Dae Jang Geum aja gak putus asa, kok …


Sudah lama saya tidak mengupdate blog ini. Yup, beberapa hari ini saya lebih menfokuskan diri ke riset. Ketika hari Senin saya menemukan sedikit cahaya untuk riset saya. Untuk itulah saya tulis semua step-step yang harus saya kerjakan. Jika gagal cara A, pakai cara B, dst. Lumayan riset saya mulai bergerak progressnya.

Langkah tersebut saya ulang-ulang hampir setiap hari.Alhamdulillah hari rabu saya sudah bisa menampilkan mobile movement beserta routing path-nya, belum lagi menemukan isi tabel routing tiap mobile device. Akhirnya semua protokol saya simulasikan semua.

Betapa gembiranya saya melihat protokol wireless yang saya buat Latency paling rendah dengan tingkat pengiriman paket hampir sama dengan protokol lain, meski overhead paket masih terlalu tinggi 😦 . Melihat perkembangan yang cukup bagus tersebut saya berharap dapat segera memberikan progress ke Professor. Saya sangat berharap riset ini segera usai sebelum saya masuk kuliah Spring semester depan karena jujur berat sekali riset sambil kuliah.

Akhirnya saya beranikan diri untuk memberikan progress setelah minggu lalu riset saya stagnan. Rencana saya hari Jum’at ini, ternyata Prof saya tidak bisa karena Prof pergi untuk perayaan IMLEK. Walhasil hari Kamis saya menemui Prof, tepatnya jam 20.00. Pertemuan tersebut berlangsung 3 jam 😦 . Lama sekali ya.

Dan hasilnya …..

Saya harus masih memperbaiki riset saya lagi 😥 Banyak hal yang harus diulang dari awal lagi. Setelah pertemuan tersebut, saya merasa putus asa, capek, lelah bercampur jadi satu. Hingga pukul 3 pagi saya tidak bisa tidur sambil memandangi notebook. Bayangkan riset harus bisa diterima IEEE atau ACM sebagai jurnal. Sepertinya sulit dan impossible. Jurnal ! Bukan Konferensi Internasional ! Bukan pula Konferensi internasional yang di sponsori ACM dan IEEE! Memang Jurnal adalah lebih tinggi nilainya dan kesulitannya daripada konferensi atau proseding. Bolak-balik harus ditolak reviewer dan waktunya pun cukup lama. Membuat saya semakin down .. down. Hingga keesokkan harinya saya masih terdiam … saya ingat hari ini Jum’at. Yup lebih baik ke masjid. Itulah kata hati yang menggerakkan kaki saya untuk mengayuh sepeda ke masjid.

Jumat siang ini selepas sholat, saya baru menyadari kesalahan saya. Kenapa baru gagal beberapa kali sudah tidak bersemangat ? Jadi inget serial drama Dae Jang Geum yang merupakan favorit drama saya. Jang Geum pun sering gagal dan banyak hambatan untuk menjadi seorang tabib dan dayang istana, namun tetap teguh untuk belajar dan belajar. Onara .. onara ….

Membaca postingan Pak Budi bagaimana susahnya ngoprek access point, saya juga tersadar semua tidak didapat dengan cara instant.Perjuangan mendaki bukit terjal akan terasa manis pada akhirnya.

“Hayo semangat In ! ….. Allahu Akbar … Jia You …. Ganbatte Kudasai … Keep fight !!! Never give up …Onara …onara”

Laa yukalli-f ‘allaahu naf-san ‘illaa wus-‘ahaa. Allah tasketh not a soul beyond its scope

Let’s start at the very beginning

a very nice place to start,

when you do, you begin with Bismillah

when you sing, you begin with A, B, C

when you simulate, you begin with the topology

Let me do my research 😛

  1. Yah dimana pun proses kalau bisa menikmati akan serasa lebih manis, saya dulu juga sering gitu, meskipun yang kita hadapi beda. Ok tetep semangat. Yang jelas jangan lupa terapkan teori main catur, selalu ada alternatif untuk bergerak.

    iin : kalau skak mat gimana donk Pak ?

