Kuliah Hari Pertama


Professor - ku

Kuliah Pertama di NTUST adalah Pararel Architecture. Sebenarnya aku tidak paham banget maksud kuliah ini. Tapi kucoba ambil karena professorku yang ngajar.

Di NTUST jam pertama dimulai jam 8.30 pagi. Itu merupakan kelas terpagi hmmm jika dibandingkan dengan Indonesia jam 7.00 pagi sudah mulai.Image

Masuk ke kelas, hanya ada Prof-ku aja. Kemana mahasiswa yang lain ya ?

Profku mengatakan mungkin karena ini uliah pertama dan pagi jadinya mahasiswanya nelat.

15 menit kemudian …….

Image

Tak satupun mahasiswa datang. Akhirnya kita bercerita tentang Indonesia dan Islam sambil menunggu mahasiswa lain datang.

Awalnya Prof-ku bertanya tentang berapa persentase Umat Islam di Indo ?

Kujawab sekitar 90% dan terbanyak kedua adalah kristen.

Hmmm banyak juga katanya.

Kalo’ di Taiwan menurut Profku agama bukan menjadi keharusan

Yang penting percaya.

“Seingatku orang Islam ada ibadahnya ya ?, dulu aku punya teman di USA beragama Islam” Tanya Profku.

“Yup, kita punya 5 waktu sholat setiap hari”

“Wah, banyak ya ? Apakah jam-jamnya tertentu ? bagaimana kamu melakukannya ?”

Akhirnya kuceritakan jam-jam sholat dalam Islam. Untuk di taiwan tidak berbeda jauh dengan waktu sholat untuk Indonesia bagian barat.

“apa seharian waktumu hanya mau gunakan untuk ibadah saja ?”

“tentu tidak, itu tadi merupakan range-range waktu sholat. Mungkin kita melakukannya paling cepat 5 menit”

“Jadi bisa diawal, ditengah atau diakhir”

“Yup, tp lebih baik di awal”

“hhhmm gitu ya?”

30 menit kemudian …….

Belum ada mahasiswa yang datang dan obrolan kitapun berlanjut.Image

“Kamu biasanya ibadah dimana ?”

“Di dorm.”

“Bagaimana rasanya hidup sebagai muslim di Taiwan ?”

“Sebenarnya tidak terlalu susah, mungkin hanya masalah makanan saja, saya tidak bisa makan daging babi”

“Iya disini memang makanan banyak babinya, beberapa orang taiwan justru tidak makan sapi”

Image

“Apakah banyak yang beragama Hindu ?”

“Oh tidak, disini terutama keluarga Petani, tidak memperkenankan keluarganya makan sapi. Kamu tahu sapi itu kan membantu petani untuk membajak sawah. Jadi kita anggap sapi adalah sahabat yang membantu kita.”

“Oh gitu ya”

“Termasuk keluargaku. Tapi seiring perkembangan teknologi, kita tidak lagi menganut paham tersebut. Bahwa sapi adalah sahabat. Karena kita sekarang menggunakan mesin-mesin. Jadi sayapun kadang-kadang makan sapi. Image Hanya babi saja ya ?”

“Yup, babi tidak boleh. Makanan dan minuman memabukkan juga tidak boleh”

“Wah, kalau begitu susah ya mencari minuman keras di Indonesia. Tidak diperjualkan bebas ya ?”

“Iya, minuman keras tidak diperjualkan bebas di Indo. Biasanya ada di hotel atau Bar”

“Hmmmm”

1 jam kemudian …………Image

Tak ada mahasiswa yang datang.

Akhirnya Prof-ku mengakhri kuliah tanpa ada materi kuliah. Materinya ngobrol doang.

Sore di NTUSTImage

Kucoba membuka website perkuliahan tertutama kuliah pertamaku tersebut.

“Ups,…….” Image

Ternyata yang mengikuti kuliah Pararel architecture hanya aku doang.

