Sholat Di Negara Mayoritas Non Muslim


Masih ingat cerita saya tentang waktu sholat di Taipei ? Sholat di negara yang mayoritas non muslim memang tidak mudah. Hal ini butuh perjuangan. Pernah saya mendengar sendiri dari para TKW dan TKI bagaimana sulitnya mereka sholat pada saat bekerja terutama mereka yang bekerja di pabrik yang memiliki jadwal istirahat yang ketat. Kadang mereka terpaksa menjamak sholat saat istirahat. Namun yang sulit jika sholat tersebut tidak bisa dijamak. Misalnya terkena shift malam sampai pagi sehingga hilanglah sholat subuh.

Kalau kita sebagai mahasiswa, yang sulit hanyalah terkena jadwal kuliah. Tidak seberat seperti para pekerja. Tergantung pandai–pandainya kita menyiasati waktu.

Nah, bagaimana kalau sedang bepergian ? padahal belum ada masjid. Sebagai tips selalu bawalah kompas dan koran atau buku. Jika waktu sholat sudah tiba dan perkiraan kita tidak mungkin sholat di tempat biasanya, segeralah sholat. Cari tempat yang sepi. Kalau punya teman bisa gantian menjaga. Bagaimana kalau teman bukan muslim ? Pengalaman saya, kita tetap bicarakan baik-baik agar teman kita mau menunggu. Alhamdulillah temen-teman taiwan saya mau menunggu. Bahkan mereka yang menjaga kita ketika sholat. Gunakan kompas untuk mengetahui arah kiblat sholat. Saya terkadang menggunakan buku dan koran sebagai alas seperti gambar di bawah ini.

Untuk masalah wudhu, memang gampang-gampang susah. Mengingat hampir semua toilet tidak ada air (tissue. Jika wastafel tidak bercampur antara laki-laki dan perempuan kita dapat mudah wudhu di wastafel. Untuk itu kita dapat melakukan tayamum atau membawa botol yang kita isi air sebagai wudhu.

Semua wilayah di dunia ini adalah bumi Allah. Dimanapun kita berada, selalulah mengingat-Nya.

Suasana sholat di Palestina yang dijaga Israel

  1. ternyata sesulit itu ya? tak kubayangkan sebelumnya. tapi jadi semakin tertantang nih.

  2. Waaah… jadi merasa bersyukur banget masih bisa kerja di tempat yang kebutuhan beribadah sangat terfasilitasi…. tapi kok masih sering males juga yah buat menyegerakan… 😀

    • passya
    • Desember 18th, 2006

    kalo di Indo, para pekerja ‘memperalat’ waktu sholat untuk korupsi jam kerja. 😛 Ironis ya…

  3. yup ironis banget, kok bisa gitu ya?

  4. to buchin :
    tertantang apa ?
    hayo di lab skr sholatnya gmn ?
    gak molor2 khan ?

    to galih :
    memang justru kalo semua ada, kita sering melalaikan
    hayo semangat !
    jia you

    to pasya :
    jadi inget nih sama Mas Toni
    Masku ini masuk kerja tepat waktu dan pulang tepat waktu juga.
    kalaupun semua tugas telah selesai
    dia tetep diem di kantor
    merapikan meja, buku dll
    dia gak mau baca Al Qur’an di sela2 kerja
    katanya sich korupsi tuh
    Istirahat juga begitu
    Mas Toni emang kereeen abis 😀
    Btw, kok g sms aku lagi yach
    kangen nih

  5. gue bangga banget sama orang yang bisa ngerjain dan diriin sholat,

    keep spirit ya non…

    god bless u …

    • nindi
    • Januari 4th, 2007

    seneng in, bisa baca cerita2mu. alhamdulilah. bisa jadi penyejuk hati

    • yunita
    • Februari 27th, 2007

    Assalamu’alaikum.Allahu Akbar…………..tegakkan terus sholat 5 waktu, dimanapun kita berada. Subhanallah, saya sangat terharu dan salut dengan cerita diatas. itu pelajaran yang sangat berharga buat kita, jangan sampai kita tinggalkan sholat 5 waktu karena alasan apapun……apalagi kita yang tinggal di indonesia ini,masjid dapat kita jumpai dimana-mana.god moeslem forever……….wassalam

    • Faisal Reza
    • Oktober 23rd, 2007

    assalamualaikum
    kalo pulang ke indo, beli aja sajadah kecil
    sekarang banyak kok yang ukurannya 30×40 cm biar lebih afdhal, lagian diliat sama temen juga jadi bagus, kesannya islam ngak ngasal.
    salam, salut banget bisa pertahankan akidah di kalangan minoritas.

    😀

  1. Februari 5th, 2007

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s