Hari Ibu dan Edubuntu


Terima kasih EduBuntu !

Kami baru saja menginstall dua buah komputer bantuan di Komunitas Taman Kanak-Kanak dan Klub Sekolah di Lincolnshire, Inggris. Komputer tersebut spesifikasinya 600mhz/128mb/4.2giga dan hanya membutuhkan 3/4 jam untuk menginstall dan konfigurasi.

Anak-anak sangat menyukainya, sebagian dari mereka berasal dari keluarga keterbelakang dan mereka tidak pernah memakai komputer sebelumnya. Akhirnya mereka dapat mengenal komputer sekarang.Kami, mewakili Taman kanak-kanak mengucapkan terima kasih dari hati atas tenaga dan waktu komunitas yang telah membuat kumpulan software tersebut.

Keep Up the Good work!

Itulah sebuah cerita mengenai EduBuntu di sebuah TK di Inggris. Memang Edubuntu mudah diinstall dan dipakai. Belum lagi beberapa aplikasi yang bulit-in di dalamnya, seperti aplikasi perkantoran (Open Office) dan aplikasi pendidikan. Aplikasi pendidikan di EduBuntu tidak perlu diinstall sudah termasuk di dalam CD seperti

  • KDE Edutaiment : merupakan kumpulan aplikasi untuk keperluan edukasi.
  • Gcompris :kumpulan aplikasi untuk anak-anak TK. Bagaimana mereka mengenal komputer, matematika dasar, mengenal dunia dan lain-lain.
  • Tux4Kids : TuxPaint, TuxMaths dan TuxTyping

Berikut penjelasan 2 buah aplikasi yang terdapat pada EduBuntu :

Kanagram adalah sebuah permainan menebak kata yang dibolak balik . Permainan ini menyediakan kata-kata yang sudah tersedia ketika diinstall pertama kali dan petunjuk jika kita tidak dapat ide kata yang dimaksud.

Misalnya : INIA RUN ,

maka jika diklik hints akan keluar kalimat Who is this blog writer ?😛 (ayo sapa)

Yang paling menarik adalah kita bisa menambahkan kata-kata baru melalui vocabulary editor dan mendistribusikannya. Nah dengan ini kita bisa pakai bahasa Indonesia. Aplikasi ini sangat mebantu dalam menghafal. Saya juga suka memainkannya😛

Itu belajar matematika Edubuntu juga menyediakan KBruch yang dapat melatih anak-anak dalam pembagian.

Ada 4 hal yang bisa kita dapatkan disini yaitu latihan pembagian, latihan perbandingan 2 pecahan, latihan konversi pecahan dan latihan faktorisasi bilangan.

Edubuntu merupakan kado yang terindah untuk diberikan dan diajarkan untuk seorang ibu. Meskipun ibu tersebut tidak memiliki latar belakang IT. Mengingat sifat edubuntu yang mudah diinstall dan user friendly. Dengan edubuntu, ibu dapat menjadi pendamping anaknya dalam belajar. Yup, Ibu merupakan pendidikan pertama bagi seorang anak. Sudah tidak jamannya lagi ibu gaptek. Apalagi dengan edubuntu.

Masalah biaya ? dengan Edubuntu kita tidak membayar karena gratis.

Apakah ibu-ibu masih berminat belajar komputer ? Menurut pengalaman saya, mereka sangat bersemangat. Terbukti ketika saya mengajukan tawaran belajar pada sebuah pelosok kampung di Surabaya, mereka tertarik sekali untuk belajar Edubuntu.

Setidaknya dari awal anak-anak diajari untuk tidak berhutang dengan USA. Lihat ini pemerintah kita menandatangi MoU dengan M$. Berapa banyak utang yang akan dibebankan pada negeri ini ?

    • ryan_oke
    • Desember 20th, 2006

    Saat tertarik dengan Edubuntu, jadi teringat pada Freeduc (http://www.ofset.org/freeduc-cd). Keduanya adalah sama-sama distro untuk edukasi. Hingga kini, aku lebih suka dengan Freeduc daripada Edubuntu. Menurutku lebih asyik gitu deh. Ini menurut aku lho ya.

    Ada lagi distro pendidikan yang lain, tapi yang ini lebih mengarah pada pendidikan tinggi. Baru dirilis pekan kemarin. Dari Yogya lho.😉
    http://jogja.linux.or.id/berita/arsip/2006/12/15/kuliax-60-dirilis/

    Coba menebak anagram di atas ya:
    ‘INIA RUN’, hints: Who is this blog writer?

    –> Jawabannya adalah: mbak in
    (Lho, kok jumlah karakter & hurufnya tidak klop??)

  1. Aku baru mendengar yang namanya edubuntu. Itu variannya ubuntu tah Mbak?

  2. hai….. buat blog di word press bayar ga…?
    minta bantuannya dong….

