit sulit. menjadi admin/penulis/servernya site juga ternyata cukup mudah mengelolanya. http://www.buntetpesantren.com websosial buat pesantrenku. kesulitanya dari dulu bagaimana ketika mau membuat modul-modul yang bisa ditampilkan di front page seperti sufinews.com atau gusmus.net waah keblinger aku membuat modul di tengah-tengah. kalau modul di pinggir sih dah bisa. tampilan webnya pun masih seperti blog saja… tulisan terus2an mengalir yang lama melingsep…

    waah sayang yaa ibu ga ada waktu… ada saran lagi bu…?

    matur nuwun bu iin-dah

    iin : insya Allah kalau sempat saya buatkan tutorialnya
    tunggu aja ya
    sabar lagi ujian dan riset 😥

  18. Saya rasa, antara Joomla n WordPress sama² dahsyat ah … sama² full cutomize, tapi ya berpulang lagi untuk apa digunakan. contoh, kayaknya terlalu dahsyat untuk personal web make joomla, juga sebaliknya… terlalu dangkal bila web perusahaan yang besar hanya menggunakan wordpress untuk sebagai media promonya.

    **cuma pendapat aja lho**🙂

  19. Btw, salam kenal yah mba ..🙂

    • kolenx
    • Mei 25th, 2007

    maaf nihh saya dah coba ber kali2 bwat donlot tutorial joomla kok g bsa ya??? tolong kirimin doong ke emaill saya pliss

    iin : coba kesini aja http://oc.its.ac.id/detilmateri.php?idp=98

    • Kang Prie
    • Juni 7th, 2007

    Ass. wr.wb.

    numpang download ya mbak iin, penasaran pengin belajar joomla nech.

    o iya.. aku coba sampe beberapa kali download yg di https://ai23.files.wordpress.com/2007/02/joomla.pdf gagal mulu.. tapi begitu dapet alamat yang di http://oc.its.ac.id/detilmateri.php?idp=98 ternyata lebih cepet dapetnya…
    Yang modul taruh disitu juga donk mbak.. (maklum inet luelet bener nech….)

    Sekali lagi terima kasih mbak.

    wass. wr.wb.

    Kang Prie

  20. puntennn….. tok tok tok
    asslamualikum
    tutorialnya kurang kumplit (maaf aku masih pemula)
    jangan jawabanya $$%*%^$%%# ” di joomla.org atau .com ”
    di sidebar-nya pake kategori dong biar gak bingung
    HIDUP ISLAM , Hidup PERSIB, hidup Indonesia

    iin : mungkin lain kali ya🙂

    • Irma
    • Juli 3rd, 2007

    Bu Iin,

    makasih tutorial joomla-nya, saya pake windows nih dan saya mendapat masalah untuk penginstalannya:

    Kalo linux kan :
    ekstrak paket Joomla pada direktori
    /var/www

    nah kalo windows gimana ya Bu?
    Makasih banyak atas bantuannya

    • Irma
    • Juli 3rd, 2007

    O iya, numpang tanya lagi, kan saya nginstal Joomla_1.0.12-Stable-Full_Package tapi kok di dalam .zip nya ga ada .exe ya?

    Trs jadinya saya bingung mau ngeklik apaan, ngeklik instal.php juga ga terjadi apa2 (mungkin salah letak?)

    Makasih banyak ya bu🙂

  21. buat bu Irma, memang gak ada .exe nya, jadi yg dimaksud dengan di instal itu, folder .zipnya diekstrak dan diletakan di server kita. nah kalo udah seperti itu, ketika kita buka alamat webnya nanti proses instalasinya baru dimulai…
    tinggal ikuti perintahnya, gampang kok..

