Apakah yang mereka tahu tentang Islam ?


“Apakah agamamu ?”
“Islam”
“Wah selamat kamu bisa menikah 4 wanita!”
Begitula isi percakapan seorang teman saya dengan professornya.

Lain lagi yang sering saya alami terutama di lingkungan Universitas. Ketika mereka bertemu saya, mereka bertanya darimana asal saya. Banyak dari mereka yang mengira saya orang arab atau orang India dengan alasan yang hampir sama yaitu pakaian saya.

Biasanya setelah tahu asal dan agama saya, mereka akan bicara seperti ini.

“Oh, tidak boleh makan babi ya” (Ini yang paling sering sampai bosan)
“Tidak boleh mabuk” (Ini beberapa kali)
“Agama teroris” (Ini yang paling saya tidak suka,kalau tidak salah baru 2 orang yang bicara)

Ternyata hanya sedikit yang mereka tahu tentang Islam. Kalaupun ada materi tentang agama-agama di dunia yang pasti porsinya sedikit sekali. Yang paling parah di salah satu buku pelajaran dikatakan Tuhan umat Islam adalah Muhammad. Hal tersebut telah diprotes oleh pengurus masjid besar Taipei. Semoga segera terselesaikan.
Sebenarnya dengan adanya arus para tenaga kerja Indonesia ke Taiwan diharapkan dapat memberikan gambaran seorang muslim sebenarnya. Ya begitulah ternyata kurang dapat diharapkan. Apalagi lingkungan kerja mereka juga tidak mengijinkan mereka untuk memperlihat identitas Islam dan beribadah.

powered by performancing firefox

  1. Wah, masak nggak bisa mbedain dan dikira orang arab? wajah tipe begini kan sangat meng-Indonesia 😀

    iin : gak tahu juga

  2. Yang namanya sabar itu, ada usaha untuk menjelaskan. 🙂

    iin : tetep istiqomah, doakan …

  3. waduh postingnya pake performancing ya? hehehe. kalo aq pake flock bu!
    ganti browser, hehehe.

  4. miris juga yaa… kadang saya berpikir, kenapa juga saya lebih terlena dengan kehidupan ilmiah dan akademis ini, padahal banyak orang yang perlu dipahamkan tentang islam. Kalo pingin optimasi keduanya, akademis dan islam, kok kayaknya gak adil… tapi ya gimana lagi….

    iin : lewat hal ilmiah dan akademispun kita bisa memahamkan orang tentang Islam
    tp perlu belajar ilmu agama juga
    Semangat cak !

  5. Quote from Alief: “kok kayaknya gak adil…”

    Maksudnya?

    iin : mungkin ketimpangan ilmu umum dan agama ?

    • Dee
    • Februari 23rd, 2007

    Kadangkala, kebencian dan permusuhan itu berawal dari ketidaktahuan. Beruntung Jeng Iin punya ladang dakwah yang sedemikian luas untuk digarap.

    iin : iya. mungkin Allah telah menakdirkan terdampar di pulau formosa ini

    • grandiosa12
    • Februari 23rd, 2007

    setuju dengan cak alief..

    semakin beradabnya ilmu pengetahuan tidak berkolerasi dengan keberadaban untuk menuju hidup yang sesungguhnya.. yaitu hidup sesuai dengan tuntunan Islam

    • kharis
    • Februari 25th, 2007

    lho….. emang islam mengharuskan nikah 4x….. asik dong, banyak pekerjaan lemburan tiap malam……. islam memang mudah tapi jangan dipermudah, oke…. yang paling ngetren sekrang ini adalah tontonan jadi tuntunan, tuntunan jadi tontonan. ini yang diikuti banyak umat…..
    ikut aja yuk……setubuh, apa setubuh hayooo….. saya jadi benggong sendiri….. saya memang bukan ahli agama….. tapi insyaalloh saya tahu aturan-aturan tsb.

  6. Iya Mbak, terkadang keistiqamahan kita teruji dengan lebih terasa saat berada di lingkungan yang heterogen seperti itu…

    salam kenal…

    iin : salam kenal juga

  7. orang yang belum kenal dengan islam, selalu memandang dengan negatif. Tapi kalo mereka sudah mengenalnya….sekarang saatnya mbak membuat mereka kenal. salam kenal mbak…

    iin : salam kenal juga

  8. bikin file presentasi ajah. model model kayak menjelskan agama kuno yang antik dan klasik.

  9. di dunia ini memang lebih banyak yang ngga tahu tentang islam dibanding yang tahu. islam cukup banyak diterima karena kebenaran dan keindahannya tetapi sayang banyak yang salah memahami, hingga islam pun kadang dikenal karena merupakan agama yang terbelakang, seperti teroris misalnya. islam adalah ajaran yang menyentuh segala aspek kehidupan. memberi contoh baik dari kehidupan kita sendiri sebagai muslim/muslimah adalah syiar yang efektif.

    iin : hmmm bener juga, kayaknya sy msh belum dpt jd contoh yg baik

  10. abis kenyataan emang ada terorisnya. orang kristen, di amerika jaman ku klux klan juga teroris, terus orang irlandia terkenal jgua terorisnya, basque, catalan juga terkenal terorisnya kok.

    siapa yang terdesak, akan mucul darinya para teroris.

    iin : kata teroris sptnya dibuat oleh org yang punya kuasa

  11. Di akhir zaman, Islam akan sampai ke rumah-rumah hingga pelosok dunia
    (Hadits apa bukan yach?)

    Yang Haq pasti akan muncul, yang bathil akan tenggelam…
    *menguntai optimisme di tengah fitnah*

    Salam Kuenal.

    iin : belum pernah denger sich

  12. intinya adalah suatu kiehlasan&kesabaran hati….

