York tidak mau pulang, Albert belum mandi


Hari ini waktu sudah menunjukkan pukul 22.30 waktu Taipei. Biasanya York sudah pulang, maklum rumahnya jauh dari NTUST. Katanya sich butuh 40 menit untuk sampai ke rumah.

Namun hari ini dia bengong melulu, belum lagi Albert ikut-ikutan ogah mandi.

Ada apa dengan mereka ?

Mereka takjub ….. Mereka heran ….

What’s wrong ?

Pada saat itu saya sedang install UBUNTU untuk server lab. Awalnya mereka tidak begitu perhatian. Namun melihat saya ce-klak-ce-klik mereka jadi tertarik. Kok mudah ya ?

Ternyata install Linux itu zhen de hen rong yi dech πŸ˜›

“Aini, kamu sudah mengubah presepsi kami tentang Linux !!!”

Albert :”Kami sebelum ini males pakai Linux, karena susah sekali. Saya pakai Red Hat 9″

York : “Saya pakai Redhat 7.2”

“Makanya kami heran, kenapa kamu asyik aja tiap hari pakai Linux daripada M$, skr kami tahu ”

“Linux ternyata mengasyikkan juga”

Akhirnya mereka coba pakai Ubuntu.

“Ini bagus, mudah. Aini, ajari kami bermain-main samba”

Akhirnya saya terangkan samba itu bla …bla ….

“Wah, samba emang bagus lebih kereen daripada FTP”

“Kami semua buatkan user ya, ingin riset pakai Linux aja”

Saya jadi bingung karena mereka sudah memakai Q$ under M$ untuk riset mereka.

“Lho, sudah pakai Q$ kan . Masak ikut-ikutan pakai NS2 ?”

“Tahu tidak Q$ yang dibeli dengan harga 40.000 NT / per tahun lisensi ada bug-nya. sehingga kami tidak bisa menggunakan lagi”

“Apa sudah tanya ke helpdesk-nya ? Khan dah bayar2 mahal. Closed source lagi. ”

“Mereka bilang nanti versi selanjutnya baru diperbaiki.”

“Wah, kalau baru tahun berikutnya. Berarti kita harus bayar lisensi lagi donk”

“Iya … 😦 ”

Jujur dalam hati saya kasihan dengan mereka. apalagi kalau harus ngulang ngerjakan riset dari awal lagi.

Waktu sudah pukul 23.30 ….

“York, kamu harus pulang !”

“He he Linux asyik, hao zhi le ”

Terpaksa kita ngusir York dech. Tapi Albert masih asyik dengan mainan barunya.

“hayo Albert mandi !! Saya mo pulang ke dorm sudah malam, besok ada kuliah”

“Iya mandi”

Akhirnya saya balik dech ke dorm.

  1. M$ masih bisa deh aku artiin Microsoft. Q$ apa ya? Quest Toad for Oracle? miQrosoft office? microsoft projeQts? sQl server 2005? adobe Qotoshop? maQromedia Dreamweaver? microsoft aQtive directory? atau apa? πŸ™‚

  2. ane juga bingung ngartiin Q$ … ?

    Klo utk server ane suka pakai Debian (sulit tp stabil dan updatable, mirror juga banyak) tp biasanya pakai Mandrake (soalnya bos di kantor ( dulu ) sudah telanjur pakai Mandrake 9.2- so terpaksa nyesuai-in). Klo stand alone ane suka Mandriva (cepat updatenya, aplikasinya lumayan terbaru), klo ubuntu emang bagus tp di Indonesia kadang mirror nya sering down. 😦

    btw ternyata M$ masih belum terkalahkan ya, apalagi di luar Negeri ? πŸ˜€

  3. #galih & aysia
    in cma ikut2 media massa aja
    kalau ‘tersangka’ khan harus disingkat
    biar g malu2in πŸ˜›

    M$ bentar lagi terkalahkan terutama di lab iin

  4. untuk M$ nya berapa iurannya mbak pertahun? Kalau ndak salah, mahasiswa dibebankan biaya (upgrade) software M$ pertahun deh.

    Saa nanya begitu sebab, kalau disini, mahasiswa dibebankan 20 Euro pertahun untuk upgrade (maintain) M$ mereka. Sebab kampus memang mensupport sisanya. Sementara untuk software-software grafis dibawah M$, mahasiswa hanya diperbolehkan memakai dalam lingkungan kampus. Sebab kampus memang disuport oleh vendor-vendor tersebut.
    Diluar lingkungan kampus, mahasiswa wajib membeli software under M$. Tapi tetap ada diskon, kalau mahasiswa.

  5. gmn kabar vista ya?

    • Biho
    • Januari 11th, 2007

    Mantabbb…. bu dosen

  6. Btw, senang njuga dulu sempat bisa me-Windows-kan ITSnet. Waktu saya pertama kali masuk ITSnet, saya tidak menemukan ada layar Windows di situ. Di sana hanya ada Debian, Debian, dan Debian. Eman-eman, ITS sudah bayar mahal beli Windows malah ndak kepake. Senengnya, ketika saya keluar, hampir setiap deskop berwindows kecuali yang bener2 fanatik dan cintahnya sama Debian. Juga keluarnya Windows Server 2003 sebagai production server. Senengeee… πŸ™‚

  7. #arifkurniawan
    gak bayar apa2 itu disini
    kayaknya org disini juga doyan bajak juga
    biasanya hanya M$ yg lisensi, program diatasnya masih banyak yg bajakan

    #buchin
    komputer yg kupake ini M$ lisensi lho
    tp baru tak pakai 2X, sering pake debian πŸ˜›
    Vista aku belum liat temen2ku disini pake itu
    gak tahu di belahan taiwan lain

    #Biho
    apa yang mantab ?

    #galih
    walah ini lagi ..
    hayo tak bayar kamu kalo bs men-M$-kan Debianernya ITS-net πŸ˜›

  8. Pengenalan dan pembiasaan adalah kunci untuk meninggalkan WIN yg mahal biayanya, kalau di Indo gratis sih… mbajak sawah… hehehehe

    • Biho
    • Januari 13th, 2007

    yang mantab bu dosennya .. πŸ™‚

  9. nice story mbak…. πŸ™‚

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