    • Dee
    • Juli 4th, 2007

    Barusan download, dibuka dan dibaca. Belum mudeng. Coba deh nanti baca lagi. Thanks a lot, jazakillah…
    BTW, aku muncul lagi di http://nudee.wordpress.com

    • Nurhadi
    • September 7th, 2007

    Terima Kasih Tutorialnya Bu IIN, saya baru kenal joomla Bulan Agustus kemaren(ketinggalan kereta nih), alhamdulilah, dikit dikit dah ngerti, dah coba tapi baru di localhost. Saya lagi cari componen untuk bikin quiz pilihan ganda, dimana kira 2 saya bisa downlotnya ya?(kalau bisa sih yang gratisan, habis udah searching gak ketemu ketemu, yang ada versi komersilnya). Buat temen2 yang lain mohon pencerahannya, Terima Kasih.

    iin : ini bisa dicoba http://extensions.joomla.org/component/option,com_mtree/task,viewlink/link_id,1467/Itemid,35/

    • Taufik
    • September 19th, 2007

    Bu,mau nanya,gimana caranya memasang banner baik itu berupa image ataupun berupa flash,karena saya pernah nyoba dan si bannernya gak nutup banner template tetapi malah berdampingan.Bagaimana solusinya?ditunggu jawabannya.
    Terima Kasih

    iin : semua itu tergantung bagaimana template Joomla yang anda buat

    • aris raharsono
    • Oktober 3rd, 2007

    trima kasih , karena kebetulan saya sedang membutuhkannya tapi mungkin dicoba di windows juga dong .

    iin : silahkan bs diliat di bagian mambo

  22. pak, makasi banget ni tutorialnya, bermanfaat banget, makasiiih ya pak..😀

  23. terima kasih ya bu untuk tutorialnya

    • novie
    • Oktober 16th, 2007

    Bu ..mau nanya saya sedang belajar joomla,,setelah saya download joomla 1.0.13 di ekstrak tapi tidak ada file .exe gmn dunk..cara pakenya. trus saya bacadi atas katanya di ekstrak di taro dmn ya Bu???
    apakah di file htdocs dan dipanggil secara biasa….
    mohon bantuannya….
    saya baca tutor tapi tentang linux, BU klo di windows kaya gmn??
    maaf pertanyaannya basic bgt…klo boleh dikirim aja ke email sya eskha9rl@gmail.com……makasih Bu

    • novie
    • Oktober 16th, 2007

    Bu..mohon bantuannya…
    urgent…

    iin : baca lg bagian atas

    • novie
    • Oktober 16th, 2007

    buat bu Irma, memang gak ada .exe nya, jadi yg dimaksud dengan di instal itu, folder .zipnya diekstrak dan diletakan di server kita. nah kalo udah seperti itu, ketika kita buka alamat webnya nanti proses instalasinya baru dimulai…

    bwat mas dkmfahutan…mas saya sudah coba masukin ke htdocs…terus saya saya buka alamatnya,,,malah muncul freee download manager is not install…
    gmn dunk????

    Thx

    • lastkiss
    • Oktober 17th, 2007

    Ass…

    Bu saya mau tanya, waktu saya hapus folder tempat saya meng-ekstrak jommla
    di htdocs, joomla tidak dapat di jalankan. Apa pengaruhnya bisa folder tersebut tidak di hapus!!

    Mohon bantuannya kepada yg lainnya juga.

    terima kasih

  24. Assalammu’alaykum
    salam kenal joomlaer ….
    ngumpul di http://www.id-joomla.com yuk….

    barakallahu fikkum
    Wassalammu’alaykum

  25. Assalamualaikum bu dosen,saya tertarik ni dg materi tutorial jomla krn sekarang sy lagi belajar mo buat website e-commerce, nah pas sy nemuin tutorial anda saya seneng sekali tp sayang disayang ternyata harapan saya utk bisa tau gmn sih jomla dg mendonlod ehhh..dah aku coba 2x ga bisa dibuka,napa ya…???mohon diupload lg kali ya bu.makasih..

  26. Maaf, informasi tambahan. Bagi rekan-rekan yang ingin mempelajari Joomla Programming dapat melihat di blog saya .

    Demikian, semoga bermanfaat.

    Wiwit

  27. Ass. wr. wb.

    Waouw…
    waouw…
    waouw…
    Keren..!! Keren..!! Keren..!! Abis…!!