    • KM
    • Februari 17th, 2007

    🙂 ayo in, semangat in, kau nggarap di sana, aku nggarap di sini 🙂

    iin : trims

    • eid
    • Februari 18th, 2007

    Ayooo ibu ttp Smangatttt……..Bisa bantu apa yach???
    Nyemangatin aja dech…..
    Usaha seperti air yg mengalir dari hulu ke hilir
    tak hirau jalan yg berkelok
    tetap membuat hasil yang elok.
    Semangaat Ukhtiii…Allahu Akbar..

    iin : trims, smg hari senin ini mood riset iin balik

  2. 3 jam doang?? untuk sebuah diskusi riset, It’s very short time ma’m… . Aku pernah diskusi seru dengan pak rully dari jam 11 siang sampai jam 7 malam (yaa meskipun yang diobrolin bukan cuma TA doang). Itu belum dihitung diskusi by phone dan SMS. Saat-saat itu adalah saat yang tak bakal dilupakan seorang Galih. Saya pasti akan merindukan lagi suasana akademik seperti itu.. 🙂

    iin : iya gak 3 jam doank Lih
    itu kebetulan yang dibahas serius masalah riset untuk jurnal IEEE atau ACM
    hari rabu, kamis pagi – siang, ketemu prof juga bahas masalah paper ke portugal
    hari-hari lain iin juga sering ketemu prof
    bahas masalah riset, Taiwan, Indonesia sampai masalah Islam

  3. Semangat iin…seorang muslim g boleh patah semangat kan. Allah lebih menyukai mukmin yg kuat drpd mukmin yg lemah. So, iin hrs tetep kuat dan semangat. Ok.

    iin : sampai skr belum ingin riset
    masih belum balik mood nih

  4. Semangat Bu Iin!

    • grandiosa12
    • Februari 20th, 2007

    kasih semangat dulu ah.. semangat ya!

    • ran
    • Februari 23rd, 2007

    Subhanallah!Ayo berjuang!

  5. kalo gak semangat, makan makan yang enak :p abis itu lari keliling lapangan, ditambah bobok yang panjang.

    ditanggung bangun bangun lebih males lagi … 😀

    iin : kalo hidup kayak gitu indah kali ya ?

    • ario
    • Maret 13th, 2007

    ass….
    Subhanallah… semoga risetnya bisa dipermudah… udah kelar ya sekaeang?.. saya jadi teringat dengan penelitian saya.. karena proposal ke LP3 (lmbaga penelitian di UMY) baru bisa diajuin pertengahan or akhir maret.. saya jadi males ngoreksi kesalahan proposal saya.. padahal banyak yang harus diperbaiki.. thx.. atas tulisannya… saya jadi semangat lagi..
    BTW.. kayaknya mba aini.. cocok jadi cerpenis..
    yang semangat.. semoga sega aurusan kulnya diperlancar oleh-Nya…
    Saya juga penggemar serial jang geum (rata2.. para kader ADK.. suka sekali sama serial ini..)
    wss….

  6. #ario: (rata2.. para kader ADK.. suka sekali sama serial ini..)

    Masa’ sih? Kok aku tidak? Jangan-jangan aku nggak gaul ya? (Yee.. ngaku-ngaku! Emang kader ADK mana??)

    • ryan_oke
    • Maret 14th, 2007

    #ario: “…(rata2.. para kader ADK.. suka sekali sama serial ini..)…”

    Masa sih? Kok aku malah ketinggalan info tentang serial ini? (Lah, emang situ ADK mana? Kuper amat.)

    Mau tanya pada eyang Google & pak guru Wikipedia dulu ah.

    • ario
    • Maret 14th, 2007

    tuk ryan : serial ini pernah ditayangin di salah satu tv swasta.. sekitar tahun 2005/2006… ADKnya dimana ya..? he4x.. acri aja sendiri…

    • ikrar
    • Maret 15th, 2007

    Semangat ya ukh……., saat berhasil nanti anti akan merasakan syukur yang luar biasa karena telah melewati perjuangan yang keras. Dan perasaan berjuang itu akan terus menjadi motivator dalam hidup anti untuk waktu yang panjang.

  7. Semangat ya mbak…. Semangat dah tetep semangat. Maaf walaupun saat ini saya juga merasakan down, tapi ayoo kita sama-sama mencoba untuk kembali bangkit dari rasa down ini. Pokokmen semangat!!! OK1

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

