Instalasi NS2 di Ubuntu 6.10


Pada postingan saya sebelumnya tentang NS2, saya menggunakan repository debian sebagai langkah instalasi NS2.Kali ini saya lebih memilih menggunakan source tar.gz sebagai paket untuk diinstal. Inilah yang sangat saya suka di dunia open source semangat berbagi ilmu dengan membagikan source kepada yang lain untuk dipelajari dan lebih jauh lagi untuk dikembangkan lebih lanjut. Tidak sekedar menggunakan saja.

Instalasi kali ini saya menggunakan Ubuntu versi 6.10 sebagai sistem operasinya. Berikut langkah-langkah instalasi NS2 :

Download NS2 di http://sourceforge.net/ untuk lebih mudahnya dalam dependensi modul yang dibutuhkan untuk NS2, lebih baik download NS-allinone. Namun konsekuensinya ruang hardisk yang dibutuhkan sangat besar. Jika hanya men-download NS2 saja, harus dipastikan di sistem operasi sudah memiliki Tcl, Tk, OTcl dan Tclcl.

Ekstrak file ns-allinone-2.30.tar.gz

# tar zxvf ns-allinone-2.30.tar.gz

Jalankan instalasi

# cd ns-allinone-2.30
# ./install

Beberapa kesalahan yang kita temui pada saat instalasi NS2-30 di ubuntu 6.10 :

error tcl : configure: error: installation or configuration problem: C compiler cannot create executables.

solusi : install build-essential

error Tk :

/home/aini/Desktop/ns-allinone-2.30/tk8.4.13/unix/../generic/tkIntDecls.h:44: error: expected declaration specifiers or ‘…’ before ‘XPoint’
/home/aini/Desktop/ns-allinone-2.30/tk8.4.13/unix/../generic/tkIntDecls.h:50: error: expected declaration specifiers or ‘…’ before ‘XEvent’
/home/aini/Desktop/ns-allinone-2.30/tk8.4.13/unix/../generic/tkIntDecls.h:57: error: expected ‘)’ before ‘*’ token
/home/aini/Desktop/ns-allinone-2.30/tk8.4.13/unix/../generic/tkIntDecls.h:79: error: expected declaration specifiers or ‘…’ before ‘XColor’
/home/aini/Desktop/ns-allinone-2.30/tk8.4.13/unix/../generic/tkIntDecls.h:79: error: expected declaration specifiers or ‘…’ before ‘XColor’
/home/aini/Desktop/ns-allinone-2.30/tk8.4.13/unix/../generic/tkIntDecls.h:91: error: expected ‘=’, ‘,’, ‘;’, ‘asm’ or ‘__attr

solusi : install xlibs-dev

 

Jika tidak ada kesalahan dan instalasi berjalan lancar, kopikan isi folder bin pada /usr/sbin

#cp ns-allinone-2.30/bin/* /usr/sbin

Cek instalasi

#cd ns-allinone-2.30/ns-2.30/tcl/ex/
#ns simple.tcl

Pada konsole akan terdapat tulisan

210
0.0037499999999999999
running nam…

Sedangkan pada GUI Nam akan tampil sebagai berikut

Semoga berguna 🙂

Tulisan terkait :
https://ai23.wordpress.com/2006/11/16/instalasi-ns-2-di-debian/
https://ai23.wordpress.com/2007/04/30/ns2-ns2/

  1. Saya baru kenal linux, Untuk apa yah NS2 itu, sama tanya, dimana ya tempat kumpulan aplikasi untuk ubuntu lengkap dengan desripsi sekalian kalau ada reviewnya. tengkyu.

    iin : udah dijawab galih.
    NS2 = Network Simulator
    Untuk review Ubuntu lengkap, saya belum menemukannnya Pak
    Untuk deskripsi, Pak Urip bisa beli DVD repository ubuntu
    kemudian dipakai di Synaptic manager
    bisa lihat disini

  2. Itu masih di Ubuntu. Ntar beda lagi errornya kalau kita build di Mandriva, beda lagi di SUSE(h), beda lagi di Fedora Core, padahal sama-sama bernama Linux. Masih enak kalau pesan errornya bilang: kurang library x, dan kebanyakan pesannya tak jelas, akhirnya harus tanya dulu ke mbah Google. Build from scratch emang menjengkelkan 😦

    iin : semakin mengjengkelkan, semakin gila, semakin baik

    #Pak Helged:
    Penjelasan soal NS2 udah dijelaskan Maskot Linux kita di Instalasi NS2 di Debian. Lihat paragraf 1.

