Mengantuk bersama-sama yuk


Dulu waktu saya kuliah jika satu temen mengantuk, maka sebelahnya ikut-ikut mengantuk. Alhasil satu deret bisa tertidur semua. 😛 Hayoo ngaku sapa ya ? Apakah gejala mengantuk itu menular ya ? Sampai sekarang hal tersebut belum terbukti dalam penelitian. Dari hasil searching, apakah yang menyebabkan kita mengantuk :

  • setiap hari kita punya 2 periode mengantuk dan ini merupaka siklus seperti antar jam 12 Malam sampai jam 7 pagi dan jam 1 siang sampai 3 sore. (http://www.sleephomepage.org/)
  • tidur yang kurang
  • kegendutan juga salah satu faktor penyebab ngantuk. Studi di US menyatakan dari 16000 orang memperlihatkan korelasi antara berat badan dan mengantuk. Pertambahan index berat badan lebih dari 32 menyebabkan 2 kali lebih capek sehingga mengantuk. (Dr Darren Mansfield).

Dari judul diatas saya tidak bermaksud anda mengajak mengantuk bersama-sama. Namun saya ingin menjelaskan masalah mengantuk dan ‘bersama-sama’ maksud yang lain 🙂

Bersama-sama disini adalah kita mungkin pernah mendengar beberapa hadist tentang menguap dan kita secara bersama-sama menganggap seakan-akan hadist tersebut shahih padahal dhoif :

  • “Menguap yang keras dan bersin yang keras adalah bagian dari perbuatan syaitan” (HR Ibnu Sunni). Bisa dilihat di Dho’ifu ‘l-Jami’ halaman 2505
  • “Sesungguhnya Allah membenci perbuatan mengeraskan suara ketika menguap dan ketika bersin” bisa dilihat di Dho’ifu ‘l-Jami’ halaman 1756.

Islam sebagai agama yang Syamil dan Kamil telah mengatur bagaimana sebaiknya kita menguap :

  • “Menguap itu datangnya dari syaitan. Jika salah seorang di antara kalian ada yang menguap, maka hendaklah ia menahan semampunya” (HR. Al-Bukhari no.6226 dan Muslim no.2944)
  • “Apabila salah seorang diantara kalian menguap maka hendaklah menutup mulut dengan tangannya karena syaitan akan masuk (ke dalam mulut yang terbuka)”. (HR. Muslim no.2995 (57) dan Abu Dawud no.5026) . Ini berarti tidak boleh seperti kuda nil menguap.

Kesimpulannya mengantuk bersama-sama boleh :D. bahkan seluruh dunia. Menguap atau mengantuk disini jam 12 Malam, supaya tubuh kita bisa beristirahat 😛

    • hamtaro
    • November 3rd, 2006

    artikel yang aneeeh 😀

  1. Ini referensinya darimana Bu?

    “setiap hari kita punya 2 periode mengantuk dan ini merupaka siklus seperti antar jam 12 Malam sampai jam 7 pagi dan jam 1 siang sampai 3 sore.”

    • setia
    • November 3rd, 2006

    hati hati, nanti dilaporin ke professor kalo ngantuk oleh rekan sesama kuliah, he he he kayak di rekan kerja aja, tapi itu memang bisa terjadi.

  2. terima kasih masukkannya sudah saya tambahkan referensi untuk item pertama 🙂

  3. Bukannya gaya menulis referensinya blog kaya begini, supaya pembaca tinggal klik. Dan lagian di wordpress kan sudah ada tombol untuk link dan unlink di toolbarnya.

    setiap hari kita punya 2 periode mengantuk dan ini merupaka siklus seperti antar jam 12 Malam sampai jam 7 pagi dan jam 1 siang sampai 3 sore.

  4. Tambahan:

    Dan bukannya link-nya ini?

    http://www.sleephomepage.org/What-Makes-You-Sleep.php

    Protes saja.

  5. Memang baru nulis blog 2 bulan. Jadi belum tahu bagaimana cara menulis blog dengan benar, Terima kasih atas sarannya.

  6. klo saya ngantuk = tidur hehehehehehehe 🙂

  7. sudah malam ayo tidur.hehe

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s