Instalasi NS-2 di debian


Sebagai salah satu alat simulasi jaringan. Network Simulator atau yang lebih dikenal sebagai NS2 dapat menjadi salah satu alternatif selain User Mode Linux(UML). NS2 bersifat open source. NS2 memiliki fitur-fitur yang lebih lengkap daripada UML. Terutama kemampuan melihat trafik jaringan dan dapat digunakan untuk wireless. Meskipun demikian kita tidak dapat membuat virtual PC seperti di UML seperti membuat setting aplikasi server (Webserver, mailserver dll). NS2 lebih mengutamakan pada sisi jaringan.

Tambahkan 2 baris mirror di bawah ini pada /etc/apt/source.list

deb http://bode.cs.uni-magdeburg.de/~aherms/debian sid ns2
deb-src http://bode.cs.uni-magdeburg.de/~aherms/debian sid ns2

Lakukan perintah update APT :

apt-get update

Proses instalasi paket

apt-get install nsemulation nam

Tes program dapat dilakukan jika kita telah mendownload salah satu contoh. Misalnya :

wget http://www.isi.edu/nsnam/ns/tutorial/examples/example1a.tcl

Setelah kita download, sekarang kita jalankan

ns example1a.tcl

jika nam tampil dan anda jalankan play terlihat simulasi jaringan, maka instalasi sudah selesai )

    • Tommy
    • November 29th, 2006

    betul.saya dengar dari dosen saya ns2 termasuk network simulator yang ampuh.saya mau tanya apakah ns2 juga bisa men-simulasi-kan wireless LAN antara access point dengan banyak client? Karena saya banyak melihat contoh2 wireless di ns2 hanya sebatas ad hoc mobile bukan point to multipoint.terima kasih

  1. Untuk yg NS2 rilis terbaru sudah bisa support access point untuk mode half-baked

    coba cari mac/mac-802_11.cc tentang perintah bss_id

    contohnya bisa dilihat disini
    direktoriNs2\tcl\test\test-suite-wireless-lan-ap1.tcl.

    Semoga bs sedkit membantu

    • Tommy
    • Desember 6th, 2006

    Ya, terima kasih atas responnya. Biasanya untuk configure node kan pake

    $ns_ node-config – …………
    – …………

    Lalu bagaimana membedakan configure antara node yang berbeda tipe (seperti node untuk access point dan node untuk client devices)? Karena saya melihat semua variabel untuk configure node koq sama semua

    Terima kasih

  2. mbak, saya arie di surabaya, saya minta tolong bisa ‘gak tunjukin kepada saya suatu web yang menyediakan suatu keterangan / penjelasan tentang hardware / sofware yang diterangkan dalam bentuk kayak CD yang audio – visual dan juga dapat di download ke bentuk CD kosong.

    tolong mbak ini penting banget buat ngumpulin tugas aku cari diberbagai situs2 internet ‘gak ketemu juga, tolong ya mbak aku mohon bantuannya, kalau sudah tahu / ketemu tolong kirim beritanya ke E-Mail saya ini :
    arieninety9_jbr@yahoo.co.id atau
    syams_arieninety9_jbr@yahoo.co.id

    terimakasih banyak sebelumnya saya sampaikan ….

  3. La ini Masternya….
    sek..sek … ni dari mantan mahasiswa ibu lagi..atau calon mahasiswa (kalo ibu bisa lulus lebih cepet dari aku & kalo ibu ngajar SI lagi)


    aku gak bisa linuk blas
    tapi dapet tugas jarkom suruh pake UML
    enaknya gimana bu???

    ibu balesnya dimana nih…
    (kalo ibu gak sibuk bales ya (mana mungkin gak sibuk))

  4. $Tommy
    silahkan baca manual dulu. kalau dosen PETRA dah bercerita ttg NS2 harusnya beliau juga bisa …

    $arie
    maaf, saya juga g nemu.
    buat sendiri gmn ?