  3. Idem sama Galih. 😦

    Bu, ada nggak trik untuk mengetahui paket yang kurang itu apa tanpa tanya Mbah Google?

    Kayak error di atas, error-nya gak nyebutin kata-kata build-essential sama sekali, tapi ternyata yang perlu kita install paket tersebut. Begitu pula error kedua. Kasihan kan para Fakir Bandwidth (TM).

    iin : waduh saya temukan solusi 2 hal tsb lewat mbah google
    saya pernah tidak menemukan caranya di google
    saya hanya gunakan insting sbg programmer
    saya buka kode-kode tsb
    pada bagian error kita dapatkan line mana saja yang salah
    saya coba otak-atik kodenya
    akhirnya saya buat patchnya
    wah senangnya 😀
    Alhamdulillah
    Paling penting kuasai bahasa pemrograman dari source code yang akan kita pakai

  4. feature and kelebihan NS2 apa ya ?

    iin : bs dibaca disini http://www.isi.edu/nsnam/ns/ns-faq.html

    • Adek
    • Maret 17th, 2007

    Panduan cara Bagaimana klau mau meng-Instal NS2.30 allinone di SUSE 10

  5. Mas.. klau meng-Instal Network Simulator di SUSE 10.. gmana Ya? Thanks Before

    iin : Karenanya nanyanya ke Mas, so tidak perlu saya jawab 😛
    hayo Mas, dijawab donk …………

    • Amal
    • November 30th, 2007

    aku dah coba download dari tempatnya di sourceforge. tp selalu error.
    Msh ada softwarenya gak bu?
    Bisa minta?

    ma kasih

  6. boleh minta tutorial install ns2 di xandrosnya eee pc ga bu..?
    karna xandros di eee pc banyak banget paket yg ga keinstal,, pusing T_T
    mohon bantuannya,,

    iin : maaf saya tdk pernah pakai xandros

    • Aniek
    • Mei 7th, 2008

    Salam kenal…
    Saya aniek..dan saya kuliah di jurusan teknik jaringan.
    Baru2 ini saya tekun mempelajari NS2.
    Saya download patch untuk jaringan ATM di situs smallko kalo ga salah.
    Patch ATM itu khusus untuk NS 2.1b7
    Saya download NS-allinone-2.1b7 dan saya coba install.
    Tapi NS nya sendiri tidak berhasil di install, klo ga salah kendalanya ada di tcl8.3.2 dan tk8.3.2

    Terus saya coba modifikasi patch ATM untuk NS2.1b7 saya patching di NS2.27
    karena NS tersebut berhasil di install tanpa erorr sedikitpun.
    Saya masukkan paket ATM ke dalam script pada lib dan makefilenya
    saya make install
    dan masalahnya ada di trace nya

    Apa ada solusinya?
    Atau mungkin ada ATM patch yang bisa digunakan dengan NS2.27

    Mohon bantuannya..
    Thanks….

    • Anthy
    • Agustus 28th, 2008

    wah, senang sekali dapet pembahasan ttg NS, sy lg ngerjain skripsi nih bu, saya pake NS 2.30 buat simulasi wimax 802.16d, tapi masalahnya simulasinya gak bisa dapet throughput saat jarak nodenya mencapai lebih dari 1.5 km, padahal simulasi yg saya bikin mencapai 6km, kira2 masalahnya dimana yah, atau script tambahan apa yg musti sy masukin ?
    mohon bantuannya
    makasih…

    • erick
    • Oktober 21st, 2008

    salam kenal bu,
    saya sih masih pengguna win32 jadi pake cygwin sebagai environment look alike linux… boleh tanya, pernah pake ini gak bu? kalo iya bisa terangkan bahasa yang digunakan sama dengan di ubuntu atau distro lainnya? saya sedang buat qos routing, tapi saya buta linux dan program.. hehehe. mohon bantuannya.

    • hotmian
    • Maret 6th, 2009

    bro bro ,,seklain,,saya sedang Tugas akhir,,mengenai packet scheduling di wimax,,saya pake cygwin dalam nginstal ns2.30 nya,,ada yang tau ga gimana caranya nginstal patch wimaxnya di ns2.30 nya?? kasih tau dong bro2 seklian @anthy,, gimana caranya??

    • gesit
    • Agustus 5th, 2009

    wkwkwkw hotmian,,, gmn dah beres TA nYA??

  1. Mei 2nd, 2007

Tinggalkan Balasan