    Anak-anak saya di sekolah pasti SENENG BGT dikasih print out-an karya “mbak” ini. Matur kesuwuuuun…. banget!

    Saya belajar, anak-anak saya pintar… gitu khan mbak..?

    • adang
    • November 18th, 2007

    Mbak IIn koq setelah foldernya dihapus di tempat mengekstrak ko.. malah ilang ??? aduhh stresss ..ada yg bisa bantu plss

    iin : yang dihapus folder “INSTALLATION” aja

    • adang
    • November 19th, 2007

    Tx Mbak

  28. mau numpang lewat sambil cari informasi eh ketemu
    makasih yaaaaaaaaaaa

  29. THANK… SAYA BARU MAU BELAJAR NIH.

    • endopicky
    • April 22nd, 2008

    terima kasih banyak buat tulisannya, semoga ini bisa membantu saya, soalna baru mempelajari joomla

    Oia, boleh y saya link blognya..Terima kasih

  30. diliat dr archive ni artikel lama..tp gpp pengan nanya n masukan

    di pdf nya ga ada bahasan baner nya neh?
    ato emang disengaja??

    thx

  31. hebat… anak ITS.. di Taiwan—- S2…..
    balik ke Indonesia langsung tancap gas ya..
    membangun Indonesia..

    wassalam
    http://www.kebangkitan.com

  32. Bagi yang mau coba Joomla silahkan dicoba klik disini

    Ya untuk pemula dicoba pakai yang gratisan aja dulu setelah mahir baru beli domain. di http://www.000webhost.com ada fantastico auto instaler untuk WordPress, joomla, coupermine dan masih banyak lagi tinggal klik dan pake suka-suka semuanya GRATIS

  33. thank you tutornya mbak…

    tapi koq pinky banget ya..???

    hehe

    • harrxyz
    • Juli 29th, 2008

    terima kasih
    udah download banyak
    tinggal baca nya
    aja!!!!!

  34. mba mao tanya neh…klo mao upload web yang dah jd gmn cranya btuh HTML ga seh..trus klo btuh,cranya gmn mba..maklum amatir…

    • deny
    • Agustus 1st, 2008

    gmn tuh mba..plizzz btuh beud neh….

  35. ah ini dia blog tempat dulu saya belajar joomla pertama kali😀

  36. Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Perkenalkan saya staf admin kemahasiswaan ITS, saya tau joomla dari oc its, trus liat-liat tuto joomla, nah dari sana saya ingin ganti site kemahasiswaan dgn joomla yg sebelumnya pake aura. Nah ntar kalo udah pulang saya bisa konsul yaaa bu aini.
    salam

  37. mas aada panduan buat joombla yang 1,5 ga

  38. thanks untuk tutorialnya.

  39. Contoh website pribadi dengan joomla : klik link webku🙂

  40. Beda jauhh… antara bikin web di komputer pribadi dengan yang hosting di server, misalnya pengaturan folder/file permission, kecepatan upload pas install module or komponen, dll. Kalo mau belajar coba deh hosting beneran, tantangannya banyak

  41. Untuk Toko online component yang bagus apa yach..makasih?

  42. Aku dah nyobain tapi agak berat bukanya. Apalagi warnet di tempatku lelet banget.
    Cape deh…

    ebook.belonjo.com

  43. Assalamu’alaikum.
    Mbak.. Sya dah instalasi XAMPP n Joomla 1.5, stelah selesai dan saya masuk admin ko muncul Error loading feed data.
    Trus saya mau edit themesnya juga bingung (maklum awam script)
    Tolong tutorialnya yang lengkap dari no; pe 10 dst
    Makasih sebelumnya.
    Wassalam

    • zakie
    • Desember 23rd, 2008

    assalamualaikum wr.wb
    mbak, saya minta tlong nich, kmren saya coba joomla 1.5.8,
    saat masuk ke admin keluar peringatan error loading feed data.
    trus masuk ke index.php/hal utama kok ga bisa padahal waktu instalasi sukses
    terima sih yaaa…
    wassalamu alaikum wr wb..