    • ibedd
    • Maret 4th, 2007

    assalamualaikum
    salut, woman action on Technology??

    salam kenal

    iin : gak juga

    • ERIANT NIEEZZ
    • Maret 13th, 2007

    wah,leh jg tuch!!! tp tw g??q jg kurang bs mendalami islam.coz,q kbnyakan dosa kali yaw??^_^he..he…saat mw tobat,ada aj ganguannya!!lum lg wkt pacaran??? fuih!!(curhat dikit ne)) q pernah baca buku tntang dosa2wanita,salah satunya pacaran!!wah wktu tw itu q langsung kaget bgt!!! gmana ngilanginnya y???Kasih Tips dunk,biar qt g cm jd islam KTP.
    WAH,KEREN NE,,,SEORANG MUSLIM CEWE LAGI… KASIH TW RESEPNY YAW!!! BIAR KITA BISA JD CW MUSLIM YG BAIK DI MATA ALLOH+MASYARAKAT

    L@M KENAL

    • Tamim
    • Maret 28th, 2007

    orang-orang diluar islam sering memojokkan islam karena belum tahu tentang islam yang sebenarnya. maka tolong deh kalau ada orang mencibir islam, kasih buku tentang islam suruh meraka belajar tentang islam sehingga meraka tahu islam yang sesungguhnya.tidak hanya sepotong-potong atau tidak hanya kulitnya saja.

    • virgo
    • Juni 29th, 2007

    knape orang islam sesuke hati minum arak…buat maksiat…???
    sbab tu la negara banyak ditimpa bencana..sedarlah…

    • virgo
    • Juni 29th, 2007

    Original message from kk one:
    >
    Dengarkanlah,,…buatkanlah…..katakan
    lah…..
    >
    > Berhati-hati,kalo ada sesapa nk jual
    perfume and suruh korang hidu bau
    > perfume, tolong jgn hidu..terdapat
    kes dimana seorg gadis didatangi 2
    > lelaki yg mendakwa melakukan kajian
    psl myk wangi dan menyuruh gadis
    > tersebut menghidunya..sejurus
    kemudian gadis itu pengsan.sedar2 ia
    > berada didpn sebuah bangunan,dan
    mendapati dirinya dirogol.barang
    > berharga, wallet,henpon semua
    dirompak..so beringat2 lah la ni macam2
    > kes jenayah ada…….
    >
    > AWAS! pemberian CD free bertajuk
    AHMAD’DREAM motifnya memurtadkan
    melayu islam.watak lakonan oleh org
    melayu yg berjaya
    > dimurtadkan.Sebarkan kalu sayang
    pada islam!!
    >
    > Aneh ya, ketika seseorang yang kita
    sayangi memanggil kita,
    > serta-merta kita datang untuk penuhi
    panggilannya… Tapi ketika ALLAH
    > memanggil kita (azan), biasanya kita
    akan malas dengan alasan waktunya
    > masih panjang. Heran ya..bagaimana
    ketika anda membaca pesanan ini,
    > anda tidak akan mengirim kepada
    beberapa orang yang ada di dalam
    > messenger anda kerana > > > > anda
    risau apakah mereka akan fikirkan
    > tentang diri anda atas kiriman ini
    kepada mereka.. Heran ya bagaimana
    > kita lebih bimbang akan apa yang
    orang fikirkan tentang kita…daripada
    apa yang ALLAH fikirkan
    >
    >
    >
    > Kalau sudah dapat anggaplah ini
    rezeki…….. Baca, sebut lepas tu
    > forward… Assalamu ‘alaikum, Kubur
    itu gelap, cahayanya ialah “Laa
    > Ilaaha IllalLah”. Jika diletakkan
    langit dan bumi di sebelah dacing,
    > dan kalimah ini di sebelah yang satu
    lagi, pasti lebih berat lagi
    > nilai kalimah ‘Laa ilaaha illalLah’
    ini. Rasulullah saw. bersabda
    > (mafhumnya):”Wahai manusia!
    Ucaplah ‘Laa ilaaha illalLah’, kamu
    pasti
    > berjaya!” Marilah kita ucapkan
    kalimah ini: “Laa ilaaha illallah!”
    supaya ianya menjadi sebati dibibir
    kita…. ucapkanlah serentak dengan
    denyutan nadi, biar ia mengalir
    bersama arus aliran darah dan degupan
    jantung kita. Panjangkan dan fowardkan
    email ini kepada seramai mungkin
    saudara, sahabat, kenalan seislam
    dengan anda….

  13. wah, hebat… anak ITS… lagi S2 dimana ya???
    Selamat Bergabung Membangun Bangsa…
    Terlepas dari keilmuan lama..
    terlepas dari jeratan pemikiran lama…

    Salam Kenal..
    wassalam

  14. hey ingat islam adalah agama yang paling dimuliakan oleh allah

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s