Masuk Radio Karena Gajah


Dua hari ini disela-sela kesibukan kuliah dan riset saya mencoba membuat radio streaming untuk keperluan dakwah di Taiwan. Alhamdulillah radio tersebut sudah siaran perdana senin malam. Jadilah saya sebagai admin dan penyiar dadakan. Penyiar amatiran dan asal cuap-cuap 😛 Ternyata penyiar sulit juga apalagi kalau mengudara pada malam hari. Alhasil saya telat masuk kuliah karena kecapekan melayani request dan tidur terlalu pagi 😦

Meskipun begitu saya senang merasakan pengalaman baru. Kesibukan menangani radio mengingatkan masa lalu saya. Ketika saya pertama kali masuk radio. Ciiieeee

Waktu itu saya masih TK dan masih imut plus lucu 😀 Saya diminta oleh guru berpuisi untuk sebuah stasiun radio di Klaten. Saya lupa nama stasiunnya. Pokoknya ada acara unjuk kebolehan anak-anak. Nah disitulah saya berpuisi tentang GAJAH.

Gajah Binatang Yang Amat Besar

Hidungnya panjang

Telinganya Lebar

Kakinya …. dst …. (lupa he he 😀 )

Setelah pulang siaran, saya dicium sama si mbok Lasi . Beliau senang sekali mendengar saya berpuisi.

“Bagus puisinya. Anak pinter ”

Hi ..hi … 😛

Pernah juga masuk majalah waktu SD gara-gara membuat cerita lucu.Alhasil foto saya nampang di halaman terakhir majalah tersebut. Dengan membuat cerita lucu tersebut saya mendapat kaos dengan tulisan nama majalah tersebut. Namun sayang kaosnya kekecilan 😦

Duuuh, perasaan kok gak ada bagus-bagusnya ketika saya masuk radio, TV dan majalah. Semuanya ada pengalaman lucunya dan tidak pernah serius terkadang malah memalukan 😦 Kayaknya saya hanya cocok masuk internet seperti di blog ini lho 😛 Bapak Ibuuu saya masuk blog nih !! Mungkin Ibu Bapak akan bertanya :” Blog itu makanan apa Nduk ??? Nanti kalau sudah pulang, ajari Bapak Ibu ya ”

He he … spirilly 😀

Kayaknya dah cukup intermezzonya.Ini ada tutorial membuat radio streaming dengan Linux sebagai Sistem Operasinya.Distro yang saya pakai adalah Debian, namun tutorial ini juga bisa dipakai di Distro lain.

http://nuraini.net/?p=5

Alhamdulllah radio streaming buatan sendiri pun sudah jadi. Semoga tutorial ini dapat berguna bagi semua. Buat muslim taiwan dapat mengakses radio tersebut dengan alamat http://formmit.homedns.org:8000/. Maaf servernya tidak selalu OL.


  1. Wah selamat ya jadi penyiar dadakan, hehehe.

  2. Makasih mbak tutorialnya

  3. Wah.. kalo aku dulu juga pernah di radio, tapi radio amatir jaman SMA. Mendirikan pemancar rakitan sendiri dengan jalur FM berdaya 5 watt.. dengan antenna pengarah yagi 9 elemen. tanpa izin dari Orari. ngebrik… brik.. brik.. kontek.. tulungagung kontek… rojer rojer… dikopi dimonitor…..

  4. http://forrmit.homedns.org ini komputermu ya In ? he he. Dapet IP Public ?Aku rencana mau masang speedy di rumah. Ntar kapan2 coba teleconference bisa gak ya.

    Aku sedang nunggu lahiran nih In, doanya ya.

  5. iya aku dapet 2 IP Live
    di asrama sama di lab
    setiap student dapet IP Live
    disini IP Live kayak barang obral

    amiin semoga kalo cantik sperti iin 😛
    gak lah seperti mbak nanum
    yang penting bisa jadi anak sholeh harapan ortu dan masyarakat

  6. oh.. ini radionya… 😀
    dulu sekitar 1,5 tahun lalu pernah kupasang di kantor
    kombinasi winamp, wwwinamp, shoutcast, dan sedikit program dalam java untuk playlist randomizer dan jsp untuk situs online request..
    sempat diketahui ama Manager n VP, tapi didiemin aja, hihihi.. 😛
    tapi karena mengganggu performance pc, dan ‘terpaksa’ jadi DJ, ga dipasang lagi deh..

  7. qyut :

    “…kombinasi winamp, wwwinamp, shoutcast, dan sedikit program dalam java untuk playlist randomizer dan jsp untuk situs online request..”

    wwwinampnya for linux or windows..?
    kl for linux, mau dong info2-nya dimana saya bisa download or gimana bikinnya.

  8. mbak , saya pemula linux mo tanya , kl utk streaming radio via LAN /intranet gmana caranya ? makasi


    iin : sama saja … doni ..
    Tutorial saya juga bisa dibuat intranet

  9. saya dah bikin mbak , server dan dj dalam 1 komputer , tp koq url utk streamingnya g bisa y , page not found , kl utk donlod playlist nya bs

    thanx …

    iin : maaf saya krg jelas

  10. gini mbak , http://localhost:8000 dah tampil kyk gini :
    Current Stream Information
    Server Status: Server is currently up and private.
    Stream Status: Stream is up at 24 kbps with 0 of 10 listeners (0 unique)
    Listener Peak: 1
    Average Listen Time: 0m 01s
    Stream Title: Radio guwe: Unnamed Server
    Content Type: audio/mpeg
    Stream Genre:
    Stream URL: http://192.140.60.10
    Stream AIM: N/A
    Stream IRC: #shoutcast
    Current Song: Simple Plan – When I’m Gone

    trus link listen nya bisa , yg g bisa stream url nya

    stream url -> http://localhost:8000/home.html-> tampil page not found

    apa nya yg salah y mbak?? sy pk cuma buat intranet …

    iin: cukup http://localhost:8000/ aja

  11. Gajaaah biinataaang yaang amaat besar hiidungnyaa lebaar teliinganyaa panjang… slamet atas siaran radio pertamanya…hahaha

    • arief budiman
    • Februari 6th, 2009

    ass.
    mbak mo tnya…kbtulan radio komunitas saya lg bikin radio stream pke shoutcast…
    qo ga bisa2 iya…
    apa harus pake ip publik…klo portnya 8000 smua kan…

    klo pake hosting yg lain bisa ga???
    saya mohon minta tutorialnya yg lengkap….
    bisa dikirim ke arifamous89@yahoo.com
    atau ke dapurremaja@yahoo.co.id

    wass.

  12. Sayang alamatnya http://nuraini.net/?p=5 sudah tidak bisa diakses. Saya buat radio streaming di linux, digunakan untuk streaming radio di sini. Masalahnya cuma satu, kenapa delaynya lumayan besar, sekitar 15-20 detik.

  13. wah pengalaman yang luar biasa… seru abnget yah keliatannya

  1. Mei 24th, 2007

Tinggalkan Balasan