    iin : bingung juga kalo g liat sendiri, install ulang lagi ajah

    • ngadi
    • Januari 3rd, 2009

    assalammualaikum..wr..wb.. Mbak iin

    Thanks tutorilnya dan sudah saya baca, dan instalasi semua udah bisa. tapi masih banyak yang saya bingung. kalau bisa buk iin ditambahin lagi dong tutorialnya . cara pembuatan web daro 0% s/d 100%. maklum ya buk iin. ini permintaan seorang newbie

    Thanks
    Ngadi

    • GAberes
    • Januari 14th, 2009

    ah dasar cumi.. kaya gini doang diposting luh… sekali2 belajar nulis sendiri chui

    • akhmad
    • Januari 23rd, 2009

    tutorialnya untuk ubuntu ya. kalau untuk window gimana bu

  44. Terima kasih tutorialnya….

    Alangkah baiknya ibu dosen menysusun tutroial untuk materi ” Membangun website sekolah dengan joomla..”. kayaknya banyak yang membutuhkan tuh bu… terutama para praktisi pendidikan di daerah…

    Matur nuwun..
    Salam

  45. bagus……….

  46. Saya sedang belajar membuat blog dengan wordpress dan berharap bisa membuat web dengan menggunakan JOOMLA, mohon bantuannya ya…

    • ghprod
    • Maret 11th, 2009

    alhamduliah …. makasih banyak ukhti ….

    hebat euy .. salut!!!!!!

    salam ….

  47. Makasih ijin download

  48. ass wr wb…mau tanya neh mba, kalo shoutmix untuk joomla dimana adanya ya…mungkin mba punya shoutmix untuk joomla..kirim kirim dong….
    kirim dong ke alamat ini: muhammad.ikbal84@gmail.com

    • by
    • April 7th, 2009

    thanks yaw mbak bwt infonya.
    lagi kp neeh, jdi butuh banget
    =p

    • singka
    • Mei 1st, 2009

    thanks a lot, tambah lagi dong tutorial joomla-nya, karena aku masih pemula nih…

  49. Maaf mbak nanya nih…. kalo mo hosting pakai apa ya? ada tidak tutorial untuk transfer file tsb dan dimana ya?……trims pencerahannya

    • Mas Okie, silakan buka siniaje.com maka disana tedpt cara hosting bahkan hosting dan domain dengan harga termurah di Indonesia selama bulan Ramadhan

  50. udah dengar ngak, kalau langguage pack Bahasa Indonesia versiBeta udah ada. tuh Om Sikumbang ama groupnya lagi berusaha keras, agar di joomla 1.6 ada bahasa indonesianya.

  51. Mbak iin, saya adalah seorang user joomla pemula. Melihat tutor mbak saya masih bingung. Bisa di detailkan lagi nggak? ini saya dapat tugas buat web dengan joomla 1.5. Saya sangat bingung mbak. Bisa minta dibantu????

    • muyrrrrrr
    • Oktober 7th, 2009

    assalamu’alaikum

    mba iin..saya mw nanya soal Joomla,klo cara ngelink database ke Joomla gimana carana?
    saya harap segera dibales,soalna sekarang saya lagi ada proyek buat bikin Sistem.

    Hatur nuhun // Terima kasih

  52. emboh.. gag ero..
    joombla ?? upu ??
    wkwkwkwkwkw

  53. aku lge joomla..

  54. aku baru belajar ngeblog tapi gak bisa ngedit,
    guruku cuman lembaran koran komputek
    T_T
    ada yang nyaranin pake joomla, tp blom bisa make juga.
    tutoorial yang buat windows ada gak?
    trus tolong pake bahasa pemula
    ^_^
    masih banyak juga lo orang pinggiran yang blom ngerti gituan

    • Ilham
    • Januari 4th, 2010

    Untuk yang belajar Joomla di hosting dan domain gratis, lihat tutorial joomla di http://www.pckuonline.co.cc, bagus mulai install di localhost sampai onlinennya ada caranya.