Alhasil tadi pagi aku dan prof-ku menunggu mahasiswa yang ‘tidak ada’

  1. Kok mirip dengan di Indonesia ya? Hari pertama sepi.😀

  2. iya begitulah.tp untuk kuliah lain tidak. ya seprti di akhir cerita ternyata mahasiswa cma aku doang😀
    tp skr ada 4 orang

  3. semua jurusan ada tinggal cari universitasnya.
    coba cari ke website univeristasnya pada bagian admission
    karena hampir semua univeristas ada beasiswanya
    masalah ketrima atau tidak tergantung nilai dan TOEFL plus saingannya

    ini beasiswa pemerintah taiwan :
    http://www.edu.tw/EDU_WEB/EDU_MGT/BICER/EDUANDY001/english/TS_intro.htm?open

    • ario Muhammad
    • Desember 16th, 2006

    yoi… thx ya…. eh… salam buat pak agus… dari ario muhammad mahasiswa teknik sipil angkatan 2005, univ. Muhammadiyah Yogya. kalo punya waktu, bisa minta alamat emailnya pa agus…! af1 sekali lagi af1… kalo merepotkan….. tolong kalo ketemu… bilang “ada email buat bapak di muntohar_umy.ac.id” soalnya ga pernah di balas… af1 ya… met berolahraga… semoga lancar kulnya… amin…

  4. afwan bahasan masalah itu panjang
    semua yg saya tulis di blog biasanya sudah lama
    tinggal post satu2
    sudah di jadwal gitu

    kalo skr krn ribet dgn kuliah dan riset ya sy posting tulisan2 dulu waktu tidak sibuk
    kapan2 saya tulis tentang itu
    Insya ALlah
    mungkin liburan winter

    biaya hidup =8000 NT
    tergantung kitanya juga lho

    saya di electronic engineering department

    nanti saya sampaikan ke pak agus
    biar beliau yang langsung ke antum

    saya mau olahraga dulu trus ke lab …….

    • sinta
    • Januari 25th, 2007

    assalamualaikum Wr Wb.
    khaifahaluki mba aini? salam kenal mba, saya sinta… saya baru aja lulus dari IPB& sebenarnya penggeeen bgt nerusin kuliah lagi di Taiwan, tepatnya di NCYU (jauh gak mba dari tempat mba???)& ambil family education. boleh gak mba tau tentang pengalaman mba berdakwah di sana& medan dakwahnya seperti apa? trus mau tanya mba 8000NT=berapa dollar/rupiah sih mba??? jzkl…

    wassalamualaikum Wr Wb

    iin : wa’alaikum salam. 1 NT = 280 rupiah. kalikan sendiri brp jadinya.
    Jauh dari saya. Saya NTUST di taipei
    NCYU baru berdiri tahun 2000, saya kira lebih mudah mendapatkan beasiswa
    Silahkan coba apply beasiswanya
    Namun dari segi kualitas, saya agak ragu.
    Kalau melihat usia dan fasilitasnya, saya tidak menyarankan anda ke univ tersebut
    untuk pengalaman dakwah silahkan baca2 saja di blog ini . he he
    panjang soalnya. saya kira blog ini sudah menceritakan. terutama di tag taiwan-islam

  5. ass.
    af1 ganggu lagi….
    dulu ukhti dapat beasiswa dari mana?
    kira2 saingannya banyak ga.. kalo ikut beasiswa ke taiwan…

    iin :
    coba anda ke blog Pak Muntohar
    beliau memberikan info scr khusus ttg beasiswa taiwan
    atau bu yuhana juga menulis ttg beasiswa di blognya
    maaf, saya belum membuat ttg hal tersebut
    sudah keduluan mereka😀

    • Nanik
    • Februari 6th, 2007

    Hmm. Lucu. Ternyata kamu punya bakat nulis cerpen lho In. Coba kirimkan tulisan ini ke majalah humor. Mudah2x an dimuat🙂

    Ngomong2x, Prof-nya ganteng juga yach …

    iin : majalah humor mana bu ?
    profku dah punya Istri dan anak Bu😛

    • ario
    • Maret 14th, 2007

    Kok biasa aja… ini serius… waktu tes beasiswa dulu.. pas di taiwan or masih di indonesia?

  1. No trackbacks yet.

Komentar ditutup.