  3. mba… di wordpress bayar ga….

    • KM
    • Desember 21st, 2006

    Urusan utang dan sebangsanya untuk urusan itu sepertinya perlu sih. Menurut aku bukan soal merk. Tapi kondisi di sini sudah seperti itu, yang kemudian buntutnya para siswa (mulai SD sampe kuliah) suka tidak suka juga harus punya pengetahuan soal produk Microsoft. Yang kumaksud bener-bener “pengetahuan”, bukan pakai asal bajak. Lha mau asal diganti ya susah lah. Butuh revolusi. Sedangkan menjalankan revolusi untuk urusan seperti ini ya ndak sumbut. Masih banyak yang lebih pantas untuk direvolusi.

    Yang mungkin bener-bener perlu di”perjuangkan” – menurut saya – ya memasyarakatkan penggunaan perangkat lunak selain produksi Microsoft. Penyadaran akan *adanya perangkat lunak dari produsen lain* lebih “berharga” untuk diperjuangkan daripada memperjuangkan agar pemerintah tidak melakukan MoU dengan Microsoft. Jangan sampe bunyi “Pake Linux”, tapi ntar buntutnya pemerintah MoU dengan Redhat he..he..he.. Ya tetep utang lagi.

    Belum lagi urusan pembajakan produk Microsoft tuntas, Beberapa produk distro linux juga sudah dibajak habis-habisan di Indonesia. Ambil contoh: Mandrake Power Pack, Redhat Enterprise Linux, Novell Enterprise Linux, dan sebagainya. Masyarakat juga PERLU tahu bahwa pembajakan Linux juga sedang terjadi walau dalam cakupan yang jauh lebih kecil daripada pembajakan terhadap produk Microsoft.

    Yah, susah deh…. Bobo ah…ZzzZZzzzZZZzzzzzz…

  4. Ah.. kalau saya mah Windows sajah… Di tempat baru ini, produk Microsoft mulai desktop hingga server dipakai semua. Bahkan dulu ketika di gudangnya Linux di ITSnet, saya berhasil meracuni beberapa teman di sana untuk menggunakan Windows, kekekeke….

  5. to ryan :
    jwban yg bagus.
    in juga punya free-duc

    to buchin :
    iya varian ubuntu

    to almuhandis :
    iya gratis, kecuali kalo mau ditambahi fitur2 tertentu
    baca di FAQ
    sabar ya, lagi banyak homework dan riset

    to km :
    lho in nggak nyaranin pake linux
    pake produk yg perlu gak utang ;P
    kalo ada alternatif kenapa beli yang mahal ?

    to galih:
    mau pake apa aja masalah kebiasaan
    tp kalo bisa berhemat knp tidak ?

    • ario
    • Desember 23rd, 2006

    Jajakillah…
    af1 mengganggu….
    kunjungi ane di http://www.almuhandis.wordpress.com

  6. Selamat hari ibuuu

    Sudah saatnya perempuan bangkit, jangan mau dibodohi, jangan mau dianggap hanya penggoda / pemuas syahwat.

    Perempuan itu empu tempat anak-anak berguru.

    Sekali lagi, Selamat hari ibu🙂

  7. Iyah saya udah dapat cd ubuntu, kubuntu, edubuntu, sayang belum sempat menginstall-nya padahal anak saya yg kelas 1 SD demen banget ama tampilan Ubuntu, apa lagi ada permainannya.
    BTW, yg punya blog ini apa sudah ibu-ibu?

  8. #wadehel
    setuju …
    perempuan gak boleh hanya jadi penggoda
    sudah saatnya perempuan melangkah melaju
    tanpa meninggalkan kodratnya

    #helgeduelbek
    saya pemerhati ibu2,
    calon ibu😛

  9. Sebelumnya selamat buat ukhti IIn, bisa studi di negri seberang.
    Semoga setelah balik ada ‘oleh-oleh’ buat para ibu.🙂

    Mengorganisir kegiatan sosial memang tidak mudah. Dibutuhkan semangat dedikasi dan integritas yang kuat dari pelaksananya. Saya hanya berharap, semoga setelah pulang nanti jadi ‘kartini’ nya ibu-ibu Indonesia.

    Hmm.. idealis ya. Ya, sekali-kali kita harus bangga untuk bicara idealis. Jangan terlalu sering berkata, heleh.. sok idealis.

    • HB Ahan
    • April 20th, 2007

    Yth,
    Saya udah coba install tapi ndak bisa dipakai/dijalankan

    Tolong kirim saya CD Edubuntu, mungkin punya lebih..he..he..

    Terima kasih

    HB Ahan
    WISMA BAJ
    Jl Matraman Raya No 165
    Jakarta Timur 13140


    iin : saya tidak punya
    coba download ISO dari mirror terdekat
    atau minta dikirimi edubuntu lsg disini https://shipit.edubuntu.org/

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s