Sejarah Islam Di Taiwan


Islam mempunyai sejarah panjang dan kaya di Taipei. Catatan awal sejarah menyatakan pada abad 17 Islam datang seiring kedatangan Tentara Dinasti Ming dari China Daratan untuk melawan Belanda. Setelah perang mereka tetap berada di pulau taiwan. Mereka membuat mesjid di Desa Taixi dan Danshui. Namun sekarang mesjid tersebut sudah tidak ada.

Mayoritas penduduk bergama Islam sekarang datang ke taiwan pada nasionalis tahun 1949. Meskipun begitu selama 10 tahun sejak peristiwa tersebut tidak ada seorang pun yang mendirikan masjid kembali. Diperkirakan ada sekarang ada 20 ribu Muslim ada disini namun hanya 1000 orang yang terlihat aktif beribadah.

Ada dua Masjid yang besar di Taiwan yaitu Taipei Grand Mosque yang terletak berseberangan dengan Daan Park di Xinsheng South Road dan Taipei Cultural Mosque. Kedua masjid tersebut setiap jum’at mengadakan sholat Jum’at dengan khutbah 2 bahasa yaitu China dan Arab.

masjid

Gambar Masjid Besar Taipei Pada Malam hari

Gambar Masjid Besar Taipei dari Samping

Sumber : Discover Taipei

  1. Mereka membuat mesjid di Desa Taixi dan Danshui. Namun sekarang mesjid tersebut sudah tidak ada.
    Kira2 ada hubungannya gak ya dengan ulasan buku pada Berita Rakyat atau tulisan Sumanto Al Qurtuby. Senangnya kalau baca sejarah.

  2. he he penggemar sejarah ?
    nggak tahu juga ya …
    iin hanya menerjemahkan dari Taipei DIscovery
    hayo buku TA-nya dah belum ?

    • Sesi
    • Maret 16th, 2007

    Alhamdulillah,saya senang sekali membaca artikel yang berhubungan dengan kehidupan muslim di Taiwan. Karena Insya allah saya akan melanjutkan study di sana, dan merasa sgt membutuhkan referensi spt ini.

    iin : smg bs ketemu

    • Yahya Firsad
    • Agustus 3rd, 2010

    ass.ww. ikutan gabung nih meski rada telat…saya sudah 4 hari sampai di Taipei. Tepatnya di dormitory TIHTC training center (belakang Taipei Hospital) 127 Su-Yuan Road Hsin Chuang Taipei sampai tangga 14 Agustus 2010. Tapi saya baru kembali ke tanah air 2 hari kemudian yaitu tanggal 16 agustus 2010 pagi. jadi sempat sepekan berpuasa ramadan di Taipei. Senang jika bisa bertemu saudara muslim di sini, apalagi pas puasa ramadan. Adakah yang bisa menunjukkan saya masjid terdekat…syukron….jazakallah akhsanal jazaa khoiron katsiro….(yahya firsad-SMS 0813 392 434 990-yahyafirsad@yahoo.com)

    • Yahya Firsad
    • Agustus 3rd, 2010

    nambah dikit nih…., menunjukkan yang saya maksud : memandu. Karena di sini saya buta huruf he..he… semua tulisan cina adanya… so bisa nyasar ya…

    • righo
    • Agustus 23rd, 2010

    selamat berpuasa buat umat muslim di Taiwan…saya tinggal di Yilan Taiwan….puasa di taiwan gak terlalu kerasa ..sukur juga saudara dari pihak laki2 saling hormat menghormati jadi gak ada rasanya berbeda agama semuanya sama..doakan yah semoga di tahun akan datang kita bisa pergi mesjid di taipe…ami………

    • righo
    • Agustus 23rd, 2010

    selamat berpuasa buat umat muslim di Taiwan…saya tinggal di Yilan Taiwan….puasa di taiwan gak terlalu kerasa ..sukur juga saudara dari pihak laki2 saling hormat menghormati jadi gak ada rasanya berbeda agama semuanya sama..doakan yah semoga di tahun akan datang kita bisa pergi mesjid di taipe…amin………

  3. Semoga pekembangan islam di taiwan terus berjalan.

  1. Februari 23rd, 2007

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s