Beneran kamu sekamar dgn org Taiwan semua ?


Temen saya orang Indonesia datang berkunjung ke kamar saya. Dia terkejut”Lho, kamu sekamar dengan orang taiwan semua ?”

“Iya, memang kenapa ?”

“Aneh…”

“Aneh kenapa ?”

“bersih dan rapi”

“Lho ….??”

Saya jadi bingung.

“Biasanya orang taiwan tuh gak bersih kayak gini ! Lantainya terlalu bersih untuk orang taiwan.”

“Lha, emang tiap minggu saya pel”

“Oh pantas “

Di Taiwan saya tinggal berlima sekamar dengan orang Taiwan semua. Tepatnya di dorm 3 lantai 5 nomor 502. Bayangkan tinggal berlima !! Sumpek emang tapi ruangannya lumayan besar. Gambar diatas adalah pintu kamar saya dan disitu tertulis nama-nama orang yang tinggal di kamar 502.

Sebenarnya hidup dengan orang banyak sudah terbiasa bagi saya pernah mengalami hidup nge-kos. Namun menurut saya orang Indonesia lebih bersih daripada orang Taiwan. Mereka hampir semua tidak pernah menyapu apalagi mengepel. Padahal pada waktu kos di Sby, saya bisa bergiliran dengan teman-teman saya. Disini ? Jangan harap dech ! Saya melakukannya sendiri. Awalnya saya kira mereka akan sadar sendiri untuk bergantian, ternyata tidak sesuai dengan saya harapkan. Ya saya lakukan saja. Bagi saya kamar adalah tempat saya sholat, bagaimana mungkin sujud dengan lingkungan penuh debu.

Yang aneh lagi mereka tuh tidak pernah merapikan tempat tidur mereka apalagi melipat selimut mereka. Saya pernah isenk menanyakan hal tersebut. Mereka bilang kalau selimut dilipat hawa tubuh kita akan keluar sehingga kalau selimut dipakai lagi akan terasa dingin. Haaahhh …. Pernah saya coba membiarkan selimut saya tidak terlipat. Tapi kok sama aja dinginnya 😀 Aneh dech mereka

Saya kira ini hanya temen-temen kamar saya, ternyata saya salah hampir semua orang taiwan seperti itu. Mereka tidak peduli dengan kebersihan dan kerapian lingkungan individu mereka sendiri. Saya pernah coba telusuri ke kamar lain juga begitu. Menurut cerita sich mereka akan bersih-bersih mendekati tahun baru china.

Namun yang membuat saya heran, mengapa tempat-tempat umum terlihat rapi dan bersih ? Jarang sekali melihat sampah berserakan. Kotak sampah ada dimana-mana. Bahkan sampah dipisahkan basah dan kering.

Kok kebalikan denga orang Indonesia ya ? Secara individu lingkungan bersih namun lingkungan bersama kotor. Tanya kenapa ? 😦

  1. kebersihan sebagian daripada iman.

    ambil hikmahnya aja mba, ngepel sambil olahraga 🙂

    oh ya, salam kenal.

    iin : salam kenal juga. Saya ngepelnya pake tongkat kok

    • Biho
    • Februari 1st, 2007

    salam kenal juga…
    ehhh lupa, kirain ini blog saya… maaf…maaf

    iin : kembali maaf … salam kenal lagi Pak Biho 😀

  2. Hehehe.. sudah pinter, jenius, sholihah, resikan lagi. Kurang apa hayooo…. 😉

    iin : halah, g usah promosikan iin. kayaknya kurang garem tuh

  3. iya.saya jg pny pnglmn sama, tinggal dg 3 org taiwan sekamar sekarang.Memang benar,tempat publik di taiwan sangat nyaman dan bersih dibanding indo,mungkinkah rakyat kita kurang memikirkan kepentingan umum yg sebenarnya jg perlu diperhatikan utk kebaikan bersama sehingga bisa ‘cantik’ dan bersih luar dalam?;-) Dlm hal ini, kita bs membaca sikap org taiwan yg merawat lingkungan & sarana umum, dan semoga kita bs m’terapkannya di negeri sendiri selain merawat kebersihan individu tadi.
    salam 🙂

    iin : tunjukkan org indo tuh bersih2

  4. sepertinya terlalu di-generalisir nih…

    pernyataan2 tersebut mungkin berlaku untuk orang indonesia, khususnya cewek… 😛
    iin : separah-parahnya cowok indo lebih parah cowok taiwan

    soalnya kamar saya jarang saya bersihkan sendiri :P. kalo bersih2 bisa bersin2… jadi suruh orang laen bersihin (baca: pembantu).

    iin : klo dah nikah (baca :istri) 😛

    kalo saya termasuk yang kebalikannya kali ya? aware terhadap lingkungan, tapi ga aware terhadap diri sendiri…. jarang bersih2 kamar, jarang mandi, jarang gosok gigi .. huex.. koq jadi ngomongin aib.. 😛

    iin : ah g percaya

    • aya_aya
    • Februari 2nd, 2007

    maaf mbak , saya mo komen juga neh,
    karna ternyata pendapat itu bukan untuk orang taiwan aja, coz di kost2an saya yang notabene orang indonesia semua, joroknya minta ampun. Sampah berserakan dimana2, sepatu juga berserakan, padahal udah ada rak khusus sepatu. Jadinya ya saya yang mesti rela bela2in bersih2 terus. ya seperti mbak bilang, kalo kita bersihin dulu mungkin mereka bakal nyadar, tapi ternyata enggak juga. Kalo disini mereka lebih mementingkan kecantikan diri saja, sementara cuek terhadap kebersihan. (kalo penampilan mah saya akui: TOP), tapi kalo diliat t4 tinggalnya… Hmmm jangan ditanya

    iin : wah kebetulan saya kos di Indo dgn orang2 yang lumayan bersih
    ada sich yang agak jorok, merendam baju ditinggal sampai 2 minggu
    membiarkan piring dan gelas begitu saja, tidak dicuci setelah dipakai
    Saya selama kuliah pindah kos selama 7x
    Jadi bisa bertemu dgn orang-orang yang berbeda-beda

  5. di kosan saya ITSnet sih selalu bersih lho! *ngayal*

    iin : salam kenal juga. Saya ngepelnya pake tongkat kok

  6. iin : salam kenal juga. Saya ngepelnya pake tongkat kok <- aneh ibu ini. ngepel pake tongkat kapan bersihnya? setahu saya sih kalo ngepel ya pake kain pel tho?

    iin : maksudnya pakai tongkat untuk memindahkan kain Pel

  7. #Budi:
    Ah, kakak Budi, apakah sepeninggalku ITSnet kembali kotor dan tidak rapi? Bukankah ketika aku tidur di sana, ITSnet sangatlah rapi dan bersih? 😀 *kontradiktif*

    iin : kayaknya harus tanya kakak debian nih

    • Umminya Zahrah
    • Februari 5th, 2007

    memang agak sulit tinggal dengan mereka yang tidak memperhatikan masalah kebersihan, apalagi utk seorang muslimah kita harus menjaga agar ruangan bersih dari najis. Hati hati juga utk kebersihan dapur, kalau menggunakan dapur bersama untuk memasak.

    iin : wah, disini asrama saya tidak boleh memasak, setrika aja juga tidak boleh

    salam kenal, saya sedang mencari kontak ke perkumpulan muslimah di taiwan, ada info? terimakasih

    iin : disini tidak ada Ukhti,
    tapi kita punya perkumpulan Mahasiswa Muslim (FORMMIT),
    dan para TKI juga mendirikan bbrp perkumpulan muslim
    datang saja ke mesjid kecil taipei setiap minggu
    kita ada pelajaran mengaji dan training komputer

    • KM
    • Februari 5th, 2007

    Nek ruanganku sih resik. Sisane… no comment 😛

  8. Sekamar berlima, terus online nya dari mana mbak? Dari kamar juga?

    iin : saya bisa OL darimana saja
    dikamar ada 5 IP Live semua
    lab ada 2 PC dengan IP live yg saya kuasai
    tinggal pilih 😀

  9. Ini kan dekat Imlek, berarti yang bersih-bersih teman se-kost dong…

    iin : yup, bersih2 satu asrama

  10. anak anak china daratan yg kuliah di president university, cikarang sini juga pada jorok jorok. ganti baju juga jarang, bisa dipakai sampai seminggu.

    kebiasaan di sana aja sih, yg kayak gitu, kalo menurut pendapat saya.

    iin : iin pikir jg gitu

    • Armenia
    • Juli 20th, 2007

    mbak Iin kalo ngomong ma temen sekamar pake English pa Mandarin..
    harus bisa bahasa mandarin ya kalo kul di taiwan??

    • blopzapz
    • Februari 17th, 2009

    mbak, kayaknya tergantung orangnya deh,
    aku skr tinggal di taiwan,
    dan punya teman orang taiwan,cewek,
    duh kamarnya bersih banget ga ada debu setitik pun, ada rambut jatuh langsung dibuang ke tempat sampah, canggih deh..

    dan banyak yang seperti itu, makanya kayaknya bersih ato ga tergantung orangnya..

    • bidan jumirah
    • Januari 7th, 2010

    Sing jenenge uwong ki ya uwong. Ora suku ora bangsa ning tergantung karo pribadine. Yen sing jorok jorok rasah adoh adoh, neng jawa akeh banget. Selamat kuliah semoga sukses ! Semakin banyak tau sifat dan prilaku orang mempermudah kita bagaimana harus bersikap.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