    $pituku
    kalo ibu ngajar SI lagi –> emang mo kemana ?
    mungkin kalo lulus s2 bisa ketemu kamu,
    eeehhhmmm
    tp pengin langsung S3 sepertinya 😛
    lagi cari2 sekolah lagi nih

    cuma 3 kata “semangat dan belajar”
    install Linux di kompi sendiri
    belajar perintah jaringan2 di linux

    emang sibuk banget masih ngerjain presentasi, paper dan final report
    ini lagi g dapet Ide ? so bales koment kamu

  5. Ok deh Bu thanks Banyak yah….
    Saya tunggu Ibu ngajar lagi….
    Semangat juga ya Ibu…
    😉

  6. Bu aku mau menginstal linux di laptop
    trus mau setting boot di cd-rom
    tapi masuk ke biosnya buat ngeset boot sequence gimana bu???

    terima kasih

  7. #pituku
    sebelum nanya ke blog ini
    mending tanya ke senior dulu
    atao dosen lain yang ada disana
    saya kesulitan untuk menjawab krn tidak jelas errornya
    dan satu lagi kadang sy juga sibuk dgn riset
    maaf, kadang tidak bs berpikir terlalu banyak

    • rudy
    • Januari 15th, 2007

    Assalamu’alaikum wr wb..

    Kalo ga salah saya pernah kirim imel ke ibu tentang cbrp (Routing protocol pada Manet). Gimana bisa jalan di ns2?
    Tolong infonya. Terima kasih.

    Wassalamu’alaikum wr wb..

  8. #rudy
    Wa’alaikum salam

    saya tidak pernah menerima email dari anda

    sepertinya bisa
    source nya ada disini http://www.comp.nus.edu.sg/~tayyc/cbrp/
    ikuti saja READMEnya
    anda harus paham cara menambahkan protokol pada Ns2
    maaf tidak bisa membantu banyak
    sedang Final Exam nih 😀

  9. so many people just implement the binary as it.
    why don’t we start to look deeply at the code and give contribution into?
    that’s the way open source is, not just using the software, but also give the contribution, so we know deeper and deeper behind the ‘magic’ thing and share the knowledge that could be useful for others.

  10. #qyut
    Originally I wrote this post, when I was novise user on Ns2
    But now I prefer to contribute on NS-2 protocol development
    Too much implemeting binary code on open source eventually make us could not understand the magic of open source especially on pararel development and debugging.
    Thanks qyut angel, 🙂

  11. menurut gwe siy OS linux itu keren banget and komplit

    iin : 🙂

  12. oh ya ?? gwe pngin nanya nniy ?? loe2 semua bisa ngehackin
    g gak???

    iin : ???

    • Vivi
    • Maret 22nd, 2007

    Kamu ada tcl script untuk compare AODV dan DSR?
    Ada tcl script yang boleh download dari mana-mana website?

    iin : di ns-allione30 sudah tersedia DSR dan AODV

  13. Kok masih pakai Sid, In? Gak pakai Sarge? Paket ini cuma ada di source yang kamu sebut ya?

    iin : iin disini pake etch dan ubuntu
    memang distronya hanya ada paket untk distribusi SID
    tp jalan kok

    • faiz
    • Mei 2nd, 2007

    assalamu’alaikum
    saya mahasiswa S1 elektro
    mau nanya caranya simulasi Wireless sensor nets pake ns gmna ya?
    oh ya, algoritma yang dipke ns apa ya? shortest path biasa ato apa?

    iin : baca paper dulu Mas tentang sensor network
    baru implementasi ke NS2
    kalau ingin riset lebih dalam anda harus belajar banyak
    terutama pembuatan protokol di NS2

    • mazfaiz
    • Desember 1st, 2007

    mau nanya bu..
    kira-kira mw simulasi wireless sensor di ns2 gmn ya?
    saya dapat ekstension bwt ns2 dari NRL tapi g bisa dipke.

  14. Hey! your guide was very helpful, I’m running NS2 in debian in a QEMU emulated machine! thanx you

    and please note that you have to install the ns package too

    best regards!

    PS: I don’t understand anything of your words, but the commands are self explanatory

  15. mba, kalo NS2 sama UML enakan mana?
    trus sama ngga NS2 buat di debian sama di Ubuntu 7.10??

    iin : Ns2 tidak mengemulasi seluruh komputer hanya jaringan saja
    Debian atau ubuntu tergantung kebiasaan saja

    • randy
    • Oktober 27th, 2008

    mbak, yang keluar begitu mengetikkan ns adalah :

    The program ‘ns’ is currently not installed. You can install it by typing:
    sudo apt-get install host

    kenapa ya.. 😦

    • A Khairan
    • Maret 22nd, 2009

    Ibu Nur Aini yang saya hormati.
    Saya sudah membaca artikel ttg NS-2 di blog ibu, dan Alhamdulillah, saya sudah bisa menginstalasi dan mencoba beberapa contoh script yang disertakan pada ns.

    Namun saya menemukan beberapa masalah ketika saya membuat script sendiri.
    Jelasnya seperti berikut ini Bu.