    • abughalib
    • Januari 4th, 2010

    kok ga bisa donlot ya bu? kenapa ya?
    salam kenal aja deh, kunjungan pertamax
    kebetulan saya suka sekali dengan klaten, sudah sering ke sana juga…

  55. Joomla dan wordpress jelas jauh berbeda donk. WordPress lebih untuk blog, sedangkan joomla lebih mendekati sebuah web. meski sama-sama CMS.

    • Tak sedot dulu ya bos artikelnya.
      bener kata mas areep.
      wordpress —> blogtool
      joomla —> CMS
      salah satu perbedaan yang mungkin terlihat jelas adalah pada widget/module. dan masih banyak hal yang membedakan. klo saya sendiri lebih tertarik ke joomla.

      • subs
      • Juni 5th, 2010

      hihihi,,,yanga benar ajha mbaak,,hi

  56. lagi googling tentang tutorial joomla nih. Biar bisa dapet ilmunya. hehe. Karena saya juga mempunyai blog yang berisi tentang tutorial joomla dan triks joomla. Jadi, mencari teman untuk bertukar pikiran mengenai Joomla. Visit my blog juga ya bu di http://pelajaran-joomla.blogspot.com

    makasih Salam Sukses ^^

    • subs
    • Juni 5th, 2010

    Hmms malam,,saya mau nanya nieh mbak ,,,,
    sayya kand udah hosting jomla dari lokal ke web a hosting,,nah terus sekrang saya itu mau nambah komponen ke webnya joomla yang udah saya hosting tadi itu,,otomatis harus uplaod lagi..
    webnya itu udah di tempat hosting,,udah bisa,,tapi saya mau nambah komponen..mau saya uplaod komponent baru,,mau a saya uplaod seperti J.Coment atau lain lainnya,,,
    itu gmn caranya ya mbk…
    makasih ya mbak,,,di link ke http://safan.wordpress.com/ atau gmn lhah,,thanks ya mbak,,,,ada teman teman yag tau kasih berbagi buat saya juga ya,,hihisk,,thanks all

  57. terima kasih teh tutorialnya…
    sekarang baru ada minat belajar joomla, keasyikan belajar wordpress sama drupal jadi gak inget2 sama joomla….

    • devika
    • September 21st, 2010

    kalo template wordpress yang seperti ini alamatnya apa bu

  58. Kalo template yang seperti ini alamatnya apa

  59. Do you have any suggestions?

    • adnan siadari
    • Desember 9th, 2010

    bagaimana caranya buat contact facebook di web kita?
    tlong di jawab y?
    klo bisa lngsung ke email saya aja…
    hehehehehhe
    Plisss
    ok

  60. Trims mba nur atas tutorialnya
    ingat banget beberapa th yang lalu, saya belajar pertama kali ttg Joomla dari tutorial yang sy download di sini,
    sekarang ganti saya sekarang udah buat tutorial joomla dalam 3 bahasa : english, Indonesia, Basa Jawa
    buat rekan2 pemula
    silahkan kunjungan balik
    Logam Yasa Tutorials

  61. gmn mbuat slide show tulisan berjalan/newsflash??
    ( seperti berita di TV)trimakasih…sebelumnya

  62. bgmn mbuat newsflash berjalan ( tulisan berjalan pd web)..tqb4

    • Amrie
    • Oktober 11th, 2011
    • Amrie
    • Oktober 11th, 2011
  63. Amazing issues here. I am very satisfied to look your article.
    Thank you so much and I’m looking ahead to contact you. Will you please drop me a mail?

  64. But the work doesn’t stop there, without proper marketing, this website
    may never be visited by the potential customers.
    They will meticulously work on your movement to ease
    key performance indicators such as the keywords
    optimized, hits to conversions, rates and bounces
    and establish what works best for your site and what requirements to be
    polished. Search engines consider the relevance of your landing page to your website theme as very crucial.

  1. Mei 2nd, 2007

Tinggalkan Balasan