    Saya mencoba membangun simulasi dengan memulai 3 node saja dulu (belajar pelan2), dengan menggunakan protokol DSDV. Saya anggap saja node0, node1 dan node2.
    Posisi masing2 node adalah node0 (150,10,0), node1 (250, 15,0) dan node2(300, 10,0)
    Paket data saya kirim dari node0 ke node2.
    Pada suatu saat, node0 dan node2 saya gerakkan saling menjauhi.

    Yang terjadi:
    Pada awalnya, paket yang dikirim oleh node0 bisa langsung diterima oleh node2. Tetapi setelah masing-masing bergerak, saat sudah saling menjauh, link antara keduanya putus. Dan ternyata node1 yang pada mulanya saya harapkan sebagai router (kektika node0 dan node2 sudah tidak saliang menjangkau) tidak melakukan fungsinya.

    Kira-kira apa yang kurang dari script saya bu. Mohon tanggapannya.
    Sebelum dan sesudahnyna saya ucapkan terima kasih.

    A. Khairan

    • dara
    • April 28th, 2009

    ass wr wb ibu
    apakah bisa dibuat simulasi jaringan cdma menggunakan ns2 ini?
    kalo ada referensi programnya, mohon saya di kirimkan bu
    terimakasih sebelumnya
    wasalam

    • franz
    • Juni 10th, 2009

    sya baru blajar instal ns-2 di ubuntu 8.10 dengan referensi dari http://www.ittelkom.ac.id/pinguin/modules/article/view.article.php?c3/14

    tp langkah terakhir sy bingung, mungkin ada yg bisa membantu sya dengan masalah ini:
    xafa@xafa-laptop:~/tracegraph/tracegraph202$ ./trgraph
    ./trgraph: error while loading shared libraries: libmwsgl.so: cannot open shared object file: No such file or directory

    • Aska
    • Februari 6th, 2010

    Aslmualaikum…
    Mbak mau tanya jg nie tntang ns-2..
    buat jaringan voip di ns-2 gmn ya cranya?
    trus klo mo bl bku tutorial ns-2 dmn ya?
    aq cri2 di tko2 bku koq ga da ya..
    bner2 lg btuh nie bwt TA.hehe..

    • Abe
    • Mei 21st, 2010

    Saya mau nanya mbak.., Saya menggunakan Fastnet dari First Media 512Kbps, terus saya mau buat hotspot kecil-kecilan, saya sudah beli antena omny + nano station 2 (sebagai akses point). Kemudian Nano Station 2 sdh saya install sesuai petunjuk, akan tetapi ketika saya sambungkan ke modem wifi terdeteksi tetapi saya gak bisa akses internet. saya tidak menggunakan router. jadi sistemnyaseperti ini; Antena Omny—Nano Station 2—Modem.

    Mohon pencerahan, terimakasih..
    asube76@gmail.com

    • Dedy Kristiawan
    • Juni 30th, 2010

    Maaf bu nur..,mengganggu..
    Saya tertarik dengan tulisan NS2 dan bisa saya jadikan referensi..
    Saya mau nanya nich bu..apakah simulasi NS2 ini bisa digunakan untuk membahas HTB ??? terima kasih

    • herbert
    • Juli 7th, 2010

    maaf mengganggu mbak,saya mau bertanya mbak tentang simulasi pd ns2.
    saya mengadakan simulasi untuk menerapkan protokol dccp pada jaringan wireless untuk menganalisis video streaming.
    saya menggunakan 5 node,node pertama untuk server yang dihubungkan dengan wired LAN dengan node 2 yang berfungsi sebagai acces Point,node 3,node 4,node 5 berfungsi sebagai client.
    saya hendak meminta saran mbak supaya proses tersebut dapat berjalan karena saya masih baru menggunakan NS2.
    atas perhatian mbak saya ucapkan terima kasih.

    • Fajar
    • Maret 19th, 2011

    Assalamualaikum…
    Mbak mau nanya, NS2 kira2 bs gak ya kalo mensimulasikan Jaringan sensor nirkabel, tp 3dimensi..
    mksdnya gini, jd koordinatnya yg dipakai itu x,y,z…
    Mohon pencerahannya..
    🙂

    • wa’alaikum salam
      maaf sudah 3 th lebih tdk memakai Ns2 lg 🙂

        • Fajar
        • Maret 21st, 2011

        hehehe, ga rezeki sy, thanks mbak..
        -_-

  1. Februari 7th, 2007
  2. Mei 2nd, 2007

Tinggalkan Balasan